Sukses


Liga Champions: Liverpool Melangkah ke Final Lewat Pertarungan yang Sulit, Ini Komentar Jurgen Klopp

Bola.com, Villarreal - Liverpool berhasil melangkah ke final Liga Champions setelah menyingkirkan Villlarreal dengan agregat 5-2. Liverpool bahkan menjalani laga yang cukup dramatis untuk menang 3-2 atas wakil Spanyol itu di leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (4/5/2022) dini hari WIB.

Liverpool, yang datang ke markas Villarreal dengan keunggulan 2-0 yang mereka dapatkan di Anfield pada leg pertama semifinal Liga Champions pekan lalu, harus tertinggal 0-2 lebih dulu dari Villarreal.

Boulaye Dia dan Francis Coquelin mencetak gol pada menit ketiga dan 41' untuk membuat kedudukan agregat imbang 2-2 pada akhir babak pertama.

Namun, Liverpool mampu bangkit pada babak kedua pertandingan di markas Villarreal itu. Tidak tanggung-tanggung, Liverpool mampu mencetak tiga gol, masing-msaing dicetak Fabinho pada menit ke-62, Luis Diaz pada menit ke-67, dan Sadio Mane pada menit ke-74.

Liverpool pun menang 3-2 dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions ini dan berhak melangkah ke final dengan kemenangan agregat 5-2 atas Villarreal. The Reds menanti lawan di partai puncak, antara Real Madrid atau Manchester City.

2 dari 3 halaman

Sudah Tahu Laga Bakal Berjalan Sulit

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menyebut pertandingan di markas Villarreal itu sebagai laga yang sangat luar biasa. Pelatih asal Jerman itu mengaku sudah mengetahui bahwa Villarreal berpotensi membuat timnya kesulitan dalam pertandingan ini, dan bersyukur anak asuhnya mampu bereaksi baik untuk bangkit dan meraih kemenangan.

"Laga ini luar biasa. Kami membuatnya cukup rumit bagi diri kami sendiri. Kami tahu bahwa hal-hal seperti ini bisa terjadi. Hidup ini selalu tentang bagaimana Anda bereaksi terhadap hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan Anda," ujar Jurgen Klopp kepada BT Sport.

"Kebobolan setelah dua atau tiga menit pertama tentu merupakan keinginan lawan. Momentum ada di pihak mereka. Respek untuk Villarreal, timnya, pelatihnya, apa yang mereka lakukan luar biasa."

"Mereka membuat kami berada di bawah tekanan, duel satu lawan satu di semua area lapangan. Kami tidak memainkan sepak bola sama sekali pada babak pertama," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Kunci Bangkit di Babak Kedua

Jurgen Klopp kemudian memberikan motivasi yang luar biasa bagi para pemain Liverpool. Bahkan setelah bicara di ruang ganti, pelatih asal Jerman ini tampak begitu menyemangati anak-anak asuhnya ketika memasuki lapangan untuk memainkan babak kedua.

"Saya katakan kepada anak-anak, 'mereka telah mendapatkan momentumnya, tapi mereka tidak memilikinya. Kita bisa mendapatkannya kembali'. Kami harus bermain di ruang kosong dan memaksakan cara bermain kami ke dalam sebuah pertandingan yang tidak kami mulai dengan baik," ujar Klopp.

"Ketika kami memecah pertahanan dan menemukan ruang kosong, itu menjadi lebih fleksibel. Kami berhasil mencetak gol dan sukses mewujudkannya."

"Saat jeda antarbabak, kami tahu apa yang salah, itu jelas. Namun, situasinya memperlihatkan pertandingan tidak berjalan dengan benar. Kami tetap tenang."

"Jika Villarreal memainkan babak kedua seperti yang mereka perlihatkan di babak pertama, dan kami melakukan hal yang sama, mereka yang akan ada di final. Namun, kami masih di sini, jadi saya pikir kami bisa mencobanya dan itulah yang kami lakukan," lanjutnya.

 

Sumber: BBC Sports

Video Populer

Foto Populer