Sukses


9 Statistik yang Buktikan MU Terjun Bebas sejak Ferguson Pensiun: Bukan Tim yang Menakutkan Lagi

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) kesulitan mempertahankan status sebagai tim kuat di Premier League sejak Sir Alex Ferguson meninggalkan klub. Statistik berikut merangkum penurunan drastis Setan Merah sejak Ferguson pensiun.

Ferguson meninggalkan kursi manajer MU pada akhir musim 2012/2013. Pada musim terakhirnya di Old Trafford, MU dibawanya meraih gelar Liga Inggris.

Fans MU mungkin tak menduga sejak itu trofi juara Liga Inggris tak akan datang lagi ke Old Trafford dalam waktu lama. Sudah 10 tahun Red Devils puasa gelar Premier League. 

Beberapa manajer telah menduduki kursi panas pada era pasca-Ferguson. Meskipun ada beberapa pencapaian dalam perjalanannya, mereka selalu kesulitan mencapai standar seperti di era Ferguson. 

David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, Ole Gunnar Solskjaer, Ralf Rangnick, dan Erik ten Hag pernah mencicipi kursi panas yang ditinggalkan Ferguson. Namun, masalah silih berganti datang, sebaliknya trofi Liga Inggris tetap menjauh. 

Berikut ini sembilan statistik mengejutkan yang menandai penurunan tajam MU sejak ditinggal Ferguson pada 2013. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Statistik Bapuk MU

Manchester United kini telah kalah 34 kali dalam pertandingan kandang Liga Inggris sejak Sir Alex Ferguson pensiun. Jumlah itu sebanyak yang mereka alami selama 26 tahun masa jabatan Ferguson di klub.

MU menelan kekalahan separuh dari pertandingan mereka di Premier League musim ini, yaitu sebanyak lima kali. Ini menjadi kekalahan terbanyak mereka dari 10 pertandingan pembuka liga sejak 1986/1987.

Mantan pemain gagal Manchester United Bebe telah mencetak lebih banyak gol liga pada 2023/2024 (dua) daripada gabungan Marcus Rashford, Alejandro Garnacho, Rasmus Hojlund, Antony, Anthony Martial, dan Jadon Sancho.

 --

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

3 dari 5 halaman

Statistik Memalukan MU

Manchester United hanya sekali mengumpulkan lebih dari 80 poin dalam satu musim sejak Ferguson pensiun. Selama masa Ferguson di Old Trafford, United finis dengan 80 poin atau lebih dalam 16 kesempatan. 

Gol terbanyak yang dicetak MU pasca-Ferguson adalah 73 pada musim 2020/2021. Saat Ferguson menjadi pelatih, Red Devils mencetak 73 gol atau lebih dalam 15 musim berbeda.

Selama era Premier League, MU finis di empat besar selama 21 musim berturut-turut di bawah asuhan Ferguson. Sejak kepergiannya, United finis di luar empat besar dalam lima dari 10 musim terakhir.

 

 

4 dari 5 halaman

Statistik Buruk MU

Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal dan Tottenham semuanya mengumpulkan poin lebih banyak sejak Ferguson pensiun dibandingkan MU.

Manchester United saat ini diproyeksikan menyelesaikan musim ini dengan raihan 57 poin, yang akan menjadi koleksi poin terendah mereka di era Premier League.

Di era Liga Inggris, Ferguson hanya kalah lebih dari lima pertandingan liga dalam delapan kesempatan. Dalam sembilan dari 10 musim terakhir MU, mereka telah kalah lebih dari lima pertandingan liga dan kalah lima kali sepanjang musim ini.

 

Sumber: Planet Football

Selama dua tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer