Sukses


Erling Haaland Si Mesin Gol, Sudah Patahkan Rekor 9 Bintang Top Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Karir Erling Haaland di Liga Inggris sangat menonjol. Setelah bergabung dengan Manchester City, Haaland menjelam menjadi mesin pencetak gol menakutkan di Inggris.

Sebelum ke Inggris, Erling Haaland sudah mencetak 50 gol di liga top Eropa bersama Borussia Dortmund. Di Inggris, pemain berusia 22 tahun itu langsung memenuhi harapan tinggi dengan mengemas 25 gol hanya dalam setengah musim.

City masih memiliki 18 pertandingan tersisa dan sang striker unggul jauh di daftar pencetak gol terbanyak. Haaland unggul sembilan gol atas striker Tottenham, Harry Kane, yang mengoleksi 16 gol dan ada di posisi kedua.

Keganasan Haaland  juga memecahkan rekor 10 pemain yang sempat menggila di Premier League. Pada awal kariernya di Inggris, mereka juga menceploskan banyak gol.

Berikut 10 pemain yang pernah bermain di Liga Inggris dan rekornya disalip Erling Haaland.

 

2 dari 10 halaman

1. Tony Yeboah

Ayang Erling Haaland, Alf-Inge Haaland berpapasan dengan Yeboah di Elland Road, tetapi keduanya tidak pernah bermain bersama. George Graham membawa Haaland senior ke Leeds United pada musim panas 1997 dan mendepak Yeboah keluar beberapa minggu kemudian.

Padahal bintang Ghana ini datang ke Inggris dengan cara menghebohkan kala mencetak 24 gol dari 48 laga awalnya di Leeds United. Kualitas serangan itu memastikan bahwa Yeboah dikenang sebagai pemain yang meninggalkan jejak bagus di Inggris.

 

3 dari 10 halaman

2. David Ginola

Salah satu nama paling ikonik di Liga Inggris pada 1990-an adalah David Ginola. Dia membuat 100 penampilan Premier League untuk Tottenham dan 58 laga untuk Newcastle serta 32 pertandingan untuk Aston Villa.

Meskipun demikian dia hanya mencetak 22 gol di papan atas Inggris. Angka ini sangat mudah dipecahkan Haaland.

 

4 dari 10 halaman

3. Gianluca Vialli

Penyerang legendaris Italia itu tiba di Chelsea saat berusia 32 tahun setelah mencetak lebih dari 100 gol Serie A untuk Sampdoria dan Juventus. Ternyata Vialli langsung nyetel dengan permainan Inggris.

Dia membuat dampak yang lebih besar bagi Chelsea dan menjadi pemain yang dicintai di Premier League. Vialli mencetak 21 gol dalam 58 penampilan Premier League bagi Chelsea.

 

5 dari 10 halaman

4. Andrey Arshavin

Pemain asal Rusia itu langsung ngegas dengan mencetak 23 gol dalam 105 penampilan Premier League untuk Arsenal. Sayangnya penampilannya di Gunners sering tidak konsisten.

Arshavin juga pernah mengukir empat gol dalam satu pertandingan bahkan gawang Liverpool yang menjadi korban kala Arsenal menahan 4-4. Sementara itu Haaland belum pernah mencetak empat gol dalam satu pertandingan.

 

 

6 dari 10 halaman

5. Mario Balotelli

Pemain Italia itu dikenang karena karakternya yang penuh kontroversi daripada sebagai seorang striker hebat. Balotelli hanya mencetak 21 gol dalam 70 laga untuk Man City dan Liverpool.

Balotelli juga kerap menjadi sorotan media baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan. Dia juga hanya membuat satu assist di Premier League.

 

7 dari 10 halaman

6. Michu

Penyerang Swansea City, Michu, pernah menjadi fenomena di Premier League. Bahkan Manchester City tngebet mendapatkan pemain asal Spanyol ini walau gagal.

Penampilan brilian Michu terjadi musim 2012/2013 saat melesakkan 18 gol untuk Swansea. Michu total mengoleksi 20 gol dalam 52 penampilan Premier League dan rekornya jauh disalip Haaland.

 

8 dari 10 halaman

7. Divock Origi

Origi melesakkan 22 gol dalam 107 pertandingan Premier League untuk Liverpool. Sayangnya, dia kalah bersaing dengan nama-nama tenar di Anfield seperti Sadio Mane hingga Mohamed Salah.

Setelah sempat dipinjamkan ke VFL Wolfsburg, dia akhirnya hijrah ke AC Milan. Yang paling dikenang Origi bersama Liverpool yakni kerap mencetak gol saat Derby Merseyside melawan Everton.

 

9 dari 10 halaman

8. Jack Grealish

Pemain senilai 100 juta pounds ini pernah mencetak 15 gol dalam 105 laga Premier League. Namun, bukan untuk Manchester City klubnya saat ini, melainkan untuk klub di awal karirnya, Aston Villa.

Rekan setim Haaland di Man City ini juga mencetak 14 gol dalam tiga musim kompetisi. Ketika Haaland mencetak banyak gol, Grealish membuat lebih banyak assist di Premier League (total 22).

 

10 dari 10 halaman

9. Bukayo Saka

Bukayo Saka merupakan talenta muda terbaik di dunia saat ini dan sangat berdampak di Premier League. Ternyata, rekor Saka juga telah disalip Erling Haaland.

Pemain berusia 21 tahun itu sudah memiliki seratus penampilan di liga untuk The Gunners. Saka juga menjadi pencetak gol terbanyak Arsenal musim lalu, namun mencetak satu gol Premier League lebih sedikit dari Haaland musim lalu.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer