Sukses


5 Fakta Menarik Nottingham Forest yang Berhasil Kembali ke Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Nottingham Forest resmi kembali berkiprah di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Premier League. Mereka memastikan tiket promosi pada Senin (30/5/2022) dini hari WIB.

Premier League musim 2022/2023 bakal lebih seru. Nottingham Forest, salah satu founding member EPL akhirnya berhasil kembali ke kasta tertinggi.

Nottingham Forest memastikan promosi setelah menundukkan Huddersfield Town dengan skor tipis 1-0 dalam duel final play-off Championship. Kemenangan ini cukup mengantar skuad Steve Cooper kembali ke Premier League.

Keberhasilan Nottingham ini tentu mendapatkan sorotan lebih. Betapa tidak, mereka sudah melewati 23 tahun di luar kasta tertinggi, kini mereka kembali dengan ambisi besar.

Kembalinya Nottingham juga mendapatkan dukungan ekstra. Bagaimanapun, di masa lalu mereka adalah salah satu klub top Inggris.

Yuk simak 5 fakta menarik mengenai Nottingham Forest yang kini berhasil kembali ke Liga Inggris, setelah terakhir kali di tahun 1999.

2 dari 7 halaman

Penantian 23 Tahun

Nottingham Forest merayakan kemenangannya atas Sheffield United melalui adu penalti di leg kedua play-off semi-final Championship di City Ground, Nottingham, Selasa (17/05/2022). (c) PA via AP PhotoNottingham Forest terakhir kali tampil di ajang Premier League pada musim 1998/99. Forest terdegradasi setelah finis di posisi ke-20 dengan 30 poin.

Artinya, Nottingham Forest harus menunggu 23 tahun untuk bisa merasakan kembali atmosfer Premier League. Sebuah penantian yang cukup panjang bagi klub tersebut.

3 dari 7 halaman

Sempat Ganti Pelatih

Sebelum berhasil promosi ke Premier League, perjalanan Nottingham Forest di Divisi Championship tidak mulus. Forest sempat terseok-seok di papan bawah.

Karena itu, terjadi pergantian pelatih dari Chris Hughton ke Steve Cooper. Di tangan Cooper lah, Forest merangkak naik hingga ke papan atas.

4 dari 7 halaman

Sempat Bermain di Divisi Ketiga

Nottingham Forest pernah turun kasta ke Divisi Ketiga Liga Inggris. Momen buruk tersebut terjadi pada tahun 2005 setelah Divisi Kedua menjadi Championship.

Forest juga tidak langsung kembali ke Divisi Kedua. Klub tersebut baru bisa promosi ke Divisi Championship pada 2007/08 lewat jalur play-off.

5 dari 7 halaman

Juara Liga Inggris

Nottingham Forest pernah merasakan gelar juara Liga Inggris. Prestasi tersebut diraih pada musim 1977/78, atau pada era First Division.

Selain itu, Forest pernah menjuarai Piala FA sebanyak 2 kali dan juara Piala Liga 4 kali. Gelar Community Shield atau Piala Super Inggris juga pernah mereka raih pada tahun 1978.

6 dari 7 halaman

Disegani di Eropa

Nottingham Forest juga pernah memiliki prestasi yang cukup mentereng di pentas Eropa. Klub tersebut menjuarai European Champion Club' Cup atau Liga Champions dua kali berturut-turut.

Gelar tersebut diraih Nottingham Forest pada musim 1978/79 dan 1979/80. Pada 1978/79, Forest juga menjuarai Piala Super UEFA.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy/Gia Yuda Pradana, published 30/5/2022)

7 dari 7 halaman

Tengok Persaingan di Liga Inggris Musim Ini

Video Populer

Foto Populer