Sukses


Liga Inggris: Pep Guardiola Tertarik Melatih Timnas

Bola.com, Jakarta - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengungkapkan keinginannya untuk melatih tim nasional di masa depan.

Pep Guardiola sedang menjalani musim kedelapannya bersama The Citizens setelah tiba di Liga Inggris pada musim panas 2016.

Pria berusia 53 tahun itu saat ini terikat kontrak dengan juara Liga Inggris hingga akhir musim 2024/2025.

Hingga kini, belum ada informasi lebih lanjut apakah Pep Guardiola bakal memperbarui kontraknya bersama Man City atau tidak.

--

Meski Guardiola tetap fokus pada kiprahnya di Etihad Stadium, ia mengaku terbuka untuk melatih tim nasional di masa depan.

"Tim nasional. Saya ingin melatih tim nasional untuk Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa. Saya ingin itu. Saya tidak tahu siapa yang menginginkan saya! Bekerja untuk tim nasional mereka punya menginginkanmu, seperti sebuah klub."

2 dari 4 halaman

Mau Mentas di Piala Dunia atau Euro

Meski Guardiola tetap fokus pada kiprahnya di Etihad Stadium, ia mengaku terbuka untuk melatih tim nasional di masa depan.

"Tim nasional. Saya ingin melatih tim nasional untuk Piala Dunia atau Euro. Saya ingin itu. Saya tidak tahu siapa yang menginginkan saya!"

Meski menikmati kesuksesan signifikan dalam karier manajemennya, Guardiola mengungkapkan bahwa ia memiliki cita-cita untuk mengangkat Piala Dunia.

"Ketika saya mulai di sini, saya tidak pernah berpikir untuk memenangkan gelar liga atau memenangkan Liga Champions. Tidak. Saya hanya berpikir yang penting bisa bekerja."

“Saya ingin memiliki pengalaman menjalani Piala Dunia, atau Euro atau Copa America, atau apa pun itu. Saya ingin itu."

“Saya tidak tahu kapan itu akan terjadi, apakah itu lima, 10, 15 tahun dari sekarang, tapi saya ingin memiliki pengalaman menjadi manajer di Piala Dunia.”

3 dari 4 halaman

Ke Spanyol atau Inggris?

Peralihan ke level timnas kemungkinan akan mengarah pada negara asalnya, yakni menjadi pelatih Spanyol, sementara ia sebelumnya telah diperdebatkan sebagai kandidat potensial untuk menjadi manajer di Timnas Inggris.

Guardiola telah menghabiskan seluruh karier manajemennya di klub sepak bola, memulai tim Barcelona B pada tahun 2007 sebelum ia mengambil alih tim utama pada tahun berikutnya.

Mantan pemain Barcelona ini memenangkan 14 penghargaan utama sebagai pelatih kepala klub, termasuk tiga gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions.

Guardiola kemudian menghabiskan tiga tahun bersama Bayern Munchen, di mana ia memenangkan tiga gelar Bundesliga dan memenangkan total tujuh trofi.

Manajer Man City ini terus meraih trofi selama waktunya bersama The Citizens, termasuk trofi Liga Champions dalam kampanye perebutan treble musim lalu.

Sumber: ESPN

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2023/2024

Video Populer

Foto Populer