Sukses


Koleksi Poin yang Diraih MU Raih di Premier League Setelah Ferguson Pensiun: Miris, Kalah dari Tottenham

Bola.com, Jakarta Saat Sir Alex Ferguson menjadi manajer Manchester United (MU), Setan Merah begitu mendominasi di Liga Inggris. Tetapi, semuanya berubah ketika Ferguson memutuskan pensiun.

Sir Alex Ferguson mengambil alih MU pada 1986 dan langsung menjuarai edisi perdana Premier League 1992/1993. Fergie juga yang mengakhiri penantian MU selama 26 tahun untuk meraih gelar Liga Inggris kasta teratas ini hingga total 13 kali juara liga.

Fergie kemudian membangun kekuatan hebat MU dengan meraup 12 gelar liga lainnya. Gelar tersebut yakni lima Piala FA, empat Piala Liga, dua Liga Champions, dan sekali Piala Dunia Antarklub FIFA.

Namun, semenjak manajer asal Skotlandia ini pensiun pada 2013, MU belum pernah lagi juara Premier League. Dominasi Setan Merah runtuh dan kini berganti eranya Manchester City di bawah besutan Pep Guardiola.

Lalu bagaimana poin yang Manchester United (MU) raih di Premier League semenjak Sir Alex Ferguson pensiun? Total poin Setan Merah justru berada di bawah Tottenham selama 10 tahun terakhir ini.

 

2 dari 5 halaman

Kaget Ferguson Pensiun

Ketika Alex Ferguson memutuskan pensiun, seluruh elemen di Manchester United terkejut. Salah satu pilar penting MU saat itu, Patrice Evra mengaku sedih saat mendengar Ferguson pergi.

"Dua minggu sebelum liga berakhir, saya ingat Ferguson mendatangi saya. Dia berkata 'Patrice, saya melihat di media bahwa mereka mengatakan saya akan pergi tetapi percayalah, saya akan berada di sini 10 tahun lagi'," ujar Evra pada September 2022.

 

3 dari 5 halaman

Pengganti yang Gagal

Setelah Ferguson pensiun pada akhir musim 2012/2013, David Moyes menjadi pengganti untuk menangani MU. Sayangnya, dia hanya 10 bulan di Old Trafford karena dipecat lantaran MU terperosok ke posisi ketujuh di klasemen.

"Apakah itu Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, Jurgen Klopp, Pep Guardiola atau David Moyes, itu akan menjadi pekerjaan yang sulit bagi siapa pun yang mengambil alih nakhoda MU," kata Moyes pada 2016.

"Satu-satunya penyesalan saya adalah skala waktunya. Itu tidak akan pernah menjadi perjalanan yang mudah. Tetapi saya yakin saya memiliki waktu yang lebih lama – saya tidak percaya saya harus melakukannya dalam sembilan atau bahkan 12 bulan," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Sosok yang Tepat

Setelah Moyes pergi, MU mencoba mencari sosok yang tepat untuk menggantikan Ferguson. Louis Van Gaal akhirnya menggantikan Moyes dan finis di posisi keempat sebelum dipecat karena MU terlempar dari empat besar pada musim 2015/2016.

Jose Mourinho dan Ole Gunnar Solskjaer sama-sama membawa MU finis di posisi kedua sebelum prestasinya kembali menurun dan mereka akhirnya juga dipecat oleh klub.

Erik ten Hag adalah orang terakhir yang dipilih untuk mengembalikan klub tersebut ke jalurnya saat ini.

 

5 dari 5 halaman

Perolehan Poin MU

Sudah 10 tahun MU terakhir kali memenangi Premier League dan hanya menyaksikan klub tetangga, Manchester City, hampir setiap musim menggelar pesta gelar juara. Dalam 10 tahun ini simak perolehan poin Manchester United beserta klub yang masuk peringkat 10 besar.

Catatan: Daftar ini hanya menyertakan 10 tim yang bertahan di Premier League selama 10 tahun terakhir. Juga, semua tim telah memainkan 378 pertandingan kecuali beberapa klub yang masih memainkan 377 laga.

  • 1. Manchester City: 852 poin 
  • 2. Liverpool: 779 poin 
  • 3. Chelsea: 704 poin 
  • 4. Arsenal: 700 poin 
  • 5. Tottenham: 687 poin
  • 6. Manchester United: 680 poin
  • 7. Everton: 506 poin
  • 8. West Ham: 485 poin
  • 9. Southampton: 457 poin
  • 10. Crystal Palace: 447 poin

Sumber: Planet Football

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • SportBites

  • Premier League

Video Populer

Foto Populer