Sukses


Kesal Harus Absen Bela Arsenal Cukup Lama, Takehiro Tomiyasu Kritik Jadwal Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Bek Arsenal, Takehiro Tomiyasu, menyerukan agar jadwal Piala Asia 2023 dan Piala Afrika 2023 digeser ke akhir musim kompetisi domestik Eropa atau pada musim panas 2024. Hal itu diserukannya karena ia terancam harus absen lama membela The Gunners karena harus memperkuat Timnas Jepang.

Kedua turnamen, masing-masing di Asia dan Afrika, berlangsung pada Januari 2024. Jadwal itu memaksa para pemain yang berkompetisi di Eropa harus pergi meninggalkan klubnya selama beberapa pekan.

Piala Asia, yang akan diikuti Tomiyasu bersama Timnas Jepang, sudah berlangsung selalu pada Januari sejak 2011. Pada awalnya, turnamen kali ini dijadwalkan digelar pada musim panas 2023 di China. Namun, karena dampak COVID-19, turnamen digelar di Qatar pada Januari 2024.

Turnamen Piala Asia ini dipindahkan ke Januari karena cuaca panas di Timur Tengah. Edisi 2027 diperkirakan juga akan dimainkan pada waktu yang sama, karena Arab Saudi adalah tuan rumahnya.

2 dari 5 halaman

Kritik Tomiyasu

 

Menurut Tomiyasu, Piala Asia harus digeser ke Juni dan dimainkan pada saat yang sama ketika Eropa akan menjadi tuan rumah turnamen kontinentalnya sendiri.

"Saya ingin Piala Asia dimainkan pada Juni, sama seperti Euro," cetus Tomiyasu kepada Standard Sport.

"Saya tidak tahu mengapa kami bermain pada Januari. Itu tidak bagus untuk para pemain. Namun, itulah yang terjadi dan saya akan berusaha untuk kembali dengan gelar juara," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Incar Gelar Kelima

 

Timnas Jepang, yang sedang berusaha untuk meraih gelar Piala Asia kelima, akan memulai kampanye mereka pada tanggal 14 Januari 2024, dengan melawan Vietnam.

Sebelumnya, penyerang Liverpool, Mohamed Salah, berharap timnya dapat bermain dengan baik tanpa dirinya di Premier League. Salah akan bermain untuk timnas Mesir, salah satu kandidat utama untuk mengangkat Piala Afrika musim ini.

Saat ini, Liverpool memimpin klasemen Liga Inggris dengan 45 poin, sementara Arsenal berada di posisi keempat dengan 40 poin.

4 dari 5 halaman

Arsenal Terancam Ditinggal Lama

Arsenal merupakan salah satu pesaing utama untuk memenangkan Premier League musim ini. The Gunners akan kehilangan Mohamed Elneny (Mesir), Takehiro Tomiyasu (Jepang), saat Liga Inggris yang sedang berlangsung saat ini sedang dalam masa-masa genting.

Tim asuhan Mikel Arteta terancam ditinggal Tomiyasu selama enam pertandingan, termasuk empat pertandingan Premier League, jika Jepang melaju hingga ke babak final Piala Asia 2023 di Qatar.

Sumber: Standart Sport

Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan, published 4/1/2024)

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer