Sukses


Daftar Klub yang Promosi dan Degradasi di Liga Inggris: Mimpi Buruk Leicester, Penantian Panjang Luton Town

Bola.com, Jakarta - Berakhir sudah kompetisi kasta tertinggi sepak bola Liga Inggris yakni Premier League 2022/2023. Manchester City keluar sebagai juara sekaligus mempertahankan gelarnya.

Disusul Arsenal yang sempat membuat kejutan dengan lama berada di posisi teratas klasemen Liga Inggris. Di balik selesainya kompetisi musim ini, terdapat sejumlah klub yang harus finis dengan hasil buruk.

Tiga tim dipastikan harus terdegradasi alias turun ke divisi Championship atau kasta kedua. Ketiganya adalah Leicester City, Leeds United, dan Southampton.

Sementara tiga tim berhasil promosi atau naik kelas ke Liga Inggris musim depan. Yaitu Burnley, Sheffield United, dan Luton Town yang akan menjajal kerasnya Premier League musim depan.

Yuk simak daftar tim yang promosi dan degradasi di Liga Inggris musim ini.

2 dari 8 halaman

Leicester City

Nasib malang mendatangi Leicester City di musim ini. Mereka harus rela turun kasta setelah hanya mampu finish di posisi ke-18 klasemen akhir Liga Inggris.

Sebenarnya The Foxes meraih kemenangan 2-1 atas West Ham pada laga terakhir, Minggu (28/5/2023). Namun tambahan tiga poin tak membantu, sebab Everton juga meraih kemenangan dan mengunci posisi 17.

Hasil ini membuat perjalanan Leicester di Liga Inggris berakhir. Padahal mereka sempat merasakan gelar juara pada musim 2015/2016.

3 dari 8 halaman

Leeds United

Tim tradisi lain di Liga Inggris, Leeds United juga ikut turun kasta. Mereka hanya mampu finish di urutan ke-19 dengan nilai 31.

Pada laga terakhir, Leeds sebenarnya membutuhkan kemenangan dan berharap Everton dan Leicester tergelincir. Alih-alih menang, Leeds justru dihajar Tottenham Hotspur 1-4, Minggu malam.

Bagi Leeds, mereka hanya tiga musim terakhir bertahan di Premier League sejak berhasil promosi pada akhir musim 2019/2020.

4 dari 8 halaman

Southampton

Southampton menjadi tim terlemah di Liga Inggris musim ini. Mereka berada di dasar klasemen alias sebagai juru kunci dan finish dengan nilai 25.

Bahkan Southampton sudah dipastikan terdegradasi beberapa pekan sebelum kompetisi berakhir. Bagi Soton, Terakhir mereka terdegradasi adalah di musim 2004/2005 lalu kembali promosi ke Liga Inggris pada 2011/2012.

5 dari 8 halaman

Burnley

Burnley berstatus sebagai tim juara Divisi Championship atau kasta kedua Liga Inggris musim 2022/2023. Berkat tangan dingin Vincent Kompany sebagai pelatih, mereka promosi dengan mengoleksi 101 poin.

Burnley memastikan diri promosi sejak bulan April 2023 setelah perolehan nilainya tidak terkejar para pesaing. Di sisi lain, mereka hanya butuh satu musim saja untuk berada di kasta kedua, sejak terdegradasi musim lalu.

6 dari 8 halaman

Sheffield United

Sheffield United ikut menemani Burnley ke Premier League musim depan. Mereka mengunci peringkat kedua dengan nilai 91 di Divisi Championship.

Prestasi ini membuat Sheffield kembali ke kasta tertinggi setelah dua musim berkutat di Divisi kedua. Sheffield United terakhir kali merasakan Premier League di musim 2020/2021 dengan hasil degradasi.

7 dari 8 halaman

Luton Town

Luton Town akan bermain di Premier League untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Coventry City 6-5 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di final playoff EFL Championship, Sabtu (27/5/2023).

Hasil yang membawa mereka kembali bermain di papan atas Liga Inggris setelah absen selama 31 tahun. Luton Town, yang bermain di Divisi Utama sejak 1965, terdegradasi ke Divisi Dua (sekarang EFL Championship) pada akhir musim 1991-1992 ketika Liga Premier terbentuk.

8 dari 8 halaman

Lihat Klasemen Akhir Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer