Sukses


5 Fakta Unik Ole Gunnar Solskjaer saat Menukangi MU: Kurang Beruntung, hingga Kegagalan Memboyong Erling Haaland

Bola.com, Jakarta - Setelah Sir Alex Ferguson meninggalkan Manchester United (MU) pada 2013, salah satu pelatih yang pernah mencoba peruntungan di Old Trafford adalah Ole Gunnar Solskjaer.

Solskjaer bukan wajah baru bagi fans setia Red Devils (julukan MU). Selama sekian tahun, tepatnya dari 1996 sampai 2007, Solskjaer bermain untuk Setan Merah. Dan saatnya kini dia jadi pelatih.

Sang ikon, yang pada musim 1998/1999 memenangkan Liga Champions, ditunjuk sebagai pelatih sementara menggantikan Jose Mourinho yang dipecat pada Desember 2018.

Solskjaer memulai tugasnya dengan baik. Memenangkan delapan pertandingan pembukaannya secara berturut-turut, termasuk kemenangan besar atas Cardiff City (1-5) dan Bournemouth (4-1), serta kemenangan tandang putaran keempat Piala FA atas Arsenal (1-3).

Sayangnya, hasil imbang di kandang melawan Burnley segera diikuti dengan kekalahan leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Old Trafford.

Namun, Setan Merah secara menakjubkan mampu membalikkan keadaan kala bertandang ke markas PSG untuk memastikan tiket perempat final melawan Barcelona.

Posisi Solskjaer sebagai orang nomor satu di ruang ganti ternyata langgeng hingga 2021. Total, legenda yang kini berusia 51 tahun itu memimpin Manchesnter United dalam 168 laga dengan 91 kemenangan dan 41 kekalahan.

Sekarang, di sela-sela pekerjaannya, Solskjaer ingin kembali menukangi Setan Merah.  Solskjaer memang menjadi salah satu kandidat di balik rencana pemecatan Erik ten Hag pada musim panas ini.

Duduk bersama mantan rekan setimnya, Gary Neville dan Roy Keane di podcast Stick to Football, berikut lima hal yang menarik dari Ole Gunnar Solskjaer:

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Pemimpin yang Ragu

Di antara banyak informasi menarik dari wawancara Solskjaer, pengungkapannya bahwa pemain tertentu enggan menjadi kapten pada waktu tertentu membuat Neville, Keane—dua mantan kapten Man Utd hingga Jill Scott, Ian Wright, dan Jamie Carragher tidak bisa berkata-kata.

Ashley Young dan Harry Maguire adalah kapten penuh waktunya, tetapi pasangan ini menghabiskan waktu di pinggir lapangan, yang berarti pemain lain perlu menggantikannya.

“Tidak ada yang mengatakan 'Tidak' untuk menjadi kapten klub; itu hanya untuk pertandingan tertentu,” ungkapnya.

Solskjaer kemudian ditanya apakah para pemain secara spesifik mengatakan kepadanya bahwa mereka tidak menginginkan ban kapten untuk pertandingan tertentu.

“Ya, tapi mereka sendiri tidak mau mengatakannya,” tambahnya. “Mereka meminta orang lain mendatangi saya dan mengatakannya. Itu mengecewakan.

Statistik kunci: Hanya Victor Lindelöf (129) yang bermain lebih banyak untuk Man Utd daripada Harry Maguire (121) di bawah asuhan Solskjaer.

3 dari 7 halaman

Kembalinya Anak yang Hilang

Solskjaer mengakui bahwa hal itu terasa tepat saat ini, tetapi dia tahu ada risiko yang mengintai. Usia Ronaldo berarti dia membawa sejumlah pengalaman yang dapat bermanfaat bagi anggota staf bermain United yang lebih muda.

Namun, di lapangan, aspek-aspek tertentu perlu diubah untuk mengakomodasi negarawan yang lebih tua; ini berarti mengubah bentuk dan gaya bermain mereka secara negatif.

Meski begitu, ketika mengontrak pemenang Ballon d’Or lima kali itu, dia setuju untuk beristirahat setiap empat pertandingan, meskipun dia mengingkarinya, yang membuat Solskjaer frustrasi.

“Kami langsung mulai memikirkan bagaimana kami akan menekan dan mengubah perubahan kecil,” katanya.

“Cristiano berbeda dengan Antony Martial yang berada di lini depan, atau apakah kami akan memainkan Mason [Greenwood] atau Marcus [Rashford] di lini depan. Edinson Cavani adalah pemain yang paling menderita ketika Cristiano datang. Kami bermain dan membuat Edinson memahami cara kami bermain.

4 dari 7 halaman

Tentang Bruno Fernandes

Seperti yang disinggung, Maguire akhirnya menjadi kapten Man Utd di bawah asuhan Solskjaer, meskipun sejak kepergiannya, penggantinya Erik ten Hag mencopot pemain internasional Inggris itu, kemudian menyerahkan ban kapten kepada Bruno Fernandes, yang bergabung dengan United saat ahli taktik Norwegia itu memimpin.

Solskjaer, meski tidak menyangkal kualitas kepemimpinan Fernandes, merasa emosinya menguasai dirinya. “Saya tahu Bruno Fernandes memiliki kualitas kapten ketika saya menjadi manajer di Manchester United,” katanya.

“Dia punya kepribadian dan kualitas, tapi dia tahu dan saya sudah bilang padanya bahwa dia terkadang terlalu bersemangat dan dia kehilangan sedikit kendali. Saya menyukai Harry Maguire sebagai kapten, dia adalah pemimpin grup itu bagi saya ketika saya masih di klub.”

Statistik kunci: Hanya Marcus Rashford (89) yang terlibat dalam lebih banyak gol daripada Bruno Fernandes (79) di bawah asuhan Solskjaer.

5 dari 7 halaman

Pertukaran Sistem

Sepasang kekalahan kandang dari rival sekota Liverpool dan Manchester City mengawali akhir masa pemerintahan Solskjaer.

Pasukan Jurgen Klopp menang 5-0, tetapi pertandingan Liga Inggris berikutnya menyaksikan Man Utd mencatatkan kemenangan 3-0 atas Tottenham di laga tandang. Hal itu segera disusul dengan kekalahan 2-0 dari City sebelum kekalahan 4-1 di Watford mengakhiri babak khusus ini.

Tidak terkenal karena inovasi taktisnya, Solskjaer menurunkan formasi 4-2-3-1 melawan Liverpool dan 3-5-2 dalam pertandingan melawan City; merenungkan kembali sekarang, dia mengatakan kepada Neville dan kawan-kawan bahwa dia akan menukar formasi tersebut, tetapi yang lebih membuatnya kesal adalah kurangnya tingkat kerja dalam kemunduran tersebut.

“Di Manchester United Anda juga mempunyai tanggung jawab agar para penggemar menikmati pertandingan. Jangan hanya pergi dan mendapatkan hasil. Itulah yang saya pikirkan [untuk mengambil langkah selanjutnya dan menjadi tim dominan.”

Statistik kunci: Hanya Jürgen Klopp (12) dan José Mourinho (7) yang mengalahkan Pep Guardiola lebih banyak daripada Solskjaer (4).

6 dari 7 halaman

Transfer Penyesalan

Hal lainnya adalah penyesalan Solskjaer dalam bursa transfer. Telah terdokumentasi dengan baik bahwa rekan senegaranya Erling Haaland adalah seseorang yang dipertimbangkan bakal direkrut MU.

Meski begitu, Solksjaer mengungkapkan klausul pelepasan di Red Bull Salzburg miliknya bisa saja mereka aktifkan. Ole menyarankan agar manajemen klubnya saat itu memboyong Erling Haaland, yang kini menjadi mesin gol menakutkan Man City.

“Saya langsung memberitahu klub untuk membelinya selagi dia memiliki klausul pelepasan. Kami sudah mengetahui hal itu saat itu, dan tidak ada orang lain yang akan membayar uang tersebut – €20 juta, itu merupakan tawaran yang murah,” kata Solskjaer.

“Itu adalah keputusan klub untuk tidak melakukannya. Kami tidak pernah mengajukan tawaran atau merekrutnya, sampai dia mulai mencetak gol untuk Salzburg.”

“Saat itu, Borussia Dortmund ada di sana, Juventus ada di sana, semua orang ada di sana. Klausul pelepasannya saat itu masih bagus sekitar 60 juta pounds,” jelasnya

 

Sumber: Squawka

7 dari 7 halaman

Lihat Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer