Sukses


4 Alasan Luis Enrique Layak Tangani Chelsea: Bukan Pelatih Kaleng-kaleng, Segudang Trofi Jadi Bukti

Bola.com, Jakarta - Persaingan memperebutkan kursi manajer baru Chelsea mulai memanas. Setelah Julian Nagelsmann difavoritkan bakal menukangi The Blues, kini muncul nama baru yang tak kalah besar peluangnya.

Adalah Luis Enrique, pelatih asal Spanyol yang memanaskan persaingan sebagai calon nahkoda baru Chelsea. Diketahui kursi pelatih tim London Biru baru saja kosong setelah Graham Potter dipecat akhir pekan kemarin.

Luis Enrique telah menyusul Julian Nagelsmann sebagai favorit untuk menjadi manajer Chelsea berikutnya. Enrique kabarnya juga sudah melakukan perjalanan ke London untuk pembicaraan lebih lanjut.

Sosok Luis Enrique bukanlah pelatih sembarangan. Ia punya pengalaman dan beberapa keunggulan dalam persaingan kandidat calon pelatih Chelsea.

Berikut ini adalah sejumlah fakta menarik bahwa Luis Enrique layak membesut Chelsea.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Penuh Pengalaman

Luis Enrique sudah lama dikenal sebagai pesepak bola yang sukses bersama Barcelona saat masih aktif bermain. Ia juga menjadi tulang punggung Timnas Spanyol.

Begitu juga saat ia merintis karier kepelatihan. Pengalamannya adalah pernah menjadi pelatih di AS Roma, Barcelona, dan terakhir bersama Timnas Spanyol pada ajang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Tim-tim yang bekas dilatihnya jelas bukan sembarangan. Dengan pengalaman segudang yang dimilikinya, jelas dapat menjadi keuntungan jika Chelsea jadi memilihnya nanti.

3 dari 6 halaman

Punya DNA Juara

Luis Enrique merupakan pelatih yang cukup berprestasi. Bersama Barcelona, dia beberapa kali mempersembahkan gelar yang cukup bergengsi.

Enrique mempersembahkan gelar dua kali juara La Liga, satu kali Piala Super Spanyol, 1 trofi Liga Champions, 3 trofi Copa del Rey, satu Piala Super UEFA hingga satu trofi Piala Dunia Antar klub. Dia juga pernah terpilih sebagai pelatih terbaik dunia pada musim 2014/2015.

Deretan trofi koleksinya tersebut bisa menjadi pembanding bagi pesaing lainnya untuk calon manajer baru Chelsea, bahwa Enrique jelas punya reputasi dan bukti sahih sebagai pelatih hebat.

4 dari 6 halaman

Cocok dengan Gaya Permainan Chelsea

Luis Enrique menyukai formasi 4-3-3 yang juga bisa diterapkan dengan permainan Chelsea saat ini. Skema permainan itu dapat diaplikasikan dengan skuad yang ada di The Blues.

Pola permainan yang disukai Luis Enrique tidak terlepas dari saat ia masih menukangi Barcelona. Gaya bermain Barcelona telah sedikit banyak mempengaruhi ilmu kepelatihan seorang Luis Enrique.

Dalam skema tersebut, Luis Enrique selalu menitik beratkan pada dua gelandang serangnya untuk merangsek ke lini depan. Dengan lini depan berisi lima pemain termasuk tiga striker

5 dari 6 halaman

Visioner

Kabar terbaru, pelatih berusia 52 tahun itu dilaporkan telah berhasil menjual visi untuk tim kepada para petinggi Chelsea. Rencana yang ia bangun adalah memaksimalkan potensi para pemain muda di dalam skuad.

Banyak pemain muda Chelsea yang bisa dimaksimalkannya. Di antaranya seperti Mykhailo Mudryk, Enzo Fernandez, Kai Havertz, atau bek Badiashile.

Enrique baru minggu lalu berbicara tentang tujuannya untuk bekerja di Inggris dan khususnya keinginannya untuk memimpin sebuah tim dan dapat melakukan hal-hal penting

Laporan dari Sportsmail. Luis Enrique juga telah melatih kemampuan berbahasa Inggris menjelang kemungkinan pindah ke Chelsea.

Sumber: Sportsmail, Daily Mail

6 dari 6 halaman

Intip Peringkat Chelsea di Liga Inggris Musim Ini

Video Populer

Foto Populer