Sukses


Bikin Heboh Masyarakat, 5 Laga Sepak Bola yang Paling Banyak Ditonton dalam Sejarah Televisi Inggris

Bola.com, Jakarta - Kompetisi apa yang paling banyak jumlah penontonnya di seluruh dunia? Jawabannya bisa jadi Liga Inggris. Ajang yang sudah ada sejak musim 1992/1993 ini disebut-sebut masih menjadi ajang persaingan paling sengit dan menarik perhatian penonton.

Di Inggris, stadion-stadion selalu penuh sesak setiap kali Liga Inggris dihelat. Terlebih jika laga bertajuk 'big match'. Guna dapat menyaksikan langsung pertandingan, penonton harus memesannya jauh-jauh hari.

Selain Arsenal dan Manchester City, pertandingan yang melibatkan Chelsea, Manchester United, dan Liverpool, termasuk di antara yang berada di urutan teratas dalam hal jumlah penonton.

Tak bermaksud menafikan La Liga (Spanyol), Bundesliga (Jerman), dan Serie A (Italia), Liga Inggris memiliki penggemar terbanyak di bawah kolong langit. Selain Liga Inggris, pertandingan Timnas Inggris juga ternyata tak lepas dari perhatian banyak pihak.

Sejarah mencatat, siapa pun lawan 'Three Lions', duel tersebut pastinya menyedot atensi penonton, baik langsung di stadion atau via layar kaca. Nah, sekarang yuk kita lihat jumlah penonton terbanyak yang melibatkan klub Liga Inggris dan timnas Inggris yang pernah tersaji dalam sejarah sepak bola modern ;

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

2 dari 6 halaman

Inggris Vs Jerman (Semifinal Euro 96 ; 23,8 Juta)

Euro 96 menandai kebangkitan sepak bola Inggris di mata publik. Timnas Inggris asuhan Terry Venables melaju ke semifinal. Di Wembley, musuh bebuyutan Jerman menghalangi mereka mencapai final.

Lebih dari 23 juta orang menyaksikan pertandingan tersebut. Mereka menonton satu di antara kekalahan Inggris yang paling berkesan dan memilukan. Maklum, ada beberapa momen yang membuat fans Inggris gemas, seperti tendangan Darren Anderton yang membentur tiang di perpanjangan waktu hingga aksi Gazza yang hampir mengirim mereka ke final.

Pada akhirnya, momen kegagalan penalti Gareth Southgate menjadi kenangan buruk yang akan selalu ada dalam sejarah Inggris.

 

3 dari 6 halaman

Liverpool Vs Club Brugge (Final Piala Champions 1978 : 23,9 Juta)

Pertandingan Liverpool yang paling banyak ditonton dalam sejarah televisi Inggris. Hampir 24 juta orang duduk menyaksikan pasukan Bob Paisley menghadapi juara Belgia di Wembley.

Gol Kenny Dalglish menjadi pembeda malam itu, dengan kemenangan 1-0 Liverpool diiringi suara Brian Moore di ITV. Kala itu, sang komentator ikonik ditemani sahabat Ian John dan Tommy Smith.

Momen tersebut menjadi tahun kedua berturut-turut bagi Liverpool mengangkat Si Telinga Besar.Kala itu, adalah tahun paling banyak ditonton dari enam kemenangan bersejarah mereka di Piala Champions.

 

4 dari 6 halaman

Leeds United Vs Bayern Munchen (Final Piala Champions 1975 : 24,2 Juta)

Momen ini selalu mendapat tempat di hati para penggemar Leeds United. Hasil di sinilah yang membuat mereka sampai saat ini masih bisa menyerukan "Kami adalah juara, juara Eropa”.

Lebih dari 24 juta orang menyaksikan satu di antara pertandingan paling kontroversial dalam sejarah sepak bola Inggris. Bayern Munchen, yang menampilkan Franz Beckenbauer, Uli Hoeness dan Gerd Muller, keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0.

Fans Leeds United tak akan pernah lupa, Bayern Munchen mendapat keuntungan dari beberapa keputusan wasit Michel Kitabdijan. Oleh karena itulah, para penggemar Leeds selalu menyerukan kalau mereka adalah sang juara sejati.

 

5 dari 6 halaman

Manchester United Vs Benfica (Piala Champions 1968 : 26 Juta)

Pertandingan dengan jumlah mata penonton terbanyak dalam sejarah Manchester United kala itu, serta Piala Champions. Ada lebih dari 26 juta orang menyaksikan David Coleman memperkenalkan edisi khusus Grandstand langsung dari Wembley.

Sepuluh tahun setelah bencana udara Munich, tim asuhan Matt Busby meraih kemenangan di Eropa. Mereka melewati perjuangan via perpanjangan waktu melawan juara Portugal, Benfica.

Pada akhirnya, MU menjadi yang terbaik melalui serangkaian gol dari George Best, Brian Kidd, dan Bobby Charlton.

 

6 dari 6 halaman

Inggris Vs Jerman Barat (Semifinal Piala Dunia 1990 : 26,2 Juta)

Momen sedih kembali menyertai aksi Timnas Inggris, padahal puluhan juta penonton menyaksikan. Lebih dari tiga kali penduduk London menyaksikan Gazza menangis.

Latarnya, ia mendapat kartu kuning yang membuatnya absen di final. Sayang, penyesalan Gazza berakhir dengan kesedihan seluruh Inggris. Mereka gagal melaju ke final Piala Dunia 1990 setelah tersingkir via adu penalti.

Sumber: Planetfootball

Video Populer

Foto Populer