Sukses


7 Gelandang Terbaik dalam Sejarah Liga Inggris: Ada Gerrard, Lampard, sampai Trio MU Masuk Daftar

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris telah menjadi rumah bagi pesepak bola top dunia. Termasuk beberapa gelandang terhebat yang pernah bermain di sana.

Peran gelandang tim Liga Inggris begitu krusial. Mereka bisa menjadi pengumpan andal, bahkan pencetak gol ulung meski dari lini kedua.

Liga Inggris yang kompetitif menjadikan banyak gelandang hebat bermunculan di setiap klub kontestan. Terutama pada era 90-an hingga setelah memasuki milenium baru.

Sebagain dari pemain sukses menjadi ikon atau legenda di tim masing-masing karena kehebatan yang ditunjukkan. Sebut saja era Steven Gerrard atau Frank Lampard, sampai terkini ada pada Kevin De Bryune,

Pagi pecinta sepak bola Liga Inggris, tentu akan mengenal nama Ben Foster. Kiper yang pernah melanglang buana di sejumlah klub Inggris ini mengakui ada tujuh gelandang terbaik yang pernah ada di kompetisi itu.

Foster telah bermain di Liga Inggris selama bertahun-tahun dan musim lalu bermain di Wrexham. Tentunya bermain melawan beberapa gelandang terbaik yang pernah ada. Yuk simak siapa saja di dalam daftarnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Ryan Giggs

Nama Ryan Giggs pernah dikenal sebagai gelandang sayap kiri terbaik yang pernah ada. Kesuksesannya bersama Manchester United selama 22 musim menjadi bukti.

Pemain asal Wales ini memiliki assist terbanyak dalam sejarah liga (162) dan penampilan terbanyak kedua di belakang Gareth Barry (632).

Dia juga mengangkat trofi sebanyak 13 kali dan masuk dalam Team of the Year Premier League sebanyak enam kali.

3 dari 8 halaman

2. Gareth Bale

Gareth Bale menghasilkan musim yang tak terlupakan pada 2012/2013 bersama Tottenham, mencetak 21 gol dalam 33 penampilan Liga Inggris. Hingga akhirnya ia pergi ke Real Madrid dengan kesepakatan 85,3 juta pounds.

Gareth Bale telah menghabiskan enam musim di White Hart Lane (markas lama Spurs). Tapi tiga musim terakhir di Spurs membuatnya mencetak 37 gol dan menjadi bintang terbesar di dunia sepak bola.

Dia mungkin tidak memenangkan trofi di Tottenham tetapi dia berhasil mendapatkan Player of the Year Premier League untuk musim 2012/13, serta tiga kali masuk kandidat di musim berbeda.

4 dari 8 halaman

3. Roy Keane

Roy Keane sering dinilai sebagai gelandang bertahan yang tangguh, tetapi dia jauh lebih dari itu.

Dia bermain satu musim bersama Nottingham Forest sebelum pindah ke Man United. Setelah gabung di Old Trafford dia menjadi salah satu gelandang terbaik dalam sejarah Liga Premier.

Keane bermain selama 12 setengah musim di klub sebelum keluar begitu saja setelah berselisih dengan Sir Alex Ferguson. Namun selama waktunya di United, Keane memimpin klub tersebut meraih tujuh gelar liga dan menjadi kapten terhebat yang pernah ada.

5 dari 8 halaman

4. Steven Gerrard

Banyak penggemar akan menempatkan Steven Gerrard di urutan pertama sebagai gelandang terbaik versi Ben tetapi Foster.

Faktanya karena Gerrard tidak memenangkan gelar Premier League. Tapi secara individu, Gerrard bisa melakukan segalanya. Menjadi gelandang bertahan, operan yang ciamik, tekel bersih, sampai bisa mencetak semua jenis gol.

Dia bermain lebih dari 500 kali di liga untuk Liverpool, mencetak 120 gol.

6 dari 8 halaman

5. Frank Lampard

Sosok Frank Lampard mungkin bukan pemain serba bisa seperti Gerrard tetapi ada sejumlah statistik yang membuatnya masuk sebagai gelandang terbaik pilihan Ben Foster.

Selama kariernya mebela West Ham, Chelsea dan Man City, Lampard membuat 609 penampilan di Premier League. Hanya tiga pemain yang memainkan pertandingan lebih banyak darinya di papan atas Inggris.

Lampard punya 177 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak Chelsea. Ia memenangkan tiga gelar liga Inggris selama 13 tahun di Stamford Bridge.

7 dari 8 halaman

6. Kevin De Bruyne

Ben Foster menempatkan Kevin De Bruyne dari Man City di urutan kedua dalam daftar gelandang terhebat yang pernah ada di Liga Inggris.

"Kevin De Bruyne mungkin adalah gelandang terbaik di dunia sepak bola saat ini. Sejujurnya dia berada di level yang berbeda,” kata Ben Foster.

"Saya pikir bahkan jika Anda memiliki Scholes, Gerrard atau Lampard dalam kemegahan mereka, dan Anda menempatkan mereka melawan Kevin De Bruyne, saya masih berpikir Kevin De Bruyne lebih unggul dari mereka."

Pemain Belgia itu telah memenangkan lima gelar Liga Inggris dalam kariernya.

8 dari 8 halaman

7. Paul Scholes

Inilah sosok gelandang terbaik di Premier League menurut Ben Foster. Ya, Paul Scholes memenangkan 11 Liga Premier, bermain hampir 500 kali untuk Man United. Namun, dia hanya membuat dua PFA Team of the Year.

Menurut Foster, mungkin dia diremehkan ketika di atas lapangan,tapi  melihat ke belakang, tidak dapat disangkal bahwa Scholes adalah salah satu gelandang terhebat di generasinya.

Foster sekali lagi menegaskan bahwa Scholes adalah yang terbaik dalam sejarah Premier League.

Sumber: Give Me Sport

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer