Sukses


5 Gelandang Terbaik Dunia saat Ini, Satu di Antaranya Main di Barcelona Musim 2023 / 2024

Bola.com, Jakarta - Ada klaim bahwa sebagian besar pertandingan sepak bola dimenangkan di lini tengah. Gelandang memegang kunci kesuksesan tim, berfungsi sebagai mesin yang menggerakkan serangan dan pertahanan tim.

Maka tidak heran jika beberapa pesepak bola terhebat dan paling berkesan dalam sejarah olahraga ini adalah gelandang. Para pemain ini telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan pada permainan indah ini berkat keterampilan luar biasa dan kecerdasan taktis mereka.

Gelandang seperti Zinedine Zidane, Andres Iniesta, Johan Cruyff, Socrates, Xavi Hernandez, Michel Platini, Paul Scholes, dan Lothar Matthaus dipuja hingga hari ini.

Nama-nama di atas sukses menghadirkan keindahan tersendiri yang membuat sepak bola dicintai karena seninya. Mereka juga membuat sepak bola tidak melulu soal mencetak gol, tetapi bagaimana menciptakan sebuah permainan yang begitu indah dan bisa dinikmati.

Nah, berikut Bola.com merangkum lima gelandang terbaik saat ini seperti dinukil dari Sportskeeda.

2 dari 6 halaman

5 Martin Odegaard (Arsenal)

Gelandang Arsenal, Martin Odegaard, secara luas dipandang sebagai penerus Mesut Ozil. Pemain Timnas Norwegia itu melakukan pekerjaan yang spektakuler untuk The Gunners di musim 2022/2023, mengangkat status mereka menjadi kompetitor gelar dengan penampilannya yang luar biasa.

Odegaard adalah salah satu gelandang paling berbakat secara teknis di planet ini saat ini. Dia mampu menyatukan permainan berkat kemampuan passing yang tepat dan visi yang luar biasa. Odegaard juga dribler yang fantastis dan mampu menavigasi ruang sempit dengan mudah dan anggun.

Selain menciptakan banyak peluang untuk rekan satu timnya, Odegaard juga memiliki insting mencetak gol yang bagus dan telah terbukti sebagai pencetak gol yang andal. Pemain berusia 24 tahun itu mencetak 15 gol dan memberikan delapan assist dalam 45 penampilan di semua kompetisi untuk The Gunners pada musim 2022/2023.

3 dari 6 halaman

4 Ilkay Gundogan (Barcelona)

Ilkay Gundogan dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di generasinya karena keterampilan teknisnya yang luar biasa, kecerdasan taktis, dan keserbagunaannya. Kemampuan passing, visi, dan mencetak golnya yang tepat membuatnya menjadi kekuatan yang tangguh di lapangan.

Di luar bakatnya, kepemimpinan dan profesionalisme Gündoğan membedakannya sebagai juara sejati dan akan sangat dirindukan di Manchester City musim depan. Dampaknya pada permainan meningkatkan statusnya sebagai salah satu yang terbaik di era modern.

Gundogan memainkan peran penting dalam kemenangan treble kontinental Manchester City musim lalu. Dalam 51 penampilan di semua kompetisi untuk Cityzens pada musim 2022/2023, pemain internasional Jerman itu mencetak 11 gol dan memberikan tujuh assist. Pemain berusia 32 tahun itu kini telah bergabung dengan Barcelona sebagai agen bebas.

4 dari 6 halaman

3 Jude Bellingham (Real Madrid)

Jude Bellingham sudah menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia pada usia 20 tahun. Kualitas teknis dan pemahamannya tentang permainan tidak sesuai dengan usianya. Dalam karier mudanya, Bellingham juga telah mengejutkan semua orang dengan keterampilan kepemimpinannya.

Kehadiran tak kenal lelah di lini tengah, Bellingham unggul di kedua sisi. Keterampilan progresi bolanya adalah yang terbaik. Pemain asal Inggris itu juga memiliki kemampuan membaca permainan yang sangat baik yang memungkinkannya melakukan intersepsi dan mengeksekusi tekel dengan presisi.

Dengan €103 juta, ia menjadi rekrutan termahal kedua dalam sejarah Real Madrid ketika mereka mengamankan jasanya dari Borussia Dortmund awal musim panas ini.

5 dari 6 halaman

2 Rodri (Manchester City)

Penghancur lini tengah, gelandang bertahan, atau playmaker yang bermain dalam sering tidak mendapatkan pujian yang layak mereka dapatkan. Ini bisa jadi karena kurangnya gol dan assist yang seringkali secara langsung berperan dalam memberikan superstardom kepada para pesepak bola.

Gelandang ini dianggap mampu melakukan dua peran di lini tengah Manchester City berkat antisipasi yang sangat baik, kesadaran spasial dan kecerdasan permainan.

Pemain Timnas Spanyol ini adalah pengumpan bola yang luar biasa. Rodri juga memiliki kemampuan untuk mencetak gol. Pemain berusia 26 tahun itu adalah salah satu pemain paling konsisten Manchester City saat mereka memenangkan treble kontinental musim lalu.

Dia mencetak empat gol dan memberikan tujuh assist dalam 56 penampilan di semua kompetisi untuk Cityzens pada musim 2022-23.

6 dari 6 halaman

1 Kevin De Bruyne (Manchester City)

Kevin De Bruyne bisa dibilang gelandang terhebat di generasinya. Dia adalah kehadiran yang dinamis dan kreatif di tengah taman dan visi serta jangkauan umpannya sangat patut dicontoh. De Bruyne juga merupakan pesepak bola ulet yang tidak pernah segan-segan melakukan perubahan setiap kali berada di lapangan sepak bola.

Pemain Timnas Belgia adalah salah satu pesepak bola paling kreatif di era modern. Dia dapat melakukan operan dan umpan silang yang tidak terbayangkan oleh banyak rekannya dan dia telah mempertahankan standar tinggi sepanjang kariernya.

De Bruyne telah menjadi pemain terpenting bagi Manchester City di era Pep Guardiola dan itu mengatakan sesuatu. Pemain berusia 31 tahun itu mencetak 10 gol dan memberikan 31 assist dalam 49 penampilan di semua kompetisi untuk City pada musim 2022/2023.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer