Sukses


5 Pemain yang Dijual Termahal Selama Karier Kepelatihan Graham Potter

Bola.com, Jakarta - Graham Potter sudah dipastikan menjadi manajer baru Chelsea. Dia mengisi posisi yang ditinggalkan Thomas Tuchel.

Bukan tanpa alasan Chelsea menunjuk Potter sebagai juru taktik yang baru. Potter sering disebut-sebut sebagai manajer muda potensial di Inggris saat ini.

Graham Potter ditunjuk melatih Brighton pada musim panas 2019. Sejak saat itu Brighton menjelma menjadi tim yang kerap menyulitkan raksasa Premier League.

Potter juga mampu menyulap beberapa pemain yang tak terkenal jadi incaran banyak klub besar Inggris dan Eropa. Alhasil, mereka bisa dilepas dengan harga mahal.

Lalu siapa saja para pemain yang dilepas dengan harga mahal ketika ditangani Potter? Berikut ini lima di antaranya.

2 dari 7 halaman

5. Neal Maupay

Neal Maupay bekerja sama dengan Graham Potter di Brighton sejak tahun 2019. Penyerang asal Prancis tersebut didatangkan dari Brentford dengan biaya 15,56 juta euro.

Maupay kemudian menjadi andalan di lini depan Brighton. Dia mencetak 27 gol dan tujuh assist dari 109 penampilan di semua kompetisi untuk The Seagulls.

Pada bursa trasnfer musim panas 2022, Maupay memutuskan untuk meninggalkan Brighton. Dia bergabung Everton dengan biaya transfer sebesar 11,8 juta euro.

3 dari 7 halaman

4. Dan Burn

Dan Burn memperkuat Brighton sejak tahun 2018 lalu. Pemain belakang berkebangsaan Inggris tersebut direkrut dari klub Inggris lainnya Wigan seharga 3,55 juta euro.

Setelah dibeli Brighton, Dan Burn langsung dipinjamkan kembali ke klub lamanya. Burn baru kembali memperkuat The Seagulls pada musim dingin 2019.

Selama berseragam Brigthon, Burn mencatatkan 84 penampilan dan mencetak dua gol. Pada musim dingin 2022, dia dilepas ke Newcastle dengan biaya sebesar 16 juta euro.

4 dari 7 halaman

3. Yves Bissouma

Yves Bissouma membela Brighton sejak tahun 2018. Saat itu pemain yang berposisi sebagai gelandang ini diboyong dari klub Prancis, Lille.

Selama berkostum Brighton, Bissouma mampu tampil apik di lini tengah. Gelandang asal Mali tersebut ini mencatatkan 124 pertandingan dengan mencetak enam gol dan tiga assist.

Berkat penampilan konsistennya, Bissouma kabarnya diminati sejumlah klub Premier League. Dia akhirnya memilih Tottenham sebagai klub barunya setelah ditebus dengan biaya sebesar 29,2 juta euro.

5 dari 7 halaman

2. Ben White

Ben White merupakan pemain yang berasal dari akademi Brighton. Pemain belakang asal Inggris tersebut mulai membela tim senior The Seagulls pada musim 2018.

Meski sempat dipinjamkan ke klub lain, Ben White akhirnya menjadi andalan di pertahanan Brighton. Dia mencatatkan 41 pertandingan di semua kompetisi.

White akhirnya dilepas Brighton pada musim panas 2021 lalu. Arsenal berhasil mendapatkan tanda tangan pemain berusia 24 tahun tersebut setelah ditebus seharga 65 juta euro.

6 dari 7 halaman

1. Marc Cucurella

Brighton merekrut Marc Cucurella dari Getafe pada musim panas 2021. Bek asal Spanyol tersebut menunjukkan performa yang bagus pada musim pertamanya di Falmer Stadium.

Manchester City sempat ingin merekrut Cucurella pada bursa transfer musim panas 2022 kemarin. Namun, pemain berusia 24 tahun tersebut akhirnya pindah ke Chelsea dengan biaya sebesar 65,3 juta euro.

Pada musim ini, Cucurella sudah memainkan tujuh pertandingan di semua kompetisi dengan memberikan dua assist. Dia kini akan bereuni kembali dengan Graham Potter di Stamford Bridge.

Sumber: Transfermarkt

Sumber asli: Bola.net 

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 13/09/2022)

7 dari 7 halaman

Di Mana Posisi Brighton Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer