Sukses


10 Pemain Terbaik Inggris : Ada Gontok-gontokan para Bintang MU, Pantas Saja Cuma Sedikit

Bola.com, Jakarta - Tanah Inggris telah melahirkan banyak pemain berstatus legenda. Mereka berhasil menghiasi nuansa sepak bola di beberapa kawasan, tak sekadar di rumah sendiri.

Mereka berstatus penerima Ballon d'Or hingga juara Eropa, banyak ikon legendaris yang mengenakan jersey Timnas Inggris. Pemain seperti David Beckham, Alan Shearer, dan Paul Gascoigne, punya 'cita rasa' sebagai talenta terbaik, meskipun mereka belum pernah memenangkan Piala Dunia.

Tentu saja para pahlawan pemenang Piala Dunia 1966, akan selalu mendapat tempat dalam lembaran sejarah. Lantas, siapa-siapa saja pemain Inggris terhebat sepanjang masa?.

Bild, menyebutkan ada 10 pemain Inggris terbaik yang pernah ada. Satu yang pasti, asal klub mereka beragam, tak hanya dari MU, Liverpool, Chelsea atau Arsenal semata.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

Sir Geoff Hurst

Dia adalah satu di antara pencetak gol terhebat yang pernah beroperasi dengan jersey Timnas Inggris. Mantan striker ini adalah satu dari dua pemain dalam sejarah yang mencetak hat-trick di final Piala Dunia 1966.

Status pencetak trigol baru bisa disamai dengan superstar asal Prancis, Kylian Mbappe di panggung Piala Dunia 2022. Hurst membawa Timnas Inggris meraih kejayaan di Piala Dunia 1966.

Kala itu, ia berjuang dengan cara yang mendebarkan melawan Jerman Barat di kandang sendiri. Hasil mewah tersebut menandai pencapaian olahraga terbesar dalam sejarah Inggris.

 

3 dari 11 halaman

Paul Gascoigne

Paul Gascoigne punya aura berbeda, yang membuat orang menyematkan panggilan khusus kepadanya, 'Gazza'. Gascoigne membuat 57 penampilan bersama Timnas Inggris, dan mencetak 10 gol.

Gelandang ini memainkan peran penting dalam kampanye Piala Dunia 1990. Sayang, ia harus keluar lapangan pada babak semifinal setelah mendapat kartu kuning kedua melawan Jerman Barat.

Meskipun tergelincir di semifinal, ia membuktikan dirinya sebagai favorit penggemar. Gascoigne bermain untuk Tottenham, Newcastle, Rangers, Middlesbrough, Everton dan Burnley, sebelum pensiun dari sepak bola pada 2004.

 

4 dari 11 halaman

Jimmy Greaves

Nama tersebut tak asing lagi, karena juga berstatus legenda bagi klub asal London, Tottenham, Jimmy Greaves adalah anggota dari skuad Inggris yang memenangkan Piala Dunia.

Berbekal 194 gol dalam 249 penampilan, ia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Spurs. Namun, catatan itu berubah ketika Harry Kane memecahkan rekornya awal tahun ini.

Ia juga masih menjadi pencetak gol terbanyak Inggris dengan torehan 44 gol dari 57 penampilan timnas. Greaves meninggal dunia dua tahun lalu pada usia 81 tahun.

 

5 dari 11 halaman

Gary Lineker

Legenda Leicester, Gary Lineker, berada di urutan berikutnya dalam daftar. Ketika ditanya apakah dia senang dengan posisi 10 besar, dia bercanda: "Kalau peringkat 6 dan 7 ditukar ya."

Ia mencetak 48 gol dalam 80 penampilan bersama Timnas Inggris. Kini, ia masih berada di layar kaca, meskipun sudah tak lagi di lapangan, melainkan berstatus pundit.

 

6 dari 11 halaman

Alan Shearer

Di peringkat enam adalah rekan Lineker dalam program khusus 'Match of the Day', Alan Shearer. Ia masih berstatus pencetak gol terbanyak sepanjang masa di pentas Premier League.

Legenda Newcastle United ini mencetak 260 gol di divisi teratas dalam 441 penampilan. Dia juga memenangkan gelar Liga Inggris pada 1995 bersama Blackburn Rovers.

Ia juga menjadi bagian skuad Timnas Inggris yang sempat menjanjikan di Piala Dunia 1998.

 

7 dari 11 halaman

Sir Stanley Matthews

Pemenang Ballon d'Or, Sir Stanley Matthews layak menjadi legenda setelah membuat 54 penampilan bersama Timnas Inggris. Legenda asal Blackpool ini juga memenangkan Piala FA pada 1953.

 

8 dari 11 halaman

David Beckham

Gelandang tampan ini memenangkan enam gelar Liga Inggris dan sekali di panggung Liga Champions bersama MU selama berada di Old Trafford. Setelah itu, ia hengkang ke raksasa Eropa asal Spanyol, Real Madrid.

Ia menjadi favorit penggemar ketika masuk skuad Timnas Inggris. Namun, ia dengan cepat menjadi musuh publik ketika keluar dari lapangan saat pertandingan babak 16 besar melawan Argentina di Piala Dunia 1998.

Meski mengalami kemunduran, ia diangkat menjadi kapten Inggris hanya dua tahun kemudian. Kini, Beckham masih aktif, dan menjadi satu di antara pemilik saham klub peserta Major League Soccer (MLS), Inter Miami.

 

9 dari 11 halaman

Gordon Banks

Tepat di depan Beckham adalah ikon Leicester, Gordon Banks. Sang kiper berada di bawah mistar gawang pada final Piala Dunia 1966.

Kala itu, beragam aksi heroiknya membantu Timnas Inggris meraih kejayaan. Di dalam negeri, bintang kelahiran Sheffield ini mencatatkan 240 penampilan untuk Leicester City dan 79 laga bersama Stoke City.

 

10 dari 11 halaman

Bobby Moore

Legenda West Ham dan bisa dibilang bek terhebat dalam sejarah Timnas Inggris. Situasi itulah yang melekat kepada Bobby Moore, yang dianggap publik sebagai pemain Inggris terbaik kedua sepanjang masa.

Dia menjadi kapten Timnas Inggris, yang meraih satu-satunya gelar Piala Dunia dan menjadi pusat perhatian di Wembley. Moore, yang meninggal secara tragis pada usia 51 tahun, adalah pemain yang mencatatkan lebih dari 100 penampilan bersama tim nasional.

 

11 dari 11 halaman

Sir Bobby Charlton

Publik menganggap Bobby Charlton sebagai talenta Inggris terhebat sepanjang masa. Sir Bobby meninggal beberapa waktu lalu setelah tiga tahun berjuang melawan demensia.

Penghormatan dari seluruh dunia sepak bola mengalir untuk legenda MU dan Timnas Inggris tersebut. Banyak yang memujinya sebagai pemain Inggris terhebat sepanjang masa.

Sang gelandang sempat menjadi atensi dunia kala selamat dari bencana udara di Munchen pada 1958. Ia mencetak 199 gol bersama MU dalam 584 penampilan. Dia juga membuat 106 penampilan untuk Inggris.

Sumber : The Sun

Video Populer

Foto Populer