Sukses


Belum Setengah Musim Kompetisi, Banyak Pelatih Terancam Menganggur : Berikut Ini Daftar yang Berpotensi Tinggi

Bola.com, Jakarta - Nasib pelatih selalu menjadi tanda tanya sekaligus hal menarik sebagai materi pembahasan publik. Di panggung Liga Inggris 2022/2023, level kekejaman kompetisi bisa membuat beberapa arsitek tim harus menganggur lebih cepat.

Ancaman pemecatan pelatih di pentas Premier League 2022 terus mengintai. Sebelumnya, sejumlah pelatih sudah lebih dulu terdepak. Scott Parker menjadi korban pertama.

Bournemouth menendang Parker hanya empat pekan setelah Premier League musim ini bergulir atau tak lama pasca digiling Liverpool dengan skor 0-9. Tak lama berselang, giliran Thomas Tuchel yang harus kehilangan gaji selangit.

 

2 dari 8 halaman

Latar Lengser

Juru taktik ber-KTP Jerman itu lengser dari singgasana panas pada September lalu, menyusul kekalahan 0-1 dari Dinamo Zagreb di ajang Liga Champions. Teranyar, Bruno Lage yang jadi pengangguran.

Nasib Lage tak terselamatkan menyusul kekalahan 0-2 Wolverhampton Wanderers dalam laga terakhir, Sabtu (1/10). Baru bekerja 16 bulan, Lage divonis gagal total karena Wolves tak jua beranjak dari posisi ke-18.

 

3 dari 8 halaman

Nama Selanjutnya

Lantas, siapa selanjutnya? Brendan Rodgers, pelatih Leicester City, disebut-sebut bakal jadi tumbal berikutnya. The Foxes, hingga pekan ke-8, berada di peringkat dua dari bawah.

Steven Gerrard, juru taktik Aston Villa, dan rekan sejawatnya mantan legenda Inggris, Frank Lampard (Everton), juga berada di tubir jurang. Everton terpatri di posisi ke-11, sedangkan Aston Villa terperangkap di posisi ke-14.

 

4 dari 8 halaman

Sosok Lain

Selain itu, pelatih yang juga masuk daftar bahaya adalah Steve Cooper (Nottingham Forest), David Moyes (West Ham), Jurgen Klopp (Liverpool), Jesse Marsch (Leeds), dan tentu saja Erik ten Hag (Manchester United).

Khusus Ten Hag, kini pelatih asal Belanda itu tengah dihujani badai kritik. Latarnya tak lain kegagalan membawa hasil positif dari Etihad Stadium, kala duel derbi Manchester yang berakhir tragis, yakni kalah 3-6.

 

5 dari 8 halaman

Klopp Masuk

Sementara itu, nama-nama lain juga tak aman. Jurgen Klopp misalnya, meski berhasil mengubah tata bermain dan prestasi Liverpool, performa anak asuhnya masih belum konsisten.

Berada di posisi ke-9 klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023, jelas bukan langkah awal yang bagus bagi Liverpool. Jejak positif di Liga Champions bakal tak terlihat andai terpuruk di Premier League.

 

6 dari 8 halaman

Tercepat Dipecat

Pelatih pertama yang dipecat dalam sejarah Premier League adalah Ian Porterfield (Chelsea) pada musim 1992/1993. Dia hanya bertahan dalam 29 pertandingan, sebelum akhirnya dipecat pada pertengahan Februari 1993.

Sementara, nakhoda tercepat yang pernah dipecat di Premier League adalah Kenny Dalglish (Newcastle United). Legenda Liverpool dan Inggris itu hanya mendapat dua pertandingan pada musim 1998/1999.

 

7 dari 8 halaman

Orang Beken

Peter Reid (Manchester City), Bobby Robson (Newcastle United), Frank de Boer (Crystal Palace), dan Javi Gracia (Watford) masih lebih baik dari Dalglish. Keempatnya bertahan dalam empat pertandingan di musim yang berbeda.

Tottenham Hotspur merupakan klub yang paling sering memecat pelatih, disusul kemudian Newcastle, Chelsea, dan Sunderland. Nah, penasaran kan siapa yang bakal kehilangan pekerjaan sebelum pergantian tahun, kita tunggu saja.

Sumber: Sportingnews

8 dari 8 halaman

MU dan Liverpool Di Mana?

Video Populer

Foto Populer