Sukses


Liga Inggris: Terkuak, Tottenham Hotspur Punya Peran Besar Atas Kepindahan Philippe Coutinho ke Aston Villa

Bola.com, Jakarta - Aston Villa menyelesaikan kepindahan pemain baru mereka dari Barcelona, Philippe Coutinho. Pemain asal Brasil itu resmi bergabung dengan The Villans dengan status pinjaman hingga musim 2021/2022 berakhir.

Aston Villa menjalin kesepakatan peminjaman dengan Barcelona terkait Philippe Coutinho. Aston Villa juga memiliki opsi pembelian permanen setelah perjanjian peminjamannya berakhir pada musim panas tahun ini.

Meski eks pemain Liverpool dan Bayern Munchen tersebut pindah ke Aston Villa, ternyata Tottenham Hotspur ikut terlibat dalam kepindahan mantan sang pemain. Spurs punya kesempatan untuk ikut memiliki Coutinho di masa mendatang.

Laporan dari TV3, Aston Villa menanggung 65 persen gaji Coutinho dan 35 persen sisanya, yang harusnya ditanggung Barcelona, telah ditanggung sang pemain. Tapi angkanya masih cukup besar buat klub sekelas Villa, yakni sebesar 150 ribu pounds per pekan.

Sang agen, Kia Joorabchian, juga mengantongi persenan dari kesepakatan ini. Nilai yang didapatkan oleh pria kelaihran Iran tersebut sebesar 650 ribu pounds.

 

2 dari 4 halaman

Opsi Beli

Lalu ada kesepakatan yang aneh. Cadena Ser menyebutkan kalau Tottenham juga terlibat. Klub besutan Antonio Conte itu diklaim punya opsi pembelian dengan nilai yang sama seperti Aston Villa, yakni sebesar 40 juta euro.

Tentu, Coutinho akan menghabiskan sisa musim 2021/22 di Aston Villa. Namun kalau performanya dianggap cukup apik, Tottenham juga berhak mengambil status permanen Coutinho dari Barcelona.

Kesepakatan terjalin antara Barcelona dengan Aston Villa terkait kepindahan Philippe Coutinho ke Inggris. Dan kabar terbaru mengungkapkan kalau Tottenham terlibat dalam transfer pemain asal Brasil tersebut.

Coutinho mengalami masa-masa sulit sejak meninggalkan Liverpool demi memenuhi pinangan Barcelona pada tahun 2018 lalu. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen selama satu musim.

Bayern Munchen tidak tertarik mempermanenkan statusnya, yang tentunya membuat kehidupan Coutinho kian sengsara. Jumlah penampilannya semakin terbatas dan pada musim ini, ia cuma bermain sebanyak 16 kali.

3 dari 4 halaman

Pemotongan Gaji

Pada bursa transfer bulan Januari, Barcelona harus merelakan sejumlah pemainnya demi memberikan ruang buat penggawa anyar. Ferran Torres telah didapatkan dan itu artinya, Coutinho harus pergi untuk memperkuat klub lain.

Selain itu, Villa harus menanggung 65 persen gaji Coutinho selama masa pinjaman berjalan. Barcelona harus membayar sisanya, dan itu bukan kesepakatan yang ideal karena mereka harus menghapus tanggungan pada Coutinho agar bisa lepas dari jeratan salary cap.

Kabar baiknya, Coutinho sepakat untuk memangkas sebagian gajinya untuk memuluskan transfernya ke Aston Villa. Dengan demikian, Barcelona tidak perlu menanggung 35 persen gaji sang pemain selama masa pinjaman berjalan.

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 8/1/2022)

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Posisi Tim Favoritmu di Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer