Sukses


10 Pemain Belanda Terakhir di Skuad MU: Bakal Disusul Wout Weghorst?

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) dikabarkan mengincar Wout Weghorst sebagai satu di antara target penyerang yang diboyong ke Old Trafford. The Red Devils dikabarkan ingin meminjam pemain asal Belanda itu pada bursa transfer Januari 2023.

Membeli striker memang menjadi prioritas MU pada bursa transfer Januari 2023. Stok penyerang tengah The Red Devils menipis setelah berpisah dengan Cristiano Ronaldo.

Menurut laporan, striker terbaru yang muncul ke radar MU adalah Wout Weghorst. Saat ini pemain asal Belanda itu tengah dipinjam oleh klub Turki, Besiktas, dari klub Inggris yang berkiprah di divisi Championship, Burnley.

Pemain berusia 30 tahun itu telah membuat kesan positif di Super Lig Turki. Weghorst berhasil mencetak delapan gol dan empat assist dari 16 penampilan.

Jika bergabung ke skuad Setan Merah, Weghorst tak hanya akan menambah amunisi tim tersebut. Eks Wolfsburg tersebut juga menambah panjang daftar pemain Belanda di Old Trafford.

Berikut ini 10 pemain Belanda terakhir yang pernah memperkuat MU.

2 dari 11 halaman

1. Tyrell Malacia

Tyrell Malacia menjadi salah satu rekrutan Manchester United (MU) pada bursa transfer musim panas 2022/2023. Malacia diboyong ke Old Trafford dari Feyenoord dengan mahar sebesar 15 juta euro.

Bermain di bawah asuhan Erik Ten Hag, Malacia diplot untuk mengisi satu tempat di benteng pertahanan Setan Merah. Pemain berusia 23 tahun itu biasanya bermain di posisi bek kiri.

Sampai sejauh ini, Malacia sudah memainkan 19 pertandingan di semua kompetisi untuk Setan Merah. Dia punya kontrak dengan klubnya saat ini sampai 2026.

3 dari 11 halaman

2. Donny van de Beek

Donny van de Beek bergabung dengan Manchester United (MU) pada musim panas 2020. Gelandang asal Belanda tersebut ditebus seharga 39 juta euro setelah tampil mengesankan bersama Ajax Amsterdam.

Sayangnya, Van de Beek mengalami momen yang buruk setelah datang ke Old Trafford. Pemain berusia 25 tahun tersebut jarang mendapat kesempatan bermain rutin dengan klub Premier League tersebut.

Van de Beek baru mengoleksi total 60 penampilan di semua kompetisi bersama The Red Devils. Sang pemain mampu mencetak dua gol dan dua assist dari penampilannya tersebut.

4 dari 11 halaman

3. Tahith Chong

Tahith Chong bergabung dengan tim muda Manchester United (MU) pada 2016. Dia berhasil menembus tim senior pada 2018 di era kepelatihan Jose Mourinho.

Meski menjanjikan, Tahith Chong justru gagal bermain reguler di tim utama. Winger asal Belanda berusia 23 tahun itu lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Tahith Chong tercatat hanya memainkan 16 pertandingan di semua kompetisi untuk Setan Merah. Dia kemudian dilepas secara permanen ke Birmingham City pada 2022.

5 dari 11 halaman

4. Timothy Fosu-Mensah

Timothy Fosu-Mensah menembus tim utama Manchester United (MU) pada 2016. Namun, ia kesulitan mendapatkan tempat di skuad Setan Merah.

Timothy Fosu-Mensah sempat dipinjamkan ke Crystal Palace dan Fulham. Namun, bek asal Belanda itu gagal menarik perhatian.

Pemain berusia 23 tahun itu akhirnya dilepas ke Bayer Leverkusen pada Januari 2021. Selama lima tahun di Old Trafford, Fosu-Mensah hanya mencatatkan 30 penampilan di semua kompetisi.

6 dari 11 halaman

5. Memphis Depay

Ada banyak harapan ketika Memphis Depay datang ke Manchester United (MU) pada 2015. Penyerang asal Belanda itu tampil mengesankan bersama PSV Eindhoven.

Sayang, Depay gagal menunjukkan performa terbaiknya setelah datang ke Old Trafford. Dia hanya mencetak tujuh gol dalam 53 penampilan bersama Setan Merah.

7 dari 11 halaman

6. Daley Blind

Daley Blind berseragam Manchester United (MU) selama empat tahun. Dia diboyong ke Old Trafford dari Ajax Amsterdam pada 2014 saat era kepemimpinan Louis Van Gaal.

Blind sempat menjadi andalan pada saat awal bergabung bersama MU. Namun, Blind mulai tersisih setelah Louis van Gaal tak lagi melatih Setan Merah.

Selama membela MU, Blind membuat 141 penampilan di semua kompetisi. Pada musim panas 2018, Daley Blind memilih meninggalkan Manchester United dan kembali dengan klub lamanya.

8 dari 11 halaman

7. Alexander Buttner

Manchester United (MU) memboyong Alexander Buttner pada musim panas 2012. Pemain asal Belanda itu didatangkan dari Vitesse untuk memperkuat posisi bek kiri Setan Merah.

Namun, Buttner gagal merebut tempat utama dari Patrice Evra. Alhasil, Buttner jarang terlihat di lapangan dan lebih banyak menghabiskan waktunya di bangku cadangan.

Buttner mencatatkan 28 penampilan dan mencetak dua gol bersama Setan Merah. Dia kemudian dilepas MU ke Dynamo Moscow pada 2014.

9 dari 11 halaman

8. Robin van Persie

Robin van Persie bergabung dengan Manchester United (MU) pada 17 Agustus 2012. Menyeberangnya Van Persie ke Old Trafford membuat dongkol sebagian suporter Arsenal yang merasa terkhianati.

Bersama Manchester United, Van Persie bermain dalam 105 pertandingan. Dalam 7.979 menit bermain, sang striker asal Belanda mencatatkan 58 gol dan 21 assist.

Robin van Persie membantu Setan Merah meraih satu trofi juara Premier League dan satu trofi juara Charity Shield. Pada 2015, Van Persie meninggalkan MU dan memilih terbang ke Turki dengan bergabung bersama Fenerbahce.

10 dari 11 halaman

9. Edwin van der Sar

Edwin van der Sar bergabung dengan Manchester United (MU) pada 1 Juli 2005. Ketika itu, Setan Merah mendatangkan kiper asal Belanda tersebut dari Fulham.

Sepanjang berseragam Setan Merah, Van der Sar bermain dalam 264 laga. Meski gawangnya kebobolan 202 kali, mantan kiper Juventus tersebut berhasil mencatatkan 135 kali clean sheet.

Van Der Sar membantu Setan Merah meraih empat gelar juara Premier League, dua trofi juara Piala Liga, satu trofi juara Liga Champions, dan empat trofi juara Charity Shield. Dia memperkuat Setan Merah sampai 1 Juli 2011.

11 dari 11 halaman

10. Ruud van Nistelrooy

Pemain Belanda lainnya yang pernah memperuat Manchester United (MU) adalah Ruud van Nistelrooy. Striker asal Belanda tersebut dipinang dari PSV Eindhoven pada 1 Juli 2001.

Van Nistelrooy sukses mencetak 149 gol dari 217 pertandingan di semua kompetisi. Dia juga membantu United meraih satu trofi juara Premier League, satu trofi juara Piala FA, satu trofi juara Piala Liga, dan satu trofi Charity Shield.

Van Nistelrooy pada akhirnya meninggalkan Setan Merah pada 28 Juli 2006. Dia memilih untuk hijrah ke Spanyol dan bergabung dengan Real Madrid.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 9/1/2023)

Video Populer

Foto Populer