Sukses


Arsenal di Puncak Klasemen Liga Inggris, Akhir dari Dominasi Man City dan Liverpool?

Bola.com, Jakarta - Keberadaan Arsenal di puncak klasemen Liga Inggris, dengan Man City terpaut lima poin di belakang, serta Liverpool ada di papan tengah dengan jarak 21 poin, membuat Jurgen Klopp melihat momen ini sebagai akhir dari dominasi yang dibuat Man City dan Liverpool dalam beberapa musim terakhir.

Arsenal kini berada di posisi teratas dalam klasemen Liga Inggris dan memiliki keunggulan 5 poin dari rival terdekat, Man City, yang sudah memainkan satu pertandingan lebih banyak dari The Gunners.

Pep Guardiola bersama Man City, dan Jurgen Klopp bersama Liverpool, memang membuat persaingan di Premier League menjadi sengit di antara kedua tim asuhan mereka dalam beberapa musim terakhir.

Tercatat sejak 2017, Man City dan Liverpool cukup mendominasi papan atas Liga Inggris. Namun, tampaknya itu akan segera berakhir pada musim ini.

Arsenal kini berada di puncak klasemen Premier League dan dengan keunggulan lima poin dari rival terdekatnya. Man City mungkin masih bisa memberikan ancaman kepada The Gunners selama sisa musim ini berjalan.

2 dari 6 halaman

Arsenal Sensasional

Namun, Liverpool yang berada di posisi kesembilan dalam klasemen dengan tertinggal 21 poin dari Arsenal, tentu sulit untuk bisa mengejar.

Jurgen Klopp menilai Arsenal memperlihatkan kualitasnya pada musim ini. Tidak selalu aktif di sepak bola Eropa, terutama Liga Champions, jadi keuntungan tersendiri bagi tim asuhan Mikel Arteta untuk membentuk tim yang lebih solid dan fokus di liga.

"Arsenal adalan tim yang sensasional. Mikel Arteta memiliki cukup banyak waktu dengan sedikit bermain di sepak bola Eropa dalam beberapa tahun terakhir dan ia melakukan tugas yang luar biasa," ujar Klopp.

3 dari 6 halaman

Tidak Akan Mudah

Namun, Klopp juga meyakini Arsenal tidak akan dengan mudah untuk bisa mempertahankan konsistensinya. Harus diakui kehadiran Erik ten Hag di Manchester United (MU) juga perlahan mengembalikan The Red Devils kembali ke papan atas.

"Mereka tidak akan melaju dengan mudah dan mengatakan, 'kami mendapatkannya dalam satu tahun, terima kasih banyak'," ujar manajer Liverpool itu.

"MU berada di momen yang sangat bagus. Apa pun yang terjadi mereka tidak akan berhenti berinvestasi dan berkembang," tegas Klopp.

4 dari 6 halaman

Man City dan Klub Lain juga Masih Berjuang

Selain itu, Jurgen Klopp juga meyakini Man City tak akan begitu saja menyerah, serta kehadiran klub kaya baru, Newcastle United, serta Brighton yang tengah memperlihatkan performa yang bagus, dipastikan akan menjadi kendala bagi Arsenal.

"Jika City, secara teori tidak memenangkan liga, saya tidak bepikir Pep akan menerima situasi seperti ini untuk beberapa tahun ke depan. Mereka akan melakukannya lagi."

"Tottenham, Newcastle, Brighton, juga tampil baik. Kami harus melihat berapa lama Brighton bisa menjaga kebesamaan di dalam tim. Kami tahu hal-hal seperti ini bisa terjadi sehingga membuat sepak bola benar-benar menarik," lanjutnya.

 

5 dari 6 halaman

Dominasi Luar Biasa Man City dan Liverpool

Jurgen Klopp juga mengenang bagaimana kehebatan Man City dan Liverpool dalam beberapa musim terakhir di Premier League. Menurutnya, konsistensi yang diperlihatkan kedua tim benar-benar luar biasa hingga kini mereka harus bersaing dengan Arsenal.

"Apa yang terjadi dengan Man City dan kami di liga pada beberapa tahun terakhir benar-benar luar biasa. Agak malu untuk mengatakannya, tetapi konsistensi yang kami perlihatkan dalam periode itu gila. Benar-benar gila," ujar Klopp dilansir dari Manchester Evening News.

"Namun, kami tidak bisa menggunakan itu sebagai alasan seakan lima tahun kami mengendalikan sepak bola dan sekarang kami harus jadi penonton seperti ini."

"Konsistensi benar-benar menjadi yang paling sulit dimiliki dalam sepak bola dan kami akan melihat bagaimana hal itu juga berlaku untuk tim lain ketika mereka mengalami sedikit penurunan atau cedera."

"Sangat sulit karena kualitas tim, uang yang ada, dan kualitas pelatih yang juga meningkat pesat," lanjutnya.

Sumber: Manchester Evening News

6 dari 6 halaman

Persaingan di Premier League saat Ini

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer