Sukses


Liga Inggris: Duit Berlimpah Ruah, Newcastle United Langsung Incar 2 Bintang Barcelona

Bola.com, Jakarta - Newcastle United kini menjadi satu di antara klub terkaya di dunia seiring masuknya konsorsium Arab Saudi. Mohammed Bin Salman, lewat Arab Saudi Publik Investment Fund (PIF), resmi menjadi pemilik baru The Magpies, julukan Newcastle United.

Pangeran Arab Saudi tersebut menanamkan investasinya sebesar 300 juta pounds (Rp5,8 triliun), membuat Newcastle United resmi jadi tim kaya raya baru di Liga Inggris. Punya uang dalam jumlah besar, tim yang khas dengan warna hitam-putih itu bakal jor-joran berbelanja pemain.

Setidaknya Newacastle United akan menjajakan uangnya sebesar 200 juta pounds (Rp3,8 triliun), agar tidak melanggar peraturan Financial Fair Play. Dengan uang sebesar itu, sejumlah pemain pun mulai masuk daftar.

Termasuk dua bintang Barcelona yang dikabarkan masuk dalam radar Newcastle United, yaitu Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Kedua pemain itu kurang bersinar bersama Barcelona, dan ada potensi Newcastle United ingin menyelamatkan karier mereka.

Seberapa besar peluang Newcastle United mendapatkan tanda tangan mereka? 

2 dari 4 halaman

Sudah Ada Kontak

Menurut Sport, Minggu (10/10/2021), telah terjadi kontak antara perwakilan Coutinho dengan Newcastle United mengenai kemungkinan kepindahannya. Newcastle United harus menebus harga Coutinho yang dibanderol 50 juta Euro (Rp824 miliar).

Jumlah yang cukup kecil bagi Newcastle setelah masuknya investor baru dengan dana melimpah. Kabarnya pihak Newcastle tak keberatan dengan harga itu. Barcelona juga masih dalam situasi krisis dan memerlukan dana segar dengan cara melepas beberapa pemainnya.

Di sisi lain, Coutinho tidak akan menolak tawaran Newcastle sekaligus kembali berkiprah di Liga Inggris seperti pada musim 2018 bersama Liverpool.

Sementara itu, Newcastle juga ingin memanfaatkan situasi Ousmane Dembele yang kontraknya bersama Blaugrana (julukan Barcelona) akan habis akhir musim ini. Artinya jendela transfer Januari mendatang adalah kesempatan besar bagi Barcelona mendapatkan uang dari Newcastle atau kehilangan Dembele secara cuma-Cuma.

 

3 dari 4 halaman

Ambisi Besar Newcastle

Sebelumnya, Direktur anyar Newcastle United, Amanda Staveley mengatakan timnya punya ambisi besar, yakni menyamai Manchester City dan PSG.

Staveley telah menguraikan ambisi konsorsium, yang didukung oleh Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi senilai 320 miliar paun.

“Tentu saja kami memiliki ambisi yang sama dengan Manchester City dan PSG dalam hal trofi, tentu saja, tetapi itu akan memakan waktu,” kata Staveley kepada Daily Mail.

"Apakah kami ingin memenangkan Liga Premier dalam lima hingga 10 tahun? Ya. Pengambilalihan ini sangat transformatif," katanya.

"Kami ingin meraih trofi. Tetapi piala membutuhkan investasi, waktu, kesabaran, dan kerja tim."

Amanda Staveley menegaskan ambisi jangka panjang untuk Newcastle United adalah memuncaki Liga Inggris.

"Newcastle United pantas menjadi yang teratas di Premier League. Kami ingin sampai di sana. Ini akan memakan waktu, tetapi kami akan sampai di sana," Staveley.

“Kami bangga menjadi bagian dari Premier League. Ini adalah liga yang sangat kompetitif, yang kami cintai. Sepak bola Premier League adalah yang terbaik di dunia, dan Newcastle United adalah tim terbaik di dunia," katanya.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Newcastle United

Video Populer

Foto Populer