Sukses


Liga Inggris: Graham Potter Dipecat? Ini 6 Calon Penggantinya di Chelsea

Bola.com, Jakarta Posisi Graham Potter sebagai manajer Chelsea sedang menjadi sorotan. Pasalnya, The Blues terus meraih hasil buruk dalam beberapa pekan terakhir.

Terbaru, Chelsea menelan dua kekalahan beruntun dari Manchester City. The Blues kalah 0-1 di Premier League dan dihajar 0-4 di ajang Piala FA.

Chelsea saat ini sudah tersingkir dari Piala FA dan Carabao Cup. Jorginho dan kolega juga terpuruk di peringkat ke-10 klasemen sementara Premier League 2022/23.

Dengan terpuruknya Chelsea, wajar jika isu pemecatan Potter menguat. Andai Potter dipecat, siapa yang bisa menggantikannya di Stamford Bridge?

Berikut enam calon pengganti Graham Potter di Chelsea.

2 dari 7 halaman

Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino merupakan salah satu pelatih papan atas di Eropa yang sedang tidak melatih. Dia belum kembali ke pinggir lapangan setelah dipecat PSG pada musim lalu.

Pochettino sejatinya sukses mengantar PSG keluar sebagai kampiun Ligue 1 musim lalu. Sayangnya, prestasi tersebut tak cukup membuat Pochettino bertahan di Parc des Princes.

Apabila dilirik Chelsea, Pochettino sudah punya pengalaman bekerja di Premier League. Dia sebelumnya pernah menangani Southampton dan Tottenham.

3 dari 7 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane merupakan salah satu pelatih yang punya reputasi mentereng. Dia sampai sekarang masih belum melatih klub usai berpisah dengan Real Madrid pada 2021.

Zidane meraih kesuksesan besar selama menjadi pelatih Los Blancos. Mantan pemain Juventus tersebut berhasil menjuarai tiga Liga Champions beruntun dan dua gelar La Liga.

Nama Zidane sempat disebut-sebut sebagai suksesor Didier Deschamps di timnas Prancis setelah Piala Dunia 2022. Akan tetapi, FFF baru saja memperpanjang kontrak Deschamps.

4 dari 7 halaman

Joachim Loew

Joachim Loew punya prestasi yang bagus saat menangani timnas Jerman. Dia berhasil mengantarkan negaranya meraih gelar Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2017.

Setelah memimpin Jerman selama 17 tahun, Loew akhirnya memutuskan mundur dari jabatannya. Dia meninggalkan Die Mannschaft setelah bertarung di Euro 2020.

Sebelumnya, Loew juga punya pengalaman melatih di level klub. Dia pernah menukangi sejumlah klub seperti Stuttgart, Fenerbahce, Tirol Innsbruck dan Austria Wien.

5 dari 7 halaman

Luis Enrique

Luis Enrique memimpin Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Namun, dia memutuskan mundur setelah skuad Matador tersingkir dari Qatar.

Setelah berpisah dengan Timnas Spanyol, Enrique ingin kembali melatih klub. Dia sangat cocok untuk Chelsea yang punya banyak pemain muda di skuadnya.

Sebelumnya, Enrique pernah sukses saat melatih Barcelona. Dia berhasil membawa tim Catalan meraih treble winners pada tahun 2015.

6 dari 7 halaman

Marcelo Bielsa

Marcelo Bielsa begitu dipuja oleh fans Leeds United. Pria asal Argentina tersebut sanggup mengangkat Leeds promosi ke kasta tertinggi sepak bola di Inggris.

Bielsa termasuk salah satu pelatih yang sangat berpengalaman. Sebelum bekerja di Elland Road, dia pernah menangani sejumlah klub termasuk Lille, Marseille, Athletic Bilbao hingga Espanyol.

Selain di level klub, Bielsa juga pernah memimpin timnas Chile dan Argentina. Bielsa saat ini sedang tidak melatih setelah dipecat Leeds pada musim lalu.

7 dari 7 halaman

Ruben Amorim

Ruben Amorim dianggap sebagai salah satu pelatih paling menarik di Eropa. Pria berusia 37 tahun tersebut bergabung dengan Sporting Lisbon pada tahun 2022.

Sampai sejauh ini, Amorim berhasil mempersembahkan beberapa gelar termasuk Liga Portugal untuk Sporting. Dia meraih gelar liga pada musim debutnya.

Sebelum menjadi bagian dari Sporting, Amorim juga pernah menangani Braga. Dia memenangkan Piala Liga Portugal di sana.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 10/1/2023)

Video Populer

Foto Populer