Sukses


8 Calon Kapten Baru Liverpool Pengganti Jordan Henderson: Virgil Van Dijk dan Mohamed Salah Bersaing

Bola.com, Jakarta - Liverpool sedang mencari kapten baru. Jabatan tersebut akan kosong karena Jordan Henderson, yang mengenakan ban kapten sejak 2015, mengumumkan kepergiannya dari The Reds melalui akun Instagramnya, Rabu (28/7/2023). 

Henderson bukan satu-satunya pemain di grup pemimpin Liverpool yang pergi. James Milner, yang menjadi wakil kapten bulan lalu, juga hengkang pada musim panas 2023. 

Fans Liverpool pun menebak-nebak siapa yang akan dipercaya mengenakan ban kapten. Manajer The Reds, Jurgen Klopp, pasti sudah mengantongi nama kapten baru. 

Berikut ini delapan pemain yang berpotensi menjadi kapten baru Liverpool.  

2 dari 9 halaman

8. Cody Gakpo

Cody Gakpo, talenta muda dengan potensi luar biasa, tampil mengesankan sejak pindah ke Anfield pada Januari 2023.

Dia memiliki masa depan yang cerah di Liverpool, dan sepertinya akan menjadi bagian dari skuad untuk dekade berikutnya. Tetapi, mengingat usianya yang masih muda dan relatif kurang pengalaman, menjadi kapten mungkin merupakan langkah yang terlalu cepat.

Meskipun menjabat kapten di mantan klubnya PSV, Gakpo jelas merupakan salah satu pemain masa depan. Ia mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk berkembang dan memantapkan dirinya di Anfield sebelum diberi ban kapten.

3 dari 9 halaman

7. Curtis Jones

Curtis Jones, pemuda lokal dan lulusan akademi The Reds, benar-benar membawa DNA Liverpool di nadinya.

Meskipun menjadi salah satu anggota termuda dari skuat, ia telah menunjukkan potensi dan kedewasaan yang luar biasa. Kemampuan teknis, visi, dan keserbagunaan membuatnya menjadi prospek yang menjanjikan bagi The Reds.

Jones tidak asing dengan peran sebagai pemimpin, setelah menjadi kapten Liverpool U-23 dan sering mengenakan ban kapten untuk tim U-18 juga.

Terlepas dari usianya yang masih muda, dia menunjukkan ketenangan dan kepercayaan diri di lapangan melebihi umurnya. Ia memiliki kualitas kapten masa depan. 

Namun, mengingat kedalaman pengalaman dan kepemimpinan yang sudah ada dalam skuat, mungkin terlalu dini bagi Jones untuk mengambil peran yang begitu signifikan.

 

 

4 dari 9 halaman

6. Thiago Alcantara

Meskipun mengawali awal karier yang sulit di Liverpool karena gangguan cedera, Thiago bisa membuktikan kelas dan pengalamannya. 

Dia memenangi banyak gelar bersama Barcelona dan Bayern Munchen. Dia bisa membawa mentalitas kemenangan itu jika ditunjuk sebagai kapten. 

Namun, dengan peluang Thiago akan meninggalkan Anfield tahun depan ketika kontraknya habis, Klopp mungkin merasa mempercayakan ban kapten kepada pemain Spanyol itu hanya selama satu tahun tidak ada gunanya.

 

5 dari 9 halaman

5. Alisson Becker

Alisson telah menjadi pilar andalan Liverpool sejak kedatangannya. Tahun lalu bisa dibilang ia merupakan pemain terbaik The Reds.

Penyelamatan krusial dan ketenangannya telah menyelamatkan Liverpool berkali-kali. Ia adalah alasan utama di balik kemenangan Liverpool di Liga Champions dan Liga Inggris masing-masing pada 2019 dan 2020.

Alisson merupakan kiper yang memiliki pandangan unik ke lapangan. Pemahaman Alisson tentang permainan, dikombinasikan dengan ketenangannya, membuatnya menjadi kapten potensial yang kemungkinan akan dipertimbangkan Klopp untuk Liverpool pada musim depan.

 

6 dari 9 halaman

4. Mohamed Salah

Sejak bergabung dengan Liverpool pada 2017, Mo Salah tampil fenomena. Dia menyabet banyak penghargaan individu dan membimbing Liverpool menuju kesuksesan di domestik dan Eropa.

Penampilan di lapangan membuatnya menjadi pemimpin dengan caranya sendiri. Ia akan dianggap sebagai salah satu pemain terhebat klub, bahkan mungkin sudah melakukannya.

Meskipun pemain depan bukanlah pilihan kapten tradisional, pengaruh dan konsistensi serta catatan kebugaran Salah tidak dapat diabaikan.

Sebagai kapten tim nasional Mesir, dia juga memiliki pengalaman dengan peran tersebut, sesuatu yang pasti membuatnya menjadi kandidat utama.

 

7 dari 9 halaman

3. Andrew Robertson

Pemain Skotlandia tersebut adalah salah satu penggawa paling konsisten untuk Liverpool, dan sudah ditunjukkan sejak kedatangannya pada 2017.

Lari Robertson yang tak kenal lelah, umpan silang yang tepat, dan soliditas pertahanan membuatnya menjadi bagian penting tim. Ia memiliki pengalaman memimpin Skotlandia di panggung internasional, menunjukkan sudah memiliki sifat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang kapten.

Dengan absennya Virgil van Dijk, Henderson dan Milner musim lalu, Robertson diberi ban kapten dalam beberapa pertandingan Liga Inggris.

Itu menunjukkan bahwa Klopp jelas menilai dia sebagai kapten juga. Jadi jangan terlalu terkejut melihatnya mendapatkan peran tersebut secara penuh pada musim ini.

 

8 dari 9 halaman

2. Trent Alexander-Arnold

Ia merupakan fullback kelas dunia, pemuda lokal Liverpool, dan lulusan akademi. Trent Alexander-Arnold tahu apa artinya mengenakan ban kapten.

Di usia muda, dia telah merasakan puncak kejayaan Liga Champions dan Liga Inggris. Meskipun baru berusia 24 tahun, dia telah melakoni semua yang harus dilakukan di sepak bola.

Meski relatif muda, ia telah menunjukkan kedewasaan melebihi usianya. Alexander-Arnold berpotensi menjadi kapten jangka panjang untuk Liverpool, jika Klopp memilih untuk menempuh jalur itu.

 

9 dari 9 halaman

1. Virgil van Dijk

Kehadiran Van Dijk mendominasi di jantung pertahanan Liverpool. Ia adalah pilihan terfavorit untuk menjadi kapten.

Sejak kedatangannya pada 2018, pemain asal Belanda itu telah mengubah lini belakang The Reds dengan ketenangan, kekuatan, dan kecerdasannya.

Kualitas kepemimpinannya terbukti saat The Reds menjuarai Liga Champions dan Liga Inggris. Dia sudah mengenakan ban kapten beberapa kali untuk klub selama bertahun-tahun.

Van Dijk sepertinya orang yang akan dipilih Klopp. 

Sumber: Give Me Sport 

 

Video Populer

Foto Populer