Sukses


Newcastle United Bakal Kembali ke Liga Champions dan Akhiri Penantian 2 Dekade: Tunggu Liverpool Kalah atau Bungkam Leicester City

Bola.com, Jakarta - Newcastle United kini hanya butuh satu kemenangan lagi untuk mengamankan posisinya di slot Liga Champions musim depan. Artinya, kemenangan atas Leicester City pada pekan ke-37 Premier League, bakal membawa mereka kembali ke kompetisi elite Eropa itu setelah terakhir kalinya tampil di sana 20 tahun lalu.

Newcastle United baru saja meraih kemenangan telak 4-1 atas Brighton and Hove Albion dalam laga tunda pekan ke-25 Liga Inggris pada Jumat (19/5/2023).

Kemenangan itu membuat The Magpies kini mengoleksi 69 poin di posisi ketiga klasemen sementara Premier League.

Newcastle United unggul tiga poin dari Manchester United yang berada di posisi keempat dan empat poin dari Liverpool yang berada di posisi kelima.

Artinya hanya butuh satu kemenangan lagi, The Magpies sudah tak akan terkejar lagi dari Liverpool untuk mendapatkan tempat di posisi empat besar dan melangkah ke Liga Champions.

Momen itu bisa didapatkan ketika Newcastle United menjamu Leicester City pada laga pekan ke-37 Premier League, Selasa (23/5/2023) dini hari WIB.

Tiga poin akan membuat Newcastle United tak akan bisa dikejar sekalipun Liverpool menang atas Aston Villa pada Sabtu (20/5/2023), mengingat hanya akan ada satu laga lagi yang tersisa.

 

2 dari 5 halaman

Bakal Kembali ke Liga Champions Setelah 2 Dekade

 

Newcastle United bukanlah tim langganan Liga Champions. Bahkan banyak yang menganggap The Magpies sebagai tim medioker di Liga Inggris.

Namun, bukan berarti tim yang pernah diperkuat striker hebat Inggris, Alan Shearer, itu tidak pernah tampil di kompetisi paling elite di Eropa itu. Newcastle United tercatat tiga kali tampil di kompetisi tersebut.

Newcastle United perdana tampil di Liga Champions adalah pada musim 1997/1998. Kemudian yang kedua adalah pada musim 2002/2003.

Sementara yang ketiga adalah musim 2003/2004, di mana Newcatle United hanya tampil di babak kualifikasi ketiga dan kemudian turun kasta ke Piala UEFA.

Setelah itu, Newcastle United tercatat hanya tampil di Piala Intertoto, Piala UEFA, dan Liga Europa, di man yang terakhir adalah pada musim 2012/2013. Artinya, sudah cukup lama The Magpies tidak tampil di Liga Champions.

Jika Newcastle United berhasil membungkam Leicester City dan mengamankan tempat di Liga Champions musim depan, maka mereka kembali tepat 20 tahun setelah terakhir kali bermain di Liga Champions.

 

3 dari 5 halaman

Potensial Amankan Tiket Liga Champions Sebelum Bertanding

 

Namun, Newcastle United sebenarnya berpotensi mengamankan tiket Liga Champions sebelum bertanding melawan Leicester City. Situasi saat ini Newcastle United unggul dengan jarak empat poin di atas Liverpool dan sisa 2 pertandingan hingga akhir musim.

Liverpool memainkan laga pekan ke-37 Premier League dengan menjamu Aston Villa di Anfield pada Sabtu (20/5/2023). Jika The Reds kalah dalam pertandingan tersebut, maka Newcastle United akan langsung memastikan diri mendapatkan tempat di Liga Champions.

Alasannya karena dengan menyisakan satu pertandingan lagi setelah menghadapi Aston Villa, Liverpool sudah tidak bisa mengejar perolehan poin yang dimiliki oleh Newcastle United.

Sumber: Data UEFA, Soccerway

4 dari 5 halaman

Jadwal Pekan 37 Premier League

Sabtu, 20 Mei 2023

  • 18:30 WIB - Tottenham Hotspur vs Brentford
  • 21:00 WIB - Bournemouth vs Manchester United
  • 21:00 WIB - Fulham vs Crystal Palace
  • 21:00 WIB - Liverpool vs Aston Villa
  • 21:00 WIB - Wolverhampton Wanderers vs Everton
  • 23:30 WIB - Nottingham Forest vs Arsenal

Minggu, 21 Mei 2023

  • 19:30 WIB - West Ham United vs Leeds United
  • 20:00 WIB - Brighton and Hove Albion vs Southampton
  • 22:00 WIB - Manchester City vs Chelsea

Selasa, 23 Mei 2023

  • 02:00 WIB - Newcastle United vs Leicester City
5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer