Sukses


10 Transfer Wah dan Termahal di Liga Inggris 2022/ 2023 yang Sudah Resmi: Man City dan Arsenal Paling Heboh

Bola.com, Jakarta - Ada 10 transfer termahal Liga Inggris 2022/2023 yang sudah terjadi. Liga Inggris memang tidak pernah sepi dari transfer-transfer berbanderol tinggi. 

Premier League dikenal sebagai salah satu liga terbaik di dunia, bahkan bisa disebut nomor satu jika bicara soal prestise. Jadi, wajar bursa transfer musim panas di Liga Inggris selalu lebih seru.

Musim ini pun tidak berbeda. Tim-tim top seperti Manchester City dan Liverpool masih terus merekrut pemain-pemain berkualitas. Artinya, persaingan papan atas musim depan masih akan berlangsung sengit, bahkan mungkin lebih menarik.

Tentu tim-tim top lainnya tidak bisa tinggal diam. Chelsea, Arsenal, dan Tottenham bergerak sebisa mungkin untuk memangkas jarak dari dua tim top Eropa tersebut. Mungkin hanya Manchester United yang bisa dibilang cukup lambat.

Pergerakan tim-tim top itu terbukti dari daftar transfer termahal Liga Inggris 2022/2023 sejauh ini. Siapa saja? 

 

2 dari 11 halaman

10. Brenden Aaronson (Leeds United/ 32,8 juta euro)

Peringkat ke-10 untuk sementara ini diisi oleh Leeds United, cukup mengejutkan. Leeds merekrut Brenden Aaronson dari RB Salzburg musim panas ini dengan biaya transfer mencapai 32,8 juta euro.

Aaronson dikenal sebagai salah satu gelandang muda berbakat asal Amerika Serikat. Dia baru berusia 21 tahun dan sudah terbukti bisa bermain sangat baik sebagai gelandang serang.

Musim lalu, dia menempuh total 41 penampilan untuk Salzburg dan memberikan kontribusi 6 gol dan 10 assists.

 

3 dari 11 halaman

9. Nayef Aguerd (West Ham / 35 juta euro)

Peringkat kesembilan masih diisi tim kejutan, West Ham United. Klub asal London tersebut mendatangkan bek tengah berbakat, Nayef Augerd, dari Stade Rennais

Augerd berusia 26 tahun dan dikenal sebagai salah satu bek tengah dengan prospek menarik di Ligue 1. Dia bisa mengisi posisi bek tengah kiri dan bek tengah kanan dengan sama baiknya.

Performa Augerd melonjak drastis setahun terakhir. Musim lalu dia menempuh total 41 penampilan di semua kompetisi dan menyumbang 4 gol serta 3 assist.

 

4 dari 11 halaman

8. Fabio Vieira (Arsenal / 35 juta euro)

Peringkat kedelapan diisi oleh Fabio Vieira, gelandang baru Arsenal dengan nilai transfer yang sama, yaitu 35 juta euro.

Vieira baru berusia 22 tahun dan mulai tampil apik semusim terakhir bersama Porto. Arsenal tertarik merekrutnya untuk menambah amunisi gelandang kreatif dalam tim.

Musim lalu Arsenal terlalu bergantung pada Martin Odegaard. Nah, Vieira diharapkan bisa meringankan beban Odegaard musim depan.

Torehan 16 assists dari total 39 penampilan bersama Porto di musim 2021/22 lalu seharusnya cukup jadi modal Vieira.

 

5 dari 11 halaman

7. Sven Botman (Newcastle United / 37 juta euro)

Newcastle disebut bakal belanja habis-habisan musim panas ini. Namun, di luar dugaan baru ada satu pemain mereka yang masuk daftar 10 pembelian termahal sejauh ini.

Beberapa pekan lalu, Newcastle meresmikan transfer Sven Botman dari Lille dengan biaya 37 juta euro. Angka yang cukup besar untuk bek tengah berusia 22 tahun.

Biar begitu, transfer ini tetap mencuri perhatian. Botman sempat dihubungkan dengan sejumlah klub top sebelum akhirnya Newcastle memenangi pemburuan.

 

6 dari 11 halaman

6. Kalvin Phillips (Manchester City / 48,75 juta euro)

Tidak asing lagi menjumpai nama Manchester City dalam daftar transfer termahal Premier League. Sejauh ini sudah ada dua pembelian Man City yang masuk 10 besar, termasuk Kalvin Phillips.

Josep Guardiola memang membutuhkan gelandang bertahan mumpuni untuk menyempurnakan skuadnya. Musim lalu posisi tersebut jadi salah satu titik lemah mereka.

Kriteria pemain yang diinginkan Pep sepertinya dapat dipenuhi oleh Phillips. Dia dikenal sebagai salah satu gelandang muda Inggris terbaik untuk posisi defensive midfield.

 

7 dari 11 halaman

5. Gabriel Jesus (Arsenal / 52,2 juta euro)

Arsenal perlu memperkuat lini serang musim panas ini dan jawabannya ada dalam sosok Gabriel Jesus. Transfer ini menguntungkan bagi setiap pihak, termasuk Manchester City.

The Gunners merogoh kocek cukup dalam untuk mendatangkan Jesus, yaitu sekitar 52 juta euro. Untungnya, Mikel Arteta sudah mengenal Jesus, jadi transfer bisa lebih mudah dibereskan.

Jesus diharapkan bisa menjadi ujung tombak baru Arsenal musim depan. Dia pun membawa pengalaman juara dan sejumlah koleksi trofi ke Emirates Stadium.

 

8 dari 11 halaman

4. Raheem Sterling (Chelsea / 56,2 juta euro)

Salah satu transfer mengejutkan musim ini. Manchester City membiarkan Raheem Sterling bergabung dengan Chelsea, artinya secara langsung memperkuat rival.

Sterling masih bermain di level top, jelas harganya cukup mahal. Thomas Tuchel pun menegaskan bahwa Sterling adalah prioritas transfer The Blues musim panas ini.

Diduga Sterling pindah demi mendapatkan lebih banyak menit bermain. Pasalnya, musim depan lini serang Man City akan semakin padat dengan beberapa nama penyerang baru.

 

9 dari 11 halaman

3. Richarlison (Tottenham / 58 juta euro)

Tottenham termasuk yang paling agresif di bursa transfer musim panas ini. Daniel Levy tampak ingin mendukung Antonio Conte semaksimal mungkin di bursa transfer.

Salah satu pembelian ambisius Tottenham terdapat dalam nama Richarlison. Spurs berani mengeluarkan sampai 58 juta euro untuk mendatangkan winger Brasil itu dari Everton.

Musim lalu, Richarlison mencetak 11 gol dan 5 assists dari 33 penampilan di semua kompetisi. Diduga, bermain di bawah bimbingan Conte bakal membantu Richarlison memaksimalkan potensinya.9 dari 10 halaman

 

10 dari 11 halaman

2. Erling Haaland (Manchester City / 60 juta euro)

Salah satu transfer paling menarik musim panas ini. Manchester City berhasil mengalahkan klub-klub top Eropa lainnya untuk mendapatkan Erling Haaland.

Menariknya, Man City hanya perlu mengeluarkan sekitar 60 juta euro untuk menebus klausul rilis Haaland. Angka tersebut cukup murah untuk striker berbakat yang digadang-gadang jadi superstar baru.

Haaland masih 21 tahun, kariernya masih panjang. Man City mendapatkan amunisi top untuk memperkuat lini serang Guardiola musim depan.

 

11 dari 11 halaman

1. Darwin Nunez (Liverpool / 75 juta euro)

Liverpool sempat dikritik karena akhirnya mau mengeluarkan banyak uang untuk merekrut satu pemain, yaitu Darwin Nunez. Namun, sebenarnya pengeluaran tersebut bisa diatasi dengan penjualan pemain lainnya.

Terlebih, Nunez dianggap bisa menyempurnakan skuad Jurgen Klopp musim depan. Dia termasuk salah satu striker muda modern yang terbukti rajin mencetak gol.

Musim lalu, bersama Benfica, Nunez membuktikan ketajamannya dengan mencetak total 47 gol dan 16 assists dari 84 pertandingan di semua kompetisi.

Sumber: Premier League, Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published 15/7/2022)

 

Video Populer

Foto Populer