Sukses


Klub-Klub di Liga Inggris yang punya Kapten Baru: Siapa Lagi Selain MU dan Liverpool?

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Liga Inggris 2023/2024 akan dimulai dalam waktu kurang dari dua pekan lagi. Manchester City berstatus sebagai juara bertahannya.

Liga Inggris musim ini akan dibuka pada Sabtu (12/8/2023), ditandai dengan laga antara Burnley menjamu Man City.

Berbicara Premier League musim ini, ada hal yang menarik adalah tentang kapten di setiap tim peserta. Bakal ada kapten baru di sejumlah klub.

Penyebabnya adalah kepergian pemain yang sebelumnya merupakan kapten. Yuk simak kapten-kapten anyar di Liga Inggris mulai musim 2023/2024 berikut ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

MU

Terjawab sudah siapa sosok kapten baru Manchester United (MU) mulai musim 2023/2024. Bruno Fernandes secara resmi ditunjuk sebagai pemimpin skuad tim Setan Merah

Bruno Fernandes menggantikan peran Harry Maguire yang baru saja dicopot dari jabatannya oleh pelatih MU, Erik ten Hag

"Gelandang asal Portugal itu telah beberapa kali mengenakan ban kapten dan Erik ten Hag mengonfirmasi bahwa dia akan memimpin tim secara permanen," tulis MU di situs resmi klub pada Kamis (20/7/2023) Malam.

"Sebagai kapten, peraih dua penghargaan Sir Matt Busby akan terus mendorong tim mencapai kualitas tertinggi saat kualitas tim United mencoba meraih kesuksesan di musim 2023/2024 dan musim depan."

3 dari 11 halaman

Liverpool

Kepergian Jordan Henderson pada musim panas tahun ini membuat jabatan kapten Liverpool sempat lowong. Namun kini, tugas tersebut diserahkan kepada Virgil van Dijk.

Henderson resmi angkat kaki dari The Reds pada 27 Juli 2023. Gelandang Timnas Inggris itu memutuskan untuk melanjutkan kariernya bersama klub Arab Saudi, Al-Ettifaq.

Setelah kepergian Jordan Henderson sejumlah nama pemain muncul untuk menjabat sebagai kapten Liverpool. Hingga akhirnya, manajer The Reds, Jurgen Klopp, memutuskan untuk memberikan ban kapten timnya kepada Virgil van Dijk.

Bek Timnas Belanda tersebut dianggap paling layak untuk menjabat sebagai kapten Liverpool. Bergabung pada Januari 2018, Van Dijk kerap menjadi pemimpin bagi rekan setimnya di lapangan.

4 dari 11 halaman

Man City

Man City dipastikan mengalami pergantian kapten tim. Ilkay Gundogan memimpin skuad The Citizens dengan torehan gemilang meraih treble winner musim lalu.

Tapi Gundogan sudah pergi dan bergabung ke Barcelona. Pep Guardiola jelas akan memilih penggantinya sebagai pemimpin baru Man City.

Ada banyak pilihan, mulai dari Rodri, Kevin de Bruyne, Ruben Dias, dan Kyle Walker yang akan mengambil alih. Meski nama terakhir mungkin tidak akan berada di Etihad musim depan karena dirumorkan ke Bayern Munchen.

5 dari 11 halaman

Chelsea

Chelsea belum memiliki kapten resmi untuk mengarungi persaingan di musim 2023/2024. Cesar Azpilicueta telah hijrah ke Atletico Madrid, membuat The Blues segera menentukan siapa pemimpin di atas lapangan.

Setelah Azpilicueta cabut, maka Chelsea segera memutuskan sosok kapten yang baru. Ada sejumlah kandidat seperti Ben Chilwell, Thiago Silva, atau Enzo Fernandez.

Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino mengatakan bahwa dia tidak akan terburu-buru menunjuk kapten baru di timnya. Namun melihat dulu semua pemainnya selama pramusim.

Chelsea akan bentrok melawan Liverpool pada pembukaan Liga Inggris 2023/2024 pada 13 Agustus mendatang. Satu di antara kandidat yang menarik, ada nama Ben Chilwell.

6 dari 11 halaman

Crystal Palace

Sama halnya dengan Chelsea, Crystal Palace saat ini tanpa kapten. Kepergian Luka Milivojevic berarti akan menjadi tugas Roy Hodgson untuk mencari penggantinya.

Pilihan yang jelas untuk menggantikan Milivojevic adalah trio pertahanan Joel Ward, Marc Guehi dan Joachim Andersen. Nama pertama mungkin yang paling cocok untuk peran tersebut karena pengalaman di Crytal Palace.

7 dari 11 halaman

Sheffield United

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sheffield United (@sheffieldunited)

Tim promosi Sheffield United dipastikan akan mempunyai kapten baru di Liga Inggris 2023/2024. Sebab mereka baru saja ditinggalkan Billy Sharp, yang membuat The Blades belum memiliki kapten resmi.

Bek tengah Irlandia John Egan diharapkan untuk mengambil alih peran kapten. John Egan sudah lama bersama Sheffield United, termasuk terakhir kali mereka berada di Liga Inggris dan merupakan pemain penuh pengalaman.

8 dari 11 halaman

Tottenham Hotspur

Kiper Hugo Lloris secara teknis masih menjadi kapten Tottenham Spurs, tetapi ada kemungkinan ingin pindah di musim panas ini. Sementara wakil kapten, Harry Kane juga bisa keluar dengan pergi ke Bayern Munchen.

Jika kedua bintang Tottenham pergi, maka manajer Spurs Ange Postecoglou mungkin akan menentukan kapten baru antara Cristian Romero, Eric Dier dan Ben Davies.

9 dari 11 halaman

West Ham

West Ham telah ditinggalkan gelandang sekaligus kaptennya, Declan Rice ke Arsenal. Membuat pelatih David Moyes harus menunjuk kapten baru.

Ada sejumlah kandidat yang mampu menggantikan Rice, di antaranya; Angelo Ogbonna, Tomas Soucek, Lukasz Fabianski dan Aaron Cresswell.

10 dari 11 halaman

Wolverhampton

Wolverhampton menjadi tim terakhir di daftar ini yang perlu segera menunjuk kapten baru. Sebab Conor Coady dan Ruben Neves sebagai kapten musim lalu, kini sudah pergi ke klub lain.

Mantan manajer Wolves, Bruno Lage sebelumnya berbicara tentang potensi kapten Max Kilman, meskipun pelatih saat ini, Julen Lopetegui mungkin memiliki gagasan lain tentang siapa kapten berikutnya.

Sumber: 90min

11 dari 11 halaman

Nikmati Sajian Premier League di Emtek

Selama dua tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer