Sukses


10 Statistik Bukti Arsenal Favorit Juara Liga Inggris Musim Ini: The Gunners Ganas Banget!

Bola.com, Jakarta - Arsenal sedang dalam performa luar biasa saat ini di Liga Inggris 2023/2024. Kemenangan demi kemenangan mereka raih sejak pergantian tahun.

Arsenal memang masih berada di urutan kedua dengan nilai 55, di bawah Liverpool dengan selisih dua angka. Namun kali ini The Gunners tidak boleh dicoret dalam persaingan merebut gelar juara.

Statistik mentereng mereka kumpulkan sepanjang musim ini. Bahkan pasukan Mikel Arteta punya catatan yang lebih baik dibandingkan tahun lalu untuk memenangkan gelar Liga Inggris.

Arsenal memiliki peluang bagus untuk meraih gelar musim lalu, tetapi akhirnya gagal meraih empat poin. Namun, statistik menunjukkan bahwa mereka memiliki peluang lebih baik untuk maju kali ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Tahun dan Semangat Baru

Sejak memasuki tahun 2024, Arsenal terlihat tak kenal lelah dengan meraih maksimal 15 poin dari lima pertandingan liga terakhirnya. Dua laga terakhir sangat mencengangkan, sebab Bukayo Saka dkk. mencetak 11 gol tanpa sekalipun kebobolan.

“Secara individu dan kolektif, tujuan mereka bermain, performa para pemain, bahkan saat skor 3-0 4-0 mereka menginginkan lebih,” kata Arteta kepada BBC Sport menyusul kemenangan mereka baru-baru ini melawan Burnley.

“Kami menciptakan persaingan di dalam skuad. Mereka senang bekerja sama, cara mereka berlatih setiap hari dan menerapkan diri mereka, dan bagaimana mereka ingin berkembang.”

“Saya harap kami bisa melakukannya [memenangkan gelar] karena kami ada di sana, tetapi ini soal konsistensi dan Anda melihat standar tim lain. Kami menginginkannya, itu pasti.”

The Gunners sedang dalam performa terbaiknya saat ini dan berikut ini adalah 10 statistik yang membuktikan bahwa mereka berada di posisi yang lebih baik dibandingkan tahun lalu untuk memenangkan gelar Liga Inggris.

Yuk simak ulasannya di bawah ini.

3 dari 6 halaman

Statistik Keren Arsenal

1. Pertahanan Arsenal mulai kuat dan sulit ditembus lawan. Terbukti bahwa pasukan Arteta menghadapi jumlah tembakan tepat sasaran dari lawan paling sedikit di Liga Inggris.

Dalam 25 pertandingan, sejauh ini mereka hanya menghadapi 59 tembakan tepat sasaran. Menariknya, tim yang menghadapi jumlah tembakan tepat sasaran paling sedikit telah memenangkan liga dalam lima musim sebelumnya.

2. Dari jumlah tembakan yang dihadapi Arsenal, hanya 26,6 persen yang tepat sasaran yang merupakan rekor terbaik di liga. Sebagai konteksnya, 39,5 persen tembakan yang mereka hadapi musim lalu tepat sasaran.

3. Dalam lima pertandingan liga terakhir mereka, Arsenal belum pernah kebobolan xG atau tekanan ke gawang, lebih tinggi dari 0,5. Tentu semakin menggambarkan betapa kukuhnya pertahanan mereka.

4 dari 6 halaman

Statistik Ciamik Arsenal

4. Sepanjang musim sejauh ini, tim Arteta hanya menghadapi xG atau serangan ke sasaran sebanyak 18 kali yang merupakan yang terendah di liga. Artinya dalam 90 menit, mereka hanya menghadapi rata-rata 0,72 shoot on target.

5. The Gunners telah mengumpulkan lebih banyak poin melawan ‘enam besar’ teratas klasemen, dibandingkan tim lain musim ini. Mereka saat ini rata-rata mencetak dua poin per game (PPG) dalam pertandingan head-to-head melawan enam besar dan itu cukup menarik. Sebagai konteksnya, mereka rata-rata mencetak 1,9 PPG di pertandingan ini musim lalu.

6. Sejak awal tahun 2024, Arsenal telah mengumpulkan 15 poin dari lima pertandingan. Tidak ada tim Premier League yang memiliki rekor lebih baik dari ini.

5 dari 6 halaman

Kedigdayaan Arsenal

7. The Gunners saat ini mencetak 0,37 gol per tembakan tepat sasaran, hanya Newcastle yang memiliki rekor lebih baik dari ini dengan 0,38 gol per tembakan tepat sasaran.

8. Arsenal telah mencetak 24 gol dari situasi bola mati musim ini (termasuk penalti). Jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak yang berhasil mereka raih dalam satu musim Premier League sejak 2004/2005.

9. Tim asuhan Arteta saat ini memiliki selisih gol terbaik di liga dengan surplus 36 gol. Sebagai konteks, selisih gol mereka pada tahap ini musim lalu adalah surplus 33.

10. Dibandingkan musim lalu, Arsenal telah mencetak dua gol lebih banyak dan kebobolan satu gol lebih sedikit, yang semakin menggambarkan peningkatan mereka.

 

Sumber: Planet Football

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Kesayanganmu Musim Ini

Video Populer

Foto Populer