Sukses


7 Statistik Luar Biasa Bukayo Saka: Bukti Kelas Dunia Tak Terbantahkan!

Bola.com, Jakarta - Bintang Arsenal, Bukayo Saka, sudah lama dianggap sebagai salah satu pesepak bola muda paling menjanjikan. Namun, dengan performa yang diperlihatkan pada musim ini, makin jelas Bukayo Saka lebih dari sekadar potensial, tetapi pemain kelas dunia.

Sejak menembus tim utama Arsenal pada usia 17 tahun pada 2018, Bukayo Saka makin kuat dan menancapkan diri dalam budaya di Emirates Stadium. Dengan cepat Saka menjadi mercusuar harapan, dan kemudian menjadi salah satu pilar dalam kisah pembangunan besar yang dilakukan Arsenal.

Muncul sebagai bek kiri serbabisa, tak lama kemudian kualitas pemain asal Inggris ini membuatnya mampu bergerak lebih jauh ke lini depan. Meski Arsenal terus tidak stabil sebelum Mikel Arteta datang, Bukayo Saka selalu ditakdirkan untuk menjadi pemain teratas.

Enam tahun berlalu sejak debutnya, dan sekarang sulit untuk menyebutkan pemain sayap lain di dunia sepak bola yang punya konsistensi untuk menghancurkan pertahanan lawan seperti yang dilakukan oleh Bukayo Saka.

Bersama Mikel Arteta, Arsenal kembali ke papan atas Premier League dan kembali ke Liga Champions. Bukayo Saka memiliki peran yang sangat penting dalam kebangkitan itu dan sekarang bersinar, baik untuk klub dan negaranya.

Dalam usia yang baru 22 tahun, Saka telah 32 kali membela Timnas Inggris dan berkontribusi dalam terciptanya 100 gol dalam 210 penampilan bersama The Gunners.

Sejauh ini, pada musim 2023/2024, Bukayo Saka telah mencetak 13 gol dan 13 assist di semua kompetisi hanya dari 31 laga. Angka-angka tidak menjelaskan keseluruhan kisah, karena dia benar-benar senang merepotkan pemain bertahan lawan.

Melihat performa Bukayo Saka, ada tujuh statistik luar biasa yang membuktikan bahwa pemain Arsenal ini telah mencapai level kelas dunia. Berikut ulasannya:

2 dari 9 halaman

6 Gol dalam 5 Laga Premier League pada 2024

Bukayo Saka tercatat sudah mencetak enam gol dalam lima laga Premier League yang dilalui Arsenal pada 2024.

Menariknya, keenam gol tersebut tercipta dalam empat pertandingan Premier League secara beruntun.

Bukayo Saka mencetak satu gol pada kemenangan 2-1 ats Nottingham Forest dan 3-1 atas Liverpool, dan mencetak brace ketika Arsenal menang 6-0 atas West Ham United dan 5-0 atas Burnley.

3 dari 9 halaman

Mencetak 7 Gol dengan Kedua Kaki di Premier League

 

Sejak awal musim lalu, Bukayo Saka menjadi satu dari hanya lima pemain yang mencetak setidaknya tujuh gol Premier League dengan menggunakan kedua kakinya.

Hal itu diungkapkan melalui OptaAnalyst, di mana empat pemain lain yang melakukannya adalah Ollie Watkins, Mohamed Salah, Erling Haaland, dan Son Heung-min.

4 dari 9 halaman

Lebih dari 40 Gol dan 30 Assist

 

Selain itu, sejak awal musim 2021/2022, Bukayo Saka dan Mohamed Salah menjadi dua pemain di Premier League yang mampu mencatatkan lebih dari 40 gol dan 30 assist.

Boleh dibilang hanya pemain elite yang bisa melakukannya di Premier League.

5 dari 9 halaman

Kontribusi untuk 18 Gol di Premier League Musim Ini

Setelah mencetak dua gol ketika Arsenal menang telak 5-0 atas Burnley di Turf Moor, Bukayo Saka kini telah mencetak atau membantu terciptanya 18 gol di Premier League musim ini.

Selain Bukayo Saka, hanya ada tiga pemain lain yang bisa melakukannya.

6 dari 9 halaman

181 Kali Menyentuh Bola di Kotak Penalti

Bukayo Saka tercatat sudah melakukan 181 sentuhan bola ketika berada di kotak penalti lawan.

Menariknya, hanya ada dua nama yang mampu melakukan lebih baik di tujuh liga top Eropa, yaitu Viktor Gyokeres yang membuat 188 sentuhan dan Kylian Mbappe dengan 183 sentuhan.

7 dari 9 halaman

Pemain Termuda yang Mencapai 50 Gol Bersama Arsenal

 

Bukayo Saka kini menjadi pemain termuda yang mencapai 50 gol untuk Arsenal sejak Frank Stapleton pada 11978.

Catatan 50 gol itu dibuat oleh Bukayo Saka pada usia 22 tahun dan 159 hari. Bukayo Saka mendapatkannya dalam pertandingan ke-210 bersama The Gunners.

8 dari 9 halaman

Cetak Gol dalam 4 Laga Beruntun

 

Dua gol yang dicetak Bukayo Saka ketika melawan Burnley juga menjadi kali pertama dalam kariernya bisa selalu mencetak gol dalam empat pertandingan Premier League secara beruntun.

Sumber: Planet Football

9 dari 9 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer