Sukses


5 Remaja Arsenal yang Bermain di Final Piala Liga Inggris 2007: Kalah Tetap Banjir Pujian

Bola.com, Jakarta Duel final Piala Liga Inggris yang mentas di Stadion Wembley, London, Minggu (25/2) meninggalkan banyak kenangan keren bagi fans Liverpool.

Tim kesayangan tak hanya mengalahkan Chelsea dengan skor tipis 1-0 via gol semata wayang bek veteran Virgil van Dijk, tapi juga terpukau dengan aksi sederet aksi pemain muda yang mendapatkan kesempatan dari pelatih Jurgen Klopp.

Klopp setidaknya memberikan kepercayaan kepada tiga pemain muda yakni Conor Bradley, Harrey Elliott, Ryan Gravenberch. Kepercayaan itu tentu saja tak dilewatkan begitu saja oleh Bradley (20), Elliott (20), serta Gravenberch (21).

Meski masih terbilang muda, namun trio tadi bisa mengimbangi permainan Van Dijk dkk. Keberanian Klopp tersebut sekaligus membuat Liverpool menjadi tim terbanyak yang berani menurunkan pemain muda di final Piala Liga Inggris sejak 2007.

Sebelumnya, Arsenal punya sejarah yang panjang dalam memberikan kesempatan kepada pemain muda dan itu tersaji di partai pamungkas Piala Liga Inggris 2006/2007.

Saat itu, tim asuhan Arsene Wenger berhadapan dengan Chelsea dan mereka kalah 1-2 lantaran brace bintang The Blues Didier Drogba.

Walau kalah, Wenger tetap banjir pujian karena memberikan kesempatan kepada begitu banyak pemain remaja.

“Semua pujian untuk klub dan manajer dalam menanamkan kepercayaan yang luar biasa pada para pemain muda ini dengan mendatangkan mereka lebih awal,” kata Martin Keown, legenda Arsenal.

“Jika Anda melihat perkembangan para pemain muda sepanjang musim, mencapai final besar adalah hal yang paling penting bagi mereka," imbuh bek Arsenal yang kini berusia 57 tahun.

Penasaran siapa saja pemain muda U-21 Arsenal yang mencuri perhatian kala itu? 

2 dari 6 halaman

Theo Walcott

Kehebohan seputar Walcott sangat besar pada masa itu. Setelah menunjukkan keahliannya di Southampton saat berusia 16 tahun, Arsenal segera merekrutnya pada tahun 2006.

Dia berhasil memberi Arsenal keunggulan di final Piala Liga 2007 dengan tendangan yang tepat sebelum Drogba kemudian membalikkan keadaan untuk Chelsea.

“Ada tekanan yang luar biasa pada dirinya dan sulit untuk menemukan posisi terbaiknya, sepertinya dia berada di sayap itu,” kata Keown tentang Walcott pada tahun 2007.

“Saat dia tidak terlalu terhambat dan berkembang, dia tidak akan jauh dari tipe Michael Owen di lini tengah.”

Dalam beberapa hal, karier Walcott mencerminkan karier Owen. Pemain sayap dinamis ini bagaikan kilat dalam botol di masa mudanya, namun cedera pada akhirnya membawa dampak buruk pada dirinya.

Secara total, ia mencatatkan 397 penampilan untuk klub dan mencetak 108 gol dalam kurun waktu tersebut. Setelah beberapa pertimbangan matang, ia memutuskan untuk pensiun pada tahun 2023, pada usia 34 tahun.

 

 

3 dari 6 halaman

Denilson

Setelah tiba dari Sao Paulo sebagai remaja berwajah segar pada tahun 2006, Denilson segera mengukir namanya selama Piala Liga 2006-07 Arsenal.

“Dia mungkin yang paling mengesankan bagi saya karena dia adalah pemain terakhir yang datang, tiba di musim panas dari Brasil, dan memberikan dampak yang hampir seketika,” kata Keown kepada BBC Sport pada tahun 2007.

“Dia jelas memiliki teknik yang bagus, tidak berbeda dengan Fabregas, terlihat seperti pesaing yang hebat – seorang pemenang – dan dia bersinar di semifinal melawan Spurs.”

Gelandang asal Brasil ini menghabiskan tujuh tahun di Arsenal dan membuat 153 penampilan selama itu. Setelah meninggalkan Arsenal pada tahun 2013, ia menghabiskan sebagian besar tahun-tahun terakhirnya di Brasil.

4 dari 6 halaman

Armand Traore

Bek sayap ini baru berusia 17 tahun saat bermain melawan Chelsea di final Piala Liga 2007. Secara total, Traore membuat 32 penampilan untuk klub sebelum dilepas pada tahun 2012.

Hingga hari ini, Traore masih berbicara tentang Wenger dengan penuh semangat, terutama ketika menyangkut pendekatan orang Prancis tersebut terhadap kesehatan mental pada saat itu.

“Wenger selalu membuka pintunya untuk hal-hal seperti ini. Dia tidak menjadikannya tabu – kesehatan mental bukanlah hal yang tabu bagi Arsene Wenger,” kata Traore kepada talkSPORT.

“Itu sangat tabu dalam dunia sepak bola. Saya tidak bisa mengatakan saya bisa pergi dan berbicara dengan manajer yang berbeda.”

Traore pernah bermain bersama QPR, Nottingham Forest, Caykur Rizespor dan Cardiff City tetapi kesulitan untuk membuktikan dirinya sebagai pemain reguler di salah satu klub tersebut. Ia kemudian memutuskan pensiun pada tahun 2020 di usia 31 tahun.

 

5 dari 6 halaman

Cesc Fabregas

Tidak diragukan lagi, salah satu pemain paling berbakat alami yang pernah ada di Premier League. Bahkan di masa-masa awalnya bersama Arsenal, Fabregas bisa menjalankan permainan sendirian.

Di antara para pemain dalam daftar ini, Fabregas tentu saja memiliki karier paling sukses. Memenangkan total 16 trofi bersama klub dan negaranya, playmaker asal Spanyol itu hampir memenangkan semua yang ditawarkan.

 

6 dari 6 halaman

Abou Diaby

Lalu ada Abou Diaby.

“Dia sering ditempatkan di kelompok yang sama dengan Patrick Vieira dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Dia berpotensi menjadi pemain kelas atas,” kata Keown tentang Diaby pada tahun 2007.

"Sungguh disayangkan kami tidak bisa melihat penampilan terbaik Diaby karena cedera. Sepanjang karirnya, ia menghabiskan 1747 hari cedera yang setara dengan 4,7 tahun. Sungguh memalukan."

Sumber: Planetfootball

Video Populer

Foto Populer