Sukses


6 Pemain Liverpool yang Nikmati Kebangkitan Menakjubkan Musim Ini: Jangan Buru-buru Dicibir Dong

Bola.com, Jakarta - Beberapa pemain kunci Liverpool dipertanyakan kemampuannya menjelang bergulirnya kompetisi musim 2023/2024. Namun, sebagian dari mereka berhasil membungkam keraguan. 

Para pemain Liverpool tersebut menikmati kebangkitan yang menakjubkan pada musim 2023/2024. 

Padahal, ada dari beberapa pemain tersebut yang awalnya diyakini masa keemasannya sudah lewat karena penampilan buruk The Reds pada musim 2022/2023. Bahkan, ada yang menyebut mereka sudah tidak pantas menjadi tulang punggung klub.

Ada pemain yang memutuskan pindah setelah mendapat kritikan pedas, satu di antaranya Jordan Henderson. Tetapi beberapa pemain lain bertahan dan akhirnya membuktikan diri. 

Berikut ini enam pemain Liverpool yang menikmati kembalinya performa terbaik pada musim 2023/2024.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Virgil van Dijk

Banyak yang berspekulasi kapten Liverpool ini akan kembali menjadi salah satu bek tengah terbaik di Premier League. Ternyata prediksi itu benar.

Silakan saja menengok statistik penampilan pemain Belanda itu di Liverpool musim ini. 

3 dari 7 halaman

2. Joe Gomez

Masalah cedera membuat Gomez hanya berperan sebagai pemain cadangan di antara beberapa musim paling dominan di Liverpool pada era Jurgen Klopp. Sementara itu, ia kesulitan tampil meyakinkan setelah mendapat peningkatan waktu bermain di tengah kesulitan klub pada musim 2022/2023.

Kini cedera yang dialami bek-bek utama mengharuskan pemain berusia 26 tahun itu berperan lebih. Ia bisa berperan sebagai bek kiri, bek kanan, atau bek tengah, serta sangat solid dan jarang melakukan kesalahan.

Dia juga semakin dekat dengan gol pertama Liverpool yang telah lama ditunggu-tunggu. Kita hampir bisa mencium baunya.

4 dari 7 halaman

3. Trent Alexander-Arnold

Kemajuan besar Liverpool pada musim ini menunjukkan kelemahan pertahanan musim lalu lebih bersifat sistemik. Intinya, bek-bek The Reds terekspos oleh tekanan lini tengah, dibandingkan dengan kekurangan individu.

Bahkan penggemar Alexander-Arnold pun tidak akan mengklaim sanga pemain adalah bek satu lawan satu terhebat di dunia. Namun, pada musim ini dia sangat jarang dipinggirkan. 

“Saya tidak terlalu peduli di mana posisi Trent dalam daftar tim,” kata Carragher tentang penampilan luar biasa Alexander-Arnold di lini tengah pada pekan-pekan terakhir musim 2022/203.

“Saya ingin melihatnya menguasai bola. Jika dia menguasai bola di area tersebut, apakah dia bermain di lini tengah, bek sayap, bek sayap, atau di kanan dari tiga pemain tengah, di sana sangat sedikit pemain di sepak bola yang bisa menandinginya."

“Klopp dan Liverpool harus menemukan cara untuk memanfaatkan kekuatannya, seperti yang telah mereka lakukan selama empat atau lima tahun terakhir memasangnya sebagai bek sayap," imbuh Carragher. 

Sejak saat itu, ia kembali bermain di posisi bek kanan. Namun Liverpool telah menetapkan sistem yang dapat mengkompensasi kelemahan pertahanannya, sambil memanfaatkan bakat umpan silang dan playmaking-nya yang luar biasa. Musim lalu hanya sekejap.

5 dari 7 halaman

4. Darwin Nunez

“Bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika Anda mengunci Nunez di sebuah ruangan dan memberinya sebuah kubus Rubik? Dia mungkin memakannya,” kata salah satu pengguna aplikasi media sosial X dengan cemerlang.

Striker Uruguay itu masih menjadi teka-teki. Sulit mengatakan dia adalah gambaran konsistensi penyelesaian akhir yang mematikan. Tidak ada pemain yang melewatkan peluang besar lebih banyak dibanding Nunez di Premier League musim ini.

Namun, Erling Haaland yang menduduki puncak kategori tersebut musim lalu. Kini, pemain asal Norwegia itu hanya tertinggal satu poin dari Nunez dalam kategori tersebut pada musim 2023/2024. Mendapatkan begitu banyak peluang besar, meski gagal, menunjukkan pergerakan dan naluri menyerang seorang striker papan atas.

Nunez jelas mengalami kemajuan dibandingkan musim lalu. Dia masih bisa membuat frustrasi, bahkan menjengkelkan, tapi sangat efektif. Dengan dua golnya melawan Bournemouth, ia menjadi pemain Premier League pertama yang mencetak dua digit gol dan assist di semua kompetisi musim ini.

6 dari 7 halaman

5. Curtis Jones

Seperti layaknya pemain akademi mana pun yang berhasil masuk ke tim utama, Jones mengalami pasang surut. Sekarang mendekati tahun-tahun puncaknya, dengan lebih dari seratus penampilan untuk klub masa kecilnya.

Musim lalu Jones mencatatkan beberapa penampilan buruk, di tengah Liverpool yang kesulitan. Musim ini, Jones tampaknya berkembang di bawah tekanan dan semakin matang sebagai seorang gelandang.

Dia bisa bertahan di tengah persaingan mendapatkan tempat reguler di lini tengah Jurgen Klopp. 

“Perkembangannya berjalan seiring dengan perkembangan yang dialami tim,” kata asisten pelatih Pep Lijnders kepada wartawan pada Desember 2023.

“Dia selalu muncul, dialah pemain yang benar-benar memimpin dengan bola dan tanpa bola. Kami sangat senang dan bangga dia bisa memberikan begitu banyak dorongan di setiap pertandingan.”

7 dari 7 halaman

6. Diogo Jota

Penyerang asal Portugal itu kesulitan karena cedera pada musim 2022/2023, yang membuatnya hanya tampil 12 kali sebagai starter di Premier League.

Dia merasa frustrasi karena harus absen lagi musim ini. Tapi dia tampil luar biasa saat fit. Jota telah menyamai jumlah golnya di liga, yaitu tujuh gol dari keseluruhan musim lalu.

Dengan absennya Mohamed Salah, dan sejumlah pemain kunci lainnya, saat bertandang ke Bournemouth, Jota menjadikan dirinya jimat Liverpool. Dia menghasilkan penampilan man of the match, mencetak dua gol dan satu assist.

Ketersediaan Jota terbukti sangat penting saat Liverpool mendekati musim semi untuk mengejar empat trofi.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer