Sukses


4 Fakta Mykhaylo Mudryk, Bidikan Arsenal: Perjalanan Karier, Gaya Permainan, hingga Pendapat Mengenai Wonderkid Ukraina

Bola.com, Jakarta - Pemain sayap Shakhtar Donetsk, Mykhaylo Mudryk, adalah pemain yang sangat diminati, di mana Arsenal yang paling santer dikaitkan dengan namanya di bursa transfer Januari 2023. Namun, seperti apa pemain yang diinginkan The Gunners ini?

Mudryk tampil megnesankan di level klub, baik di kompetisi domestik maupun di Liga Champions. Ia juga sudah mendapatkan delapan kesempatan bertanding bersama Timnas Ukraina pada 2022.

Fabrizio Romano sempat mengatakan bahwa Arsenal telah meminta informasi mengenai kesepakatan Mudryk jelang batas akhir bursa transfer musim panas. Romano juga mengatakan Everton gagal dengan tawaran verbal mereka senilai 30 juta euro.

Arsenal juga telah menyiapkan tawaran awal sekitar 55 juta pound yang ditolak oleh klub Ukraina itu. Shakhtar meminta tawaran yang lebih besar untuk memboyong bintang andalannya itu.

Pemain berusia 21 tahun itu akan menjadi tambahan lini serang yang bagus untuk Arsenal. Mikel Arteta, manajer The Gunners, akan sangat menikmati melatih pemain dengan potensi yang besar.

Berikut fakta-fakta yang harus diketahui penggemar Arsenal mengenai Murdryk seperti dilansir dari Planet Football:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kariernya Sejauh Ini

Lahir di Krasnohrad, sebuah kota di Ukraina, Mudryk memulai pendidikan sepak bolanya di usia 9 tahun bersama Metalist Kharkiv hingga akhirnya pindah ke Dnipro Dnipropetrovsk.

Ia bertahan selama dua tahun hingga akhirnya memutuskan untuk bergabung bersama Shakhtar Donetsk pada 2016, di mana ia masuk dalam sistem sepak bola junior. Mudryk kemudian mendapatkan kesempatan pertamanya di tim senior dengan menjalani peminjaman ke Arsenal Kyiv dan Desna Chernihiv.

Namun, musim 2021/2022 menjadi sebuah terobosan bagi pemain berusia 21 tahun itu. Mudryk bermain dalam 28 pertandingan bersama tim utama Shakhtar, mencetak dua gol dan 10 assist yang membuatnya mencuri perhatian klub besar Eropa.

Arsenal kini menjadi yaang terdepan untuk bisa merekrut Mudryk, di mana Arteta berniat untuk memenuhi harga yang diminta oleh Shakhtar.

3 dari 6 halaman

Gaya Permainan

 

Mudryk dikenal karena kecepatannya, akselerasi, dribel, kemampuan serbabisa, dan kreativitasnya dalam bermain. Dengan kemampuannya mengandalkan kedua kaki, Mudryk bisa beroperasi di kedua sisi sayap penyerangan, termasuk di Arsenal nanti.

Mudryk adalah pemain yang bisa mencetak gol, tetapi lebih spesialis dalam hal assist. Mudryk bisa melepaskan umpan yang mematikan dan membuka pertahanan lawan dengan sangat baik.

Ia juga memiliki skill dan kecepatan untuk mengalahkan para pemain bertahan. Hal itu membuatnya sempat dijuluki sebagai Neymar dari Ukraina.

Satu kelemahan terbesarnya adalah menembak, di mana ia hanya mencetak dua gol untuk Shakhtar dalam musim 2021/2022. Inilah area yang perlu diperbaiki oleh Mikel Arteta dan staf kepelatihan di Arsenal.

4 dari 6 halaman

Apa Komentarnya?

 

Pemain sayap Ukraina ini sudah mengungkapkan keinginannya untuk pindah ke Premier League dalam waktu dekat. Bahkan ketika Brentford mengungkapkan keinginan untuk merekrut Mudryk, ia mengatakan: "Saya ingin berterima kasih kepada Brentford untuk tawarannya."

Mudryk juga memanfaatkan momen itu untuk menjanjikan masa depannya kepada juara Ukraina itu dengan mengatakan: "Jika tawaran itu datang setahun atau 18 bulan lalu, saya tidak akan memikirkannya lagi. Saya akan meminta klub untuk mengizinkan saya pergi tanpa keraguan."

"Untuk bisa datang ke Premier League dalam usia 20 tahun itu luar biasa. Namun, sejak Srna dan De Zerbi mengambil alih, semua berubah. Saya mendapatkan dukungan. Saat ini saya memiliki kontrak yang panjang dan semua pikiran saya tertuju kepada Shakhtar."

Namun, tampaknya sang pemain telah berubah pikiran. Dia terlihat menyukai postingan di media sosial yang mengaitkan dirinya dengan Arsenal. Pemain dengan kemampuan sepertinya pasti akan menikmati bermain di Premier League.

 

5 dari 6 halaman

Pendapat Mengenai Dirinya

 

"Bagi saya, Mudryk adalah pemain terbaik di Eropa untuk di posisinya setelah Mbappe dan Vinicius Junior," ujar Direktur Shakhtar, Darijo Srna pada awal Agustus lalu.

"Dia memperlihatkannya. Gol yang dicetaknya melawan Ajax. Lihat di YouTube. Saya tidak berpikir bahwa selama 20 tahun terakhir Anda akan menemukan 5 atau 6 gol seperti itu."

Mengenai harganya, Srna menjawab: Tidak ada harganya. Seperti yang saya katakan, setelah Mbappe dan Junior, saya tidak melihat pemain selain Mudryk untuk posisi ini di Eropa."

"Pertama, ia adalah pemain yang baik. Kedua profesional. Ketiga ia mencintai Shakhtar. Ya, ia mengatakan ingin pergi, tapi sekarang ia ada di tempatnya dan tetap ada di dalam tim. Mudryk memiliki potensi yang luar biasa."

"Pasar yang membuat harganya. Jika Mudryk hari ini bermain di Ajax, maka 100 juta akan diminta untuknya."

6 dari 6 halaman

Persaingan di Premier League saat Ini

Video Populer

Foto Populer