Sukses


Liga Inggris: Keberanian Erik ten Hag Tendang Cristiano Ronaldo dari MU Kembali Dipuji

Bola.com, Jakarta Manajer Manchester United, Erik ten Hag, mengambil sikap berani dengan mendepak Cristiano Ronaldo. Sikap tegas Ronaldo itu pun kembali mendapat pujian.

Pada musim ini merupakan edisi perdana Ten Hag duduk di kursi manajer MU. Sesuai prediksi, eks bos Ajax Amsterdam itu membuat banyak perubahan besar dalam Tim Setan Merah.

Erik ten Hag mengubah gaya main Manchester United secara signifikan. Meski sempat kesulitan pada awal musim, sejak memasuki 2023 The Red Devils mulai memetik hasil kerja keras di lapangan.

Tidak hanya itu, Erik ten Hag juga dikenal berani dalam mengambil sikap terkait isu internal Manchester United. Dia menegaskan otoritasnya dalam menangani tim, termasuk soal kasus Cristiano Ronaldo.

 

2 dari 5 halaman

Bulan-bulan terakhir Ronaldo di MU

Kedatangan Ten Hag ke Manchester United memang membawa perubahan besar, termasuk di ruang ganti. Cristiano Ronaldo yang sebelumnya jadi bintang utama mulai tergusur ke bangku cadangan.

Tampaknya kesempatan bermain yang berkurang drastis membuat Ronaldo frustrasi. Superstar Portugal itu kerap berulah, seperti meninggalkan lapangan sebelum laga berakhir atau membuat komenar-komentar negatif di media.

Tentu sikap CR7 itu sempat menimbulkan kekhawatiran. Cristiano Ronaldo adalah nama besar dengan basis fans yang masif. Kasus ini bisa membuat Ten Hag tertekan bahkan terdepak dari jabatan manajer MU.

3 dari 5 halaman

Keberanian Ten Hag

Di luar dugaan, Ten Hag tidak mau begitu saja kalah dari Ronaldo. Dia justru menunjukkan ketegasannya sebagai pelatih dan pada akhirnya Ronaldo yang harus mengalah.

Eks megabintang Real Madrid itu meninggalkan Manchester United untuk kemudian bergabung dengan klub Liga Arab Saudi, Al Nassr, pada Januari 2023.

"Dari apa yang saya lihat, Ten Hag adalah pelatih brilian," ujar Thomas Zilliacus, pebisnis asal Belanda yang baru-baru ini menunjukkan minat untuk membeli MU.

"Dia punya keberanian yang membuat saya kagum, yaitu untuk menegaskan kepada bintang besar selevel Cristiano Ronaldo bahwa 'dengar, ini cara saya mengelola tim dan inilah yang ingin saya lakukan'."

 

4 dari 5 halaman

Perkembangan Tim

Keberanian Ten Hag dalam menangani kasus Ronaldo memang patut diacungi jempol. Bagaimanapun, tidak semua pelatih bisa mengatasi situasi pelik itu dengan hasil akhir yang memuaskan.

"Ketegasan itu mendorong Ronaldo meninggalkan klub, dan sepertinya sekarang itu menjadi langkah yang tepat. Sebab, klub ini sekarang jadi jauh lebih baik tanpa dia," sambung Zilliacus.

"Saya kira dia sudah menunjukkan hasil kerja luar biasa. Jadi, saya harap dia bertahan di klub dan andai saya berhasil jadi pemilik klub, jelas saya ingin dia lanjut melatih," tandasnya.

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas/Published: 29/03/2023)

5 dari 5 halaman

Simak Posisi MU di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer