Sukses


5 Tekel Horor dalam Sejarah Liga Inggris: Akibat Frustrasi Tanpa Solusi, Lawan Jadi Korban

Bola.com, Jakarta Big match yang mempertemukan Liverpool kontra Chelsea dalam lanjutan Liga Inggris 2023/2024 beberapa waktu lalu tak hanya berakhir imbang 1-1, tapi juga diwarnai tiga kartu kuning.

Menariknya, tiga kartu kuning itu semuanya menimpa pemain The Blues yakni Cole Palmer, Moisés Caicedo, dan penjaga gawang Đorđe Petrović.

Kartu kuning, bahkan kartu merah, bukan hal yang asing di kompetisi seketat Liga Inggris.

Sejak digulirkan pertama kali pada 1992, Liga Inggris bahkan diwarnai insiden yang lebih menyeramkan yaitu tekel-tekel horor.

Dalam duel, tekel-tekel horor muncul karena ada pemain yang sudah merasa frustrasi atau tak kuasa menahan emosi.

Tindakan tersebut sebenarnya dilarang keras karena melabrak sikap fair play yang seharusnya dijunjung tinggi oleh setiap pemain.

Tapi, faktanya, tekel-tekel keras yang berujung kartu merah toh kerap menodai pertandingan Liga Inggris.

Dilansir GIVEMESPORT, berikut lima tekel horor terburuk dalam sejarah Liga Inggris:

2 dari 6 halaman

Dan James (Leeds 0-3 Chelsea, 11 Mei 2022)

Saat Anda berada dalam pertarungan degradasi, Anda memerlukan pikiran yang tenang. Seorang pemimpin yang mampu membuat keputusan dengan tenang dalam situasi tersulit. Namun hal sebaliknya justru dilakukan Dan James saat Leeds berjuang menghindari degradasi di akhir musim 2022/2023.

Los blancos sangat membutuhkan poin saat menghadapi rival bersejarah mereka, Chelsea, namun mereka kalah 3-0 — dan hal tersebut sebagian disebabkan oleh tekel ceroboh James di awal pertandingan.

Saat Leeds tertinggal 1-0, James melakukan tekel mengerikan terhadap gelandang Mateo Kovacic dengan tiang terangkat.

Sangat menyakitkan untuk melihatnya, ketika James - yang sempat melakukan kontak dengan bola - melanjutkan dengan tekelnya terhadap pemain Kroasia tersebut.

Satu kakinya menginjak pergelangan kaki Kovacic dan satu lagi tepat di bawah lututnya, namun – entah bagaimana – ia berhasil lolos tanpa cedera.

 

3 dari 6 halaman

Michael Brown (Fulham 1-3 Portsmouth, 1 April 2006)

Melanjutkan tekel yang menyakitkan, Michael Brown dikeluarkan dari lapangan untuk Fulham melawan Portsmouth pada bulan April 2006 karena tekel yang mengerikan.

Baik Brown maupun Davis sama-sama mengejar bola dalam pertarungan klasik di tengah lapangan.

Terlepas dari risiko yang ada, Brown memutuskan untuk melakukan tekel dengan sekuat tenaga, hampir melompat ke dalamnya dengan dua kaki di atas tanah dan tiangnya terangkat.

Dia gagal melakukan kontak dengan bola sebelum melakukan kontak dengan kaki kanan Davis.

Entah bagaimana, Davis berhasil bermain setelah menerima perawatan, tapi itu tidak menghentikannya untuk mengeluh tentang Brown.

Dia menyarankan pemain Fulham itu mencoba mematahkan kakinya – dan dia beruntung tidak ada yang patah.

 

4 dari 6 halaman

Kevin Nolan (Newcastle 0-0 Everton, 22 Februari 2009)

Pertandingan yang berakhir 0-0 biasanya membosankan, namun tidak demikian halnya pada tanggal 22 Februari 2009 di St James' Park. Kevin Nolan diusir keluar lapangan pada menit ke-44 karena melakukan tekel sembrono terhadap striker Victor Anichebe.

Pemain Newcastle itu melakukan tekel dengan agresif, kehilangan bola namun memainkan kakinya di kaki Anichebe.

Sungguh menyakitkan untuk melihatnya — dan itu menghancurkan hidup Anichebe. Dia mengalami cedera dan harus absen selama 11 bulan karena tekelnya merusak tulang rawan di lututnya.

Itu berarti dia melewatkan final Piala FA melawan Chelsea, sementara dia memutuskan keluar dari pengadilan bersama Newcastle setelah melakukan tindakan hukum atas tekel tersebut.

Nolan memang meminta maaf, namun pemain Nigeria itu menginginkan tindakan hukum atas hilangnya pendapatan terkait bonus untuk klub dan negaranya.

 

5 dari 6 halaman

Ryan Shawcross (Stoke City 1-3 Arsenal, 27 Februari 2010)

Tekel menyedihkan Ryan Shawcross terhadap Aaron Ramsey adalah salah satu tekel horor paling terkenal dalam cedera Liga Premier.

Dia dikeluarkan dari lapangan setelah tekel kuat mematahkan tibia dan fibula Ramsey – salah satu cedera terburuk yang pernah ada. Saat mencoba menendang bola, bek tersebut gagal menangkapnya dan meneruskannya ke kaki pemain asal Wales tersebut. Arsenal akhirnya memenangkan pertandingan, tetapi momen itu selalu dibayangi.

Berbicara kepada FourFourTwo, Shawcross kemudian berbicara tentang tekel tersebut, dengan mengatakan: "Bukan saya yang mengalami cedera parah, jadi tidak ada yang perlu merasa kasihan kepada saya, tetapi orang-orang suka menggambarkan orang lain dengan cara tertentu dan menggambarkan saya sebagai seorang penjahat pantomim.

Itulah sepak bola, dan Anda tidak dapat memilih narasi tabloid. Saya menghubungi Aaron beberapa kali, tetapi dia tidak ingin berbicara dengan saya dan saya sama sekali tidak punya masalah dengan itu."

6 dari 6 halaman

Mason Holgate (Sheffield United 0-5 Brighton, 18 Februari 2024)

Yang terbaru dalam daftar ini — dan yang mengirimkan gelombang kejutan melalui media sosial. Mason Holgate dikeluarkan dari lapangan pada tahap pembukaan pertandingan antara Sheffield United dan Brighton karena salah satu tekel terburuk dalam sejarah Liga Premier.

Sang bek berusaha menghalau bola, namun ia melewatkan bola dan kaki kanannya langsung mengenai lutut kiri Kaoru Mitoma.

Holgate awalnya diberi kartu kuning oleh wasit, yang entah bagaimana dikeluhkan oleh penonton tuan rumah, namun keputusan itu berubah setelah VAR terlibat.

Ejekan terdengar di sekitar Bramall Lane, tapi mereka tidak akan mengeluh setelah menontonnya kembali di TV. Ajaibnya, pemain sayap asal Jepang itu tidak mengalami cedera dan ia terus bermain untuk membantu Brighton meraih kemenangan 5-0.

Sumber: Givemesport

Video Populer

Foto Populer