Sukses


5 Duel dengan Jumlah Penonton Layar Kaca Terbanyak Dalam Sejarah Terkait Timnas dan Klub Inggris

Bola.com, Jakarta - Tim raksasa asal Inggris dan Italia memiliki barisan penonton fanatik di seluruh dunia. Situasi tersebut selaras dengan apa yang terjadi dengan timnas Dua negara tersebut.

Satu di antara klub yang saat ini sedang mendapat sorotan adalah Inter Milan. La Beneamata boleh jemawa karena ada di puncak klasemen sementara Serie A 2023/2024. Mengemas 57 poin hasil 22 laga, Inter mengepak 57 poin.

Tim besutan Simone Inzaghi sukses mengungguli dua rival terdekat, yakni Juventus (53 poin) dan AC Milan (53). Jika bisa tampil konsisten, bukan tak mungkin gelar musim ini menjadi milik tim asal kota mode itu.

Sukses Lautaro Martienez dkk. tak lepas dari suntikan semangat yang diberikan publik Giuseppe Meazza. Ya! Setiap kali tim kesayangan melakoni laga kandang, puluhan ribu pendukung setia selalu hadir di stadion tua yang memiliki kapasitas tempat duduk 80.018 itu.

Tak hanya di Giuseppe Meazza, jutaan pemuja setia di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, rela meluangkan waktu guna menonton secara live setiap kali Inter bertarung. Selain Inter Milan, hal yang sama juga dilakukan fans lainnya. Menyaksikan langsung ke stadion atau menonton via layar kaca sudah semacam "ibadah" yang wajib dilakukan.

 

2 dari 7 halaman

Magnet Sepak Bola

Sepak bola memang memiliki magnet yang sangat luar biasa, bahkan jika dibandingkan dengan cabang olahraga lainnya. Di level timnas, penonton lebih gokil lagi. 

Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar lalu misalnya, ribuan suporter setia rela mengantre berjam-jam untuk memberikan dukungan bagi tim asuhan Shin Tae-yong. Di Tanah Air, ratusan juta pasang mata tak lepas dari layar kaca. Sayang, langkah Indonesia terhenti di babak 16 besar usai digiling Australia 0-4. 

Dalam sejarahnya yang panjang, sepak bola memang tak pernah lepas dari penonton. Beberapa di antaranya tercatat dalam sejarah televisi dengan rekor jumlah penonton. Kali ini, kita membahas singkat tentang fakta yang berkaitan dengan Inggris, baik timnas maupun klub.

3 dari 7 halaman

Inggris Vs Denmark (Semifinal Euro 2020 : 26,3 Juta)

Timnas Inggris kembali melakoni laga yang menjadi magnet bagi publik, dan lagi-lagi terjadi Stadion Wembley. Sekadar catatan, tujuh dari 10 pertandingan terhebat Tiga Singa dimainkan di stadion ikonik tersebut.

Kali ini, lebih dari 26 juta orang menonton saat Inggris mengakhiri penantian 55 tahun mereka untuk mencapai final dalam sebuah Turnamen besar. Mereka merasakan semifinal yang menegangkan melawan Denmark.

Tendangan bebas Mikkel Damsgaard yang menakjubkan mengancam akan merusak pesta. Tapi, Inggris bangkit untuk memaksa pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu. 

Akhirnya, Timnas Inggris menang setelah kapten Harry Kane mencetak gol.

4 dari 7 halaman

Inggris Vs Kroasia (Semifinal Piala Dunia 2018 : 26,5 Juta)

Pertandingan sepak bola yang paling banyak ditonton di Inggris selama hampir setengah abad. Diperkirakan 80 persen dari seluruh pemirsa yang menonton TV pada saat itu menjadi saksi kekalahan Inggris dari Kroasia di Moskow.

Penonton mencapai puncaknya di perpanjangan waktu ketika Three Lions asuhan Southgate mencoba menyamakan kedudukan.

Pertandingan tersebut menjadi bagian dari langkah pondasi nan kuat Timnas Inggris di kancah international. Maklum, empat tahun kemudian, mereka tampil brilian di Piala Dunia, namun tetap tak cukup oke.

5 dari 7 halaman

Chelsea Vs Leeds (Reply Final Piala FA 1970 : 28,5 Juta)

Pertandingan ini menjadi satu di antara duel klub yang paling banyak ditonton dalam sejarah pertelevisian Inggris. Saat itu, dua klub tergolong ada di area atas, tak heran jika pertarungan berlangsung panas.

Chelsea bangkit dari ketinggalan untuk memenangkan pertandingan ulangan tersebut dengan skor 2-1. David Webb mencetak gol penentu kemenangan di perpanjangan waktu.

6 dari 7 halaman

Inggris Vs Italia (Final Euro 2020 : 31 Juta)

Kepedihan yang teramat sangat. Lebay? Tidak juga, dan itu akan menjadi jawaban ketika Anda menanyakan hal tersebut ke fans Timnas Inggris.

Kane dkk mendapat dukungan dari jutaan penonton televisi. Terbukti, statistik menunjukkan, jumlah penonton laga final Euro 2020 di televisi mencapai angka 31 Juta 

Saat itu Inggris kalah dramatis. Kegagalan eksekusi penalti Rashford, Sancho dan Saka, membuat Italia menjadi jawara. Kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal. Padahal, Inggris unggul cepat via Luke Shaw pada menit ke-2.

7 dari 7 halaman

Inggris Vs Jerman Barat (Final Piala Dunia 1966 : 32,3 Juta)

Angka yang menakjubkan jika melihat periode waktu tersebut. Asa publik Inggris sangat tinggi ketika melihat tim kesayangan mereka bermain yahud dalam perjalanan ke final.

Tercatat, lebih dari separuh penduduk negara itu menyaksikan Geoff Hurst mencetak hat-trick saat pasukan Alf Ramsey mengalahkan Jerman Barat 4-2. Kini, publik Inggris berharap negaranya bisa tampil menawan di Euro 2024 dan Piala Dunia 2026.

Sumber: Planetfootball

Video Populer

Foto Populer