Sukses


Mengulik Sosok Hwang Hee-chan: Dulu Keok dari Evan Dimas, Kini Main di Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Korea Selatan banyak melahirkan talenta berbakat selain nama Son Heung-min yang kini menjadi bintang Tottenham Hotspur. Ada satu nama yang sedang naik daun, adalah Hwang Hee-chan, dan berkarier di Wolverhampton Wanderes.

Wolves meminjam Hwang Hee-chan dari klub Bundesliga, RB Leipzig, selama satu musim dengan opsi transfer permanen melalui biaya 13 juta poundsterling atau Rp 256 milar.

Penampilannya di Liga Inggris terbilang hebat. Hwang Hee-chan telah mencatatkan 14 kali tampil dan empat gol bersama Wolves musim ini. Sebuah pencapaian apik bagi pesepakbola Asia yang masih berusia 25 tahun.

Terdapat kisah menarik dari diri Hwang Hee-chan. Yaitu dirinya adalah bagian dari skuad Timnas Korea Selatan U-19 yang pernah dikalahkan Timnas Indonesia U-19 kala diperkuat oleh Evan Dimas Darmono.

Tepatnya pada 12 Oktober 2013, Korea Selatan kalah 2-3 dari Indonesia dalam laga terakhir penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Hwang Hee-chan tampil dalam pertandingan tersebut.

 

2 dari 4 halaman

Sepak Terjang

Hwang Hee-chan merupakan sosok kelahiran Chuncheon, Gangwon, Korea Selatan pada 26 Januari 1996. Dia mulai bermain sepak bola sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Pada 2008, Hee-chan menjadi top skorer dalam dua kompetisi junior nasional Korea Selatan  Hwarangdaegi Tournament dan Dongwon Youth Cup.

Hee-chan lantas masuk ke Timnas U-12 Korea Selatan dan mencetak 22 gol di Kanga Cup. Berkat penampilan spektakuler itu, dia diganjar penghargaan Cha Bum-kun Award.

Setelah lulus dari sekolah dasar, Hee-chan masuk ke SMP Pohang Jecheol. Prestasi mentereng kembali ditorehkannya di jenjang ini, kemudian dia masuk ke SMA Pohang Jecheol.

Hee-chan awalnya ingin direkrut oleh klub Korea Selatan, Pohang Steelers. Namun, dia memilih bergabung dengan klub Austria, EB Salzburg pada 2014.

3 dari 4 halaman

Matang di Eropa

Pada awal kedatangannya, Hee-chan dipinjamkan ke klub divisi kedua Austria, FC Liefering. Penampilan Hwang Hee-chan sangat menjanjikan dengan mencetak 13 gol dari 31 laga divisi kedua Liga Austria.

Di paruh kedua musim 2015/2016, Hee-chan kembali ke Salzburg. Namun, dia dipinjamkan kembali ke Hamburg SV pada musim 2018/19 yang saat itu ada di divisi kedua Liga Jerman.

Total Hee-chan bermain selama empat musim di Salzburg dengan mencetak 45 gol dari 126 penampilan. Performa gemilang itu membuatnya ditransfer ke Leipzig pada musim 2020/21.

Di musim perdananya, dia tampil 18 kali di Bundesliga namun tak menorehkan satupun gol. Di ajang DFB Pokal, Hwang Hee-chan menunjukkan ketajamannya dengan tiga gol dan membawa Leipzig ke final.

Kemudian pada musim 2021/2022, Hee-chan sebetulnya masih jadi andalan Leipzig dengan turun di tiga laga. Namun, mereka memutuskan untuk meminjamkannya ke Wolves.

Masuk di level Timnas, Hwang Hee-chan menjadi bagian Timnas Korea yang meraih medali emas di Asian Games 2018. Dia juga jadi topscorer Piala AFC U-16 2012.

Kini Hwang Hee-chan merajut impian menjadi penerus pemain Korsel yang sukses menaklukkan Eropa. Sebut saja nama Ahn Jung Hwan, Park Ji Sung, atau Lee Young Pyo.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer