Sukses


Liga Inggris: Darwin Nunez Menggila dalam Uji Coba, Pengkritiknya Dianggap Orang yang Aneh

Bola.com, Jakarta - Darwin Nunez unjuk gigi bersama Liverpool dalam sebuah partai uji coba. Ia memborong empat gol dalam kemenangan telak Liverpool atas RB Leipzig 5-0 di Red Bull Arena, Jumat (22/7/2022) dini hari WIB.

Dalam partai uji coba pramusim ini, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menurunkan tim terkuatnya sejak menit pertama. Trio lini depan diisi Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Luis Diaz.

Sementara Darwin Nunez baru masuk di babak kedua, menggantikan Firmino. Menariknya, hanya butuh waktu 45 menit bagi Nunez untuk mencetak empat gol dan membawa Liverpool menang telak.

Empat gol ini seolah-olah jadi cara Darwin Nunez menjawab kritik. Dia sempat dianggap gagal setelah main buruk di laga pramusim sebelumnya.

2 dari 5 halaman

Dapat Pembelaan

Kritikan terhadap Darwin Nunez juga mencuri perhatian analis Premier League, Paul Robinson. Menurutnya, sungguh tidak masuk akal mengkritik Nunez di pramusim kali ini, terlebih karena dia masih beradaptasi.

"Ini aneh, manajer hanya menggunakan sesi pramusim ini untuk meningkatkan kebugaran. Terlebih karena rotasi skuad yang dilakukan, Anda tidak bisa benar-benar menilai pemain," ujar Robinson di Football Insider.

"Dalam dua pekan ke depan, kita baru akan melihat lebih. Rasanya terlalu kasar mengkritik performa pemain di tahap ini, terlebih pemain yang baru bergabung dengan klub."

3 dari 5 halaman

Bukan Matematika

Menurut Robinson, pertandingan pramusim tidak bisa digunakan untuk menganalisis performa tim atau pemain, terlebih untuk pemain baru seperti Nunez. Jadi, tidak adil mengkritik Nunez.

"Ada begitu banyak pergantian pemain yang dilakukan di laga pramusim, formasi yang dicoba juga berbeda-beda. Anda tidak bisa menganalisis apa pun dari hasil atau performa di pramusim," sambung Robinson.

"Baru sepekan atau dua pekan sebelum musim dimulai Anda akan mendapatkan gagasan soal tim, tapi sekarang terlalu dini, itu jelas," tandasnya.

4 dari 5 halaman

Malam yang Sempurna

Darwin Nunez seolah melakoni malam yang sempurna dalam pertandingan di markas RB Leipzig. Penggawa Timnas Uruguay itu tampil moncer dalam duel tersebut. Baru tiga menit berada di lapangan, dia berhasil menjaringkan bola ke dalam gawang RB Leipzig lewat eksekusi penalti.

Darwin Nunez kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-51 setelah memanfaatkan umpan dari Trent Alexander-Arnold. Nunez sukses mengukir hattrick ketika laga berjalan 68 menit.

Pada menit ke-90, Darwin Nunez mencetak gol keempat sekaligus membawa Liverpool menang 5-0. Adapun satu gol lainnya milik Liverpool disarangkan Mohamed Salah pada menit ke-8.

5 dari 5 halaman

Jawab Keraguan

Torehan empat gol tersebut sekaligus menjawab keraguan kepada Darwin Nunez. Pasalnya, sang pemain kerap menjadi sasaran kritikan karena tampil jelek dalam dua laga pramusim Liverpool.

Dia bermain melempem ketika The Reds takluk 0-4 dari Manchester United (12/7/2022) dan menang 2-0 atas Crystal Palace (15/7/2022). Nunez jarang mengancam gawang lawan dalam dua laga tersebut.

Padahal, dia dibeli dari Benfica pada Juni 2022 dengan banderol yang mencapai 64 juta poundsterling, dan bisa melonjak hingga 85 juta poundsterling.

Bermain kurang oke, Darwin Nunez pun kerap disamakan dengan mantan striker Liverpool, Andy Carroll. Pemain asal Inggris itu merupakan satu di antara pembelian termahal Liverpool, dan tampil buruk.

Sumber: Football Insider

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 22/7/2022)

Video Populer

Foto Populer