Sukses


9 Bek Tengah Terhebat dalam Sejarah Arsenal (Bagian II): Tony Adams Tak Tergantikan

Bola.com, Jakarta - Arsenal punya motivasi besar merengkuh gelar Liga Inggris 2023/2024. Kegagalan musim lalu membuat Mikel Arteta dan pasukannya tak ingin lagi tercebur ke lubang kegagalan yang sama.

Musim lalu, Arsenal nyaris menjadi kampiun Liga Inggris 2022/2024, namun harus puas finis di posisi kedua karena tergelincir di pekan-pekan terakhir.

Saat ini, di pekan ke-26, The Gunners yang bertengger di posisi ketiga klasemen sementara hanya terpaut dua angka dari Liverpool selaku pemuncak, poinnya 58 vs 60.

Terakhir, Gudang Peluru juara Liga Inggris pada musim 2003/2004.

Kesuksesan tersebut tentunya tak lepas dari materi pemain yang mereka meliki, setidaknya dalam beberapa musim terakhir.

Di pentas Liga Inggris, tim yang berdiri Oktober 1886 ini sangat diberkati dengan kehadiran beberapa pemain terbaik. Termasuk ketika mereka mencapai kesuksesan yang sangat luar biasa dalam musim Invincibles yang bersejarah, tak terkalahkan dalam 38 pertandingan Liga Inggris 2003/2004.

Kini, di bawah besutan Arteta, fans berdoa dan berharap Bukayo Saka dkk. bisa mengulang sukses para pendahulunya.

Bicara soal kesuksesan, tentunya tak lepas dari kerja keras semua pemain, terlebih deretan pemain bertahan. Peran mereka sangat krusial.

Berikut ini mari kita sapa deretan bek tengah terhebat Arsenal di era Liga Inggris. 

 

 

 

2 dari 5 halaman

4. Kolo Toure

Salah satu rekrutan era Premier League, Kolo Toure bertransformasi dari yang pema. Ini menunjukkan kehebatan Arsene Wenger dalam menciptakan keajaiban di bursa transfer.

Perpaduan kecepatan dan kekuatan membuat pemain Pantai Gading ini menjadi bek tengah modern bahkan di awal 2000-an. Ia kemudian menjadi kapten pada tahun-tahun terakhirnya di Arsenal.

Bek tengah ini agak memperburuk hubungan dengan para penggemar Arsenal dengan kepindahannya ke Manchester City yang menghabiskan banyak uang. Namun tidak diragukan lagi dampak yang ia berikan, terutama selama bermain untuk The Gunners di Highbury.

 

3 dari 5 halaman

3. William Saliba

Fakta bahwa William Saliba berhasil menempati posisi ketiga dalam daftar ini setelah lebih dari satu musim penuh bermain di Arsenal, membuktikan kualitas tinggi bek tersebut.

Pemain internasional Prancis itu dengan cepat menjadi bek tengah paling dominan di era Emirates. Anda juga hanya perlu melihat klip dia benar-benar mengimbangi Erling Haaland dalam kemenangan 1-0 atas Manchester City di awal musim 2023/2024.

Ini adalah poin yang disampaikan dengan cepat oleh legenda Gunners, David O'Leary.

"Dia adalah Rolls-Royce. Dia cepat, tenang, membaca permainan dengan baik. Dia bagus di udara dan kuat. Dia pengumpan bola yang baik dan bisa melangkah keluar. Kualitas terbesarnya adalah usaha ekstra untuk mendapatkan bola," ujar O'Leary. 

Perannya sudah sangat penting, sehingga upaya The Gunners untuk meraih gelar musim lalu terhenti ketika ia mengalami cedera di Liga Europa melawan Sporting. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa sekali lagi ia akan berperan penting dalam harapan The Gunners mengangkat trofi di akhir musim.

 

4 dari 5 halaman

2. Sol Campbell

Jika bukan karena perubahan haluan yang kejam di Paris, Sol Campbell akan tercatat dalam sejarah Arsenal sebagai pemain yang mencetak gol kemenangan di final Liga Champions melawan Barcelona.

Bek tengah tersebut mungkin tidak memiliki trofi Eropa yang sulit diraih, tetapi sebagai anggota Invincibles, Campbell akan tercatat dalam sejarah sebagai seorang ikon Tim Gudang Senjata.

Ketika mendengar komentar Arsene Wenger tentang Campbell saat konferensi pers mengumumkan perekrutannya, fans dapat melihat dengan tepat mengapa The Gunners ngotot memboyongnya. 

"Saya diberi tahu berkali-kali bahwa saya harus meningkatkan pertahanan saya. Saya mencoba menariknya ke sini karena dia yang terbaik. Setelah mengobrol dengannya, saya merasa dia adalah pria yang sangat ambisius yang ingin berkembang dan bermain di level teratas. Itu meyakinkan saya bahwa dia adalah pemain yang tepat untuk kami".

 

5 dari 5 halaman

1. Tony Adams

Mister Arsenal. Perlukah kami bicara lebih banyak? Tony Adams tidak hanya dikenal sebagai bek terhebat Arsenal, namun juga menjadi salah satu bek terbaik di Premier League.

Ia menghabiskan seluruh karier bermainnya selama 19 tahun bersama The Gunners. Adams diangkat menjadi kapten klub pada usia 21 tahun, dan akan memegang ban kapten selama 14 tahun sebelum pensiun.

Dengan sejumlah trofi yang diraihnya, mantan bintang Inggris ini juga mendapat kehormatan dan prestasi tersendiri dengan memenangkan gelar liga dalam tiga dekade berbeda, melakukannya pada 1980-an, 1990-an, dan 2000-an.

Sama seperti Thierry Henry dan Arsene Wenger, legenda The Gunners ini juga memiliki patung sendiri di luar Emirates. Ini menunjukkan betapa besarnya penghargaan dan rasa hormat yang dia miliki di lingkungan Arsenal.

Sumber: Givemesport

Video Populer

Foto Populer