Sukses


Liga Inggris: Alexis Sanchez dan 5 Rekrutan Terbaik Arsene Wenger di Arsenal

Bola.com, Jakarta - Arsene Wenger dikenal sebagai manajer tersukses dalam sejarah Arsenal. Pria asal Prancis tersebut berhasil mempersembahkan berbagai trofi untuk The Gunners.

Wenger menjadi manajer Arsenal sejak tahun 1996 sampai dengan tahun 2018. Dia berhasil memenangkan tiga gelar Premier League dan tujuh trofi FA Cup.

Wenger juga dikenal sebagai sosok yang jarang menghambur-hamburkan uang. Mantan pelatih AS Monaco tersebut sering sekali memoles pemain muda bertalenta menjadi pemain bintang.

Meski begitu, bukan berarti Wenger tidak pernah mengeluarkan uang besar untuk memboyong pemain. Dia tercatat beberapa kali mendatangkan pemain dengan harga mahal ke London.

Berikut ini enam pembelian termahal Arsene Wenger di Arsenal.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Shkodran Mustafi

Shkodran Mustafi bergabung dengan Arsenal pada bursa transfer pada musim panas 2016. Dia didatangkan dari Valencia dengan biaya transfer sebesar 41 juta euro.

Mustafi sempat menjadi andalan di lini pertahanan Arsenal. Akan tetapi, dia kemudian tersingkir ke bangku cadangan setelah sering membuat kesalahan di lapangan.

Pemain belakang asal Jerman tersebut memainkan 151 pertandingan dengan mencetak sembilan gol dan lima assist untuk The Gunners. Dia akhirnya hijrah ke FC Shalke 04 pada 1 Februari 2021.

3 dari 7 halaman

Alexis Sanchez

Arsenal mengeluarkan 42,5 juta euro untuk mendatangkan Alexis Sanchez dari Barcelona pada musm panas 2014. Pemain asal Chile tersebut kemudian menjadi salah satu pembelian terbaik The Gunners.

Sanchez membela Arsenal selama tiga setengah musim. Mantan pemain Udinese tersebt berhasil membantu The Gunners memenangkan dua gelar FA Cup dan satu Community Shield.

Pada bursa transfer musim dingin 2018, Alexis Sanchez memutuskan hengkang dan pindah ke Manchester United. Arsenal mendapatkan Henrikh Mkhitaryan dari transfer tersebut.

4 dari 7 halaman

Granit Xhaka

Granit Xhaka termasuk salah satu pemain yang didatangkan Arsenal pada bursa transfer musim panas 2016. Dia direkrut dari Borussia Monchengladbach dengan harga 45 juta euro.

Sampai saat ini, Xhaka masih terus menjadi pemain andalan di lini tengah Arsenal. Kini, kontraknya bersama The Gunners baru akan berakhir pada 30 Juni 2024 mendatang.

Xhaka sudah memainkan 281 pertandingan dengan mencetak 18 gol dan 27 assist. Dia berhasil memenangkan dua FA Cup dan dua Community Shield selama berseragam The Gunners.

5 dari 7 halaman

Mesut Ozil

Mesut Ozil pernah menjadi bagian penting dari skuat Arsenal sebelum pindah ke Fenerbahce. Pemain asal Jerman itu memenangkan tiga trofi FA Cup dalam sepanjang kariernya bersama The Gunners.

Ozil membela Arsenal setelah ditebus dari Real Madrid pada tahun 2013. Mantan pemain Werder Bremen itu membuat The Gunners mengeluarkan biaya transfer sebesar 47 juta euro.

Selama membela Arsenal, Ozil mencatatkan 254 penampilan di semua kompetisi. Dari jumlah itu, gelandang 34 tahun tersebut berhasil mencetak 44 gol dan 77 assist.

6 dari 7 halaman

Alexandre Lacazette

Arsenal memboyong Alexandre Lacazette dari klub Prancis Lyon. Sang striker didatangkan The Gunners pada awal musim 2017/2018 setelah tampil mengesankan bersama Lyon.

Arsenal mengeluarkan 53 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan Lacazette. Pemain asal Prancis tersebut kemudian menjadi andalan di lini depan The Gunners dan bahkan sempat mengenakan ban kapten.

Di Arsenal, Lacazette tercatat mencetak 71 gol dan 36 assist dari 206 pertandingan di semua kompetisi. Sang pemain akhirnya meninggalkan The Gunners dengan kembali ke Lyon pada akhir musim 2021/22.

7 dari 7 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang pernah menjadi salah satu pemain penting di lini depan Arsenal. Mantan pemain AC Milan tersebut bisa diandalkan The Gunners untuk menjebol gawang lawan.

Aubameyang bergabung dengan Arsenal setelah ditranfer dari Borussia Dortmund. Sang pemain diboyong The Gunners pada musim 2017/2018 dengan dana hingga 63,7 juta euro.

Pemain Gabon itu mencetak 92 gol dan 21 assist dari 162 penampilan untuk The Gunners. Kebersamaanya dengan Arsenal harus berakhir pada Januari 2022 karena kontraknya diputus.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 21/2/2023)

Video Populer

Foto Populer