Sukses


FA Berharap Gareth Southgate Tetap Menangani Inggris Setelah Euro 2024

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Inggris (FA) berharap bisa mempertahankan Gareth Southgate sebagai pelatih Timnas Inggris setelah Euro 2024. Sang pelatih belum mengambil keputusan dengan potensi bisa pergi setelah Euro 2024 atau bertahan hingga Piala Dunia 2026.

Spekulasi yang menyebut Gareth Southgate bakal meninggalkan posisi sebagai pelatih The Three Lions setelah Euro 2024 berkembang. Apalagi kontraknya dengan FA untuk menangani Timnas Inggris bakal berakhir pada Desember 2024.

Namun, pelatih berusia 53 tahun itu juga tidak menepis adanya kemungkinan tetap menjadi arsitek tim hingga putaran final Piala Dunia 2026.

"Anda harus melihat bagaimana musim panas nanti berjalan. Sesederhana itu," ujar Gareth Southgate, seperti dilansir BBC Sports, saat menghadiri drawing UEFA Nations League di Paris, Kamis (8/2/2024) waktu setempat.

"Saya tahu apa yang mampu kami capai pada musim panas nanti. Saya tahu apa yang menjadi tolok ukur kesuksesan saya. Setelah itu, saya tidak terlalu memikirkan hal lain."

"Pada akhirnya, kami harus menampilkan performa terbaik dan Anda harus membuat keputusan terbaik untuk semua orang. Saya tidak akan berada dalam posisi untuk membuat keputusan sebelum turnamen," lanjut manajer Timnas Inggris itu.

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 3 halaman

FA Puas dengan Timnas Inggris Asuhan Gareth Southgate

FA terkesan dengan cara Gareth Southgate mengubah persepsi Timnas Inggris di dalam dan di luar lapangan sejak memimpin The Three Lions.

Southgate menggantikan Sam Allardyce, yang awalnya hanya sebagai interim, pada 2016. Kemudian pada 2021, ia menandatangani kontrak untuk tetap menjadi manajer Timnas Inggris hingga Desember 2024.

Pada awal 2021, Southgate memimpin Timnas Inggris mencapai final Euro 2020, penampilan terbaik The Three Lions dalam 55 tahun, di mana mereka kalah dari Italia melalui drama adu penalti di Wembley.

Pada 2018, Southgate membawa timnya ke semifinal Piala Dunia untuk kali pertama dalam 28 tahun. Sementara The Three Lions melangkah hingga perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar, kalah 1-2 dari Prancis yang akhirnya menjadi finalis.

Timnas Inggris meraih 57 kemenangan dari 91 pertandingan di bawah asuhan Gareth Southgate, dengan 20 kali imbang dan 14 kali kalah.

3 dari 3 halaman

Menanti Setelah Euro 2024?

Kemungkinan besar tidak ada pembicaraan signifikan mengenai kontrak Gareth Southgate hingga Euro 2024 berakhir. Namun, jika sang pelatih memutuskan ingin bertahan, FA akan dengan senang hati mengakomodasi keinginan tersebut.

Jika Southgate tetap bertahan melewati hari terakhir dalam kontraknya pada saat ini, yaitu pada Desember 2024, ia akan menggeser Sir Bobby Robson sebagai manajer peringkat ketiga yang paling lama menangani Timnas Inggris, hanya kalah dari Sir Alf Ramsey dan Sir Walter Winterbottom.

Sumber: BBC Sports

Video Populer

Foto Populer