Sukses


5 Bek Kiri Terbaik MU, Kualitasnya Ciamik Banget: Patrice Evra Posisi Kedua

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) telah melepas Alex Telles ke klub La Liga Spanyol, Sevilla. Alasannya, Setan Merah surplus pemain di posisi bek kiri.

Selain Alex Telles, sudah ada Luke Shaw, Tyrell Malacia, hingga Brandon Williams. Pelatih anyar MU, Erik ten Hag, akhirnya rela melepas Alex Telles.

Di era Sir Alex Ferguson, Manchester United kerap memiliki pemain hebat untuk posisi bek kiri. Namun setelah melepas Patrice Evra pada 2014, Setan Merah kesulitan menemukan pemain yang pas untuk posisi ini.

Bahkan ada sejumlah pemain yang bukan berposisi sebagai bek kiri untuk bermain di posisi ini. Sebut saja Phil Neville, Matteo Darmian, dan Marcos Rojo.

Berikut lima bek kiri terbaik yang pernah dimiliki MU. Posisi mereka bahkan jarang tergantikan dengan pemain lainnya.

 

2 dari 6 halaman

5. Ashley Young

Ketika Young tiba di United dari Aston Villa pada 2011, ia dianggap sebagai pemain sayap yang cepat dan menarik. Dia mampu mencetak gol secara sensasional meski beroperasi di bek kiri.

Mantan pemain Timnas Inggris itu akhirnya menemukan kembali dirinya sebagai bek sayap di bawah Louis van Gaal dan Jose Mourinho. Dia menjadi pemain yang konsisten dan dapat diandalkan dalam peran barunya.

Berkat kemampuannya dan selalu jadi pemain inti di setiap laga, dia ditunjuk sebagai kapten Manchester United pada 2019. Dia kemudian hijrah ke Inter Milan dan mengantar klub tersebut meraih Scudetto musim 2020/2021.

 

3 dari 6 halaman

4. Luke Shaw

Saat memperkuat Southampton, Luke Shaw pernah masuk PFA Team Of The Year musim 2013/2014. Manchester United kemudian tertarik mendatangkannya dengan harga 27 juta pounds.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini pernah mengalami cedera panjang saat berseragam MU. Namun setelah itu, dia selalu dipercaya jadi pemain inti dari mulai era Mourinho hingga Solskjaer.

Dia bahkan menjadi pemain terbaik Manchester United musim 2018/2019 dan 2020/2021. Meski kini ada Malacia, kemungkinan Shaw masih akan menjadi andalan Erik ten Hag.

 

4 dari 6 halaman

3. Gabriel Heinze

Heinze bergabung dengan United dari PSG pada 2004 dan menikmati musim debut yang menjanjikan. Dia pernah memenangkan penghargaan Sir Matt Busby Player Of The Year.

Sayangnya, dia kemudian kerap menjadi cadangan bagi Patrice Evra di Old Trafford. Heinze kemudian meminta MU untuk menjualnya ke Liverpool pada 2007.

Manchester United mengabulkan keinginan sang pemain untuk hengkang. Namun bukan ke Liverpool melainkan ke klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

 

5 dari 6 halaman

2. Patrice Evra

Setelah bergabung dengan United dari AS Monaco pada Januari 2006, Evra mengalami awal yang sulit untuk beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Bahkan saat debutnya, dia harus diganti pada babak pertama saat menghadapi Manchester City.

"Pada babak pertama dia memberikan kesempatan dan itu adalah 15 menit yang panjang. Pada akhirnya dia berkata kepada saya dalam lima detik, 'Patrice, duduklah. Anda akan belajar cara bermain di Inggris'," ujar Evra.

Evra merasa kesal tetapi dia sangat bersemangat untuk belajar. Setelah momen itu, Evra tidak tergantikan di MU dan memenangi gelar Liga Inggris hingga Liga Champions.

 

6 dari 6 halaman

1. Denis Irwin

Denis Irwin merupakan bek kiri terbaik di Manchester United dengan pengabdiannya selama 12 tahun. Tidak hanya di kiri, Irwin juga mampu untuk menjadi bek kanan.

Alhasil, MU sangat membutuhkan jasanya. Total dia telah mencatat 529 penampilan bersama Manchester United di semua kompetisi.

Mantan pemain internasional Republik Irlandia itu adalah bagian penting dari skuad MU yang memenangkan tujuh gelar Liga Premier. Selain itu juga dua Piala FA dan satu gelar Liga Champions.

Sumber: Planet Football

 

Video Populer

Foto Populer