Sukses


5 Pemain Jebolan Akademi Chelsea yang Membela Klub Elite: Mulai AC Milan Hingga Barcelona

Bola.com, Jakarta - Bukan rahasia bila Chelsea merupakan klub yang punya akademi jempolan. Itu dibuktikan dengan banyaknya pemain berkualitas yang lahir dari Cobham.

Chelsea juga dikenal sebagai klub yang sering mempromosikan pemain jebolan akademi ke tim senior. Pada musim 2022/2023 terdapat lima pemain jebolan akademi Chelsea yang berada dalam skuad.

Mereka adalah Mason Mount, Reece James, Trevoh Chalobah dan Armando Broja hingga Conor Gallagher. Saking banyaknya, justru banyak pemain jebolan akademi Chelsea yang justru saat ini dinikmati klub-klub lain.

Lantas, siapa saja pemain jebolan akademi Chelsea yang membela klub elite? Berikut ini lima di antaranya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Eddie Nketiah

Eddie Nketiah sebenarnya merupakan pemain jebolan akademi Chelsea. Arsenal merekrutnya pada 2015 saat dia berusia 16 tahun.

Nketiah mendapat kepercayaan untuk bermain tim utama Arsenal pada 2017. Dia kemudian sempat menjalani masa peminjaman bersama Leeds United pada musim 2019/2020 lalu.

Sampai sejauh ini, Nketiah sudah memainkan 100 pertandingan untuk Arsenal dengan menyumbang 24 gol dan tiga assist. Dia juga masih punya kontrak sampai tahun 2027.

3 dari 6 halaman

Fikayo Tomori

Setelah menimba ilmu di akademi, Fikayo Tomori mendapatkan promosi ke tim senior Chelsea pada tahun 2016. Tomori kemudian diberi banyak kesempatan bermain di Stamford Bridge saat masih diasuh oleh Frank Lampard.

Namun, kehadiran Thomas Tuchel membuat karier Tomori di Chelsea harus berakhir. Tomori memutuskan untuk hengkang ke AC Milan pada Januari 2021 untuk mendapat kesempatan bermain reguler.

Tomori tampil apik dan menjadi bek utama di pertahanan Rossoneri asuhan Stefano Pioli. Tomori juga berhasil mengantarkan timnya meraih gelar Serie A pada musim 2021/22.

4 dari 6 halaman

Tammy Abraham

Setelah menimba ilmu di akademi Chelsea, Tammy Abraham dipinjamkan ke beberapa klub Inggris. Dia sempat menjadi pilihan utama di lini depan The Blues pada era Frank Lampard.

Namun, Abraham tersisih dari skuat Chelsea setelah kedatangan Thomas Tuchel. Striker asal Inggris tersebut kemudian memutuskan untuk meninggalkan Stamford Bridge dan bermain bersama AS Roma.

Abraham membukukan 29 gol dan tujuh assist dari 61 penampilan di semua kompetisi untuk Roma. Dia juga turut memberikan kontribusi besar saat Giallorossi juara UEFA Conference League pada musim lalu.

5 dari 6 halaman

Andreas Christensen

Diboyong dari akademi Brondy, Andreas Christensen menimba ilmu di akademi Chelsea. Dia kemudian dipinjamkan Borussia Monchengladbach selama dua musim.

Setelah masa peminjamannya di Jerman berakhir, Christensen masuk ke skuat utama Chelsea. Dia mencatatkan 161 pertandingan di semua kompetisi untuk The Blues.

Pemain berusia 26 tahun itu meninggalkan Chelsea pada musim panas 2022 setelah kontraknya berakhir. Christensen saat ini bermain untuk Barcelona.

6 dari 6 halaman

Nathan Ake

Nathan Ake adalah bek tengah asal Inggris yang merupakan jebolan akademi Chelsea pada 2011. Namun, pemain belakang asal Belanda tersebut jarang mendapat kesempatan bermain setelah promosi ke tim utama.

Alhasil, Ake lebih banyak dipinjamkan ke klub lain seperti Reading, Watford dan Bournemouth. Tampil apik di masa peminjaman bersama Bournemouth membuat dirinya dipermanenkan pada 2017.

Ake mulai menjadi salah satu bek yang diperhitungkan di Premier League bersama The Cherries. Manchester City akhirnya memboyongnya pada 2020 seharga 45,3 juta euro.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer