Sukses


Profil Komunitas Suporter Man City, MCSCI: Punya 30 Ribu Anggota, Mimpikan Erling Haaland Cs Datang ke Indonesia

Bola.com, Jakarta - Manchester City kini dalam kedigdayaan sebagai tim paling berprestasi di tanah Inggris. The Citizens berhasil menaklukkan dunia dalam beberapa musim terakhir di bawah besutan Pep Guardiola.

Dalam kurun waktu kurang dari dua dasawarsa terakhir, segudang trofi dan pencapaian luar biasa ditorehkan Man City. tujuh trofi Liga Inggris, Piala FA (3 kali), Piala Liga Inggris (6 kali), dan sekali masing-masing Liga Champions, Piala Super Eropa, serta Piala Dunia Antarklub, berhasil direngkuh.

Musim lalu atau 2022/2024 adalah puncak kejayaan Manchester Biru. Di mana mereka meraih empat gelar sekaligus alias Quadruple dalam satu musim.

Kehebatan mereka diprediksi masih akan berlanjut. Musim ini Erling Haaland masih bersaing sengit di jalur juara Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Man City juga dikenal memiliki basis suporter yang tidak kalah besar dari klub-klub top Liga Inggris lainnya. Termasuk di Indonesia dalam wadah MCSCI (Manchester City Supporters Club Indonesia). Yuk simak profil singkatnya yang dirangkum Bola.com berikut ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Dibentuk Tahun 2010

Manchester City Supporters Club Indonesia (MCSCI) dibentuk pada 13 tahun yang lalu. Tepatnya pada 3 Desember 2010.

Pembentukannya didasari dengan ingin menyatukan berbagai komunitas para penggemar Man City yang tersebar di Indonesia. Kemudian terbentuklah MCSCI yang menampung para fans The Citizens dengan tanpa membeda-bedakan latar belakang maupun asal wilayah.

"MCSCI adalah komunitas dan wadah tempat berkumpulnya fans Manchester City dari seluruh nusantara. Komunitas ini berdiri dan menyatukan seluruh individu dari seluruh Indonesia dari 2010 hingga selamanya menjadi pendukung Man City," terang Erico Eka Putra, ketua MCSCI kepada Bola.com, Sabtu (16/3/2024).

3 dari 7 halaman

30 Ribu Anggota

Setelah berdiri tahun 2010, hingga kini sudah ada puluhan ribu yang terdaftar secara resmi sebagai anggota MCSCI. Menurut Erico, tercatat sedikitnya sudah ada 30 ribu anggota MCSCI dan diyakini bakal terus bertambah.

Selain itu, MCSCI juga memiliki chapter atau wilayah yang tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia. Di antaranya, MCSCI wilayah Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Sulawesi, Bali, Lombok, Papua, dan wilayah lain di Indonesia.

4 dari 7 halaman

Cara Jadi Member

MCSCI juga merambah di media sosial untuk mempermudah komunikasi, infomrasi, serta koordinasi berbagai kegiatan dengan dilakukan. Selain website, MCSCI juga aktif di media sosial. MCSCI dapat ditemukan di mcsc_indonesia (IG), MCSCIndonesia (X), mcscindonesia (tiktok).

Erico menambahkan, setiap tahunnya MCSCI membuka anggota baru atau member dengan melalui chapter wilayah masing-masing. MCSCI secara membanggakan sudah diakui secara official dari klub Man City sejak 2016 lalu.

"Setiap musim ada pembukaan membership official MCSC Indonesia sebagai salah satu syarat menjadi bagian dari keluarga MCSC Indonesia atau untuk anggota baru juga bisa bergabung di chapter-chapter kami yg ada di seluruh indonesia," lanjutnya.

"Selain agenda nonton bareng atau gathering nasional, kami juga sering mengadakan turnamen futsal, kopdar antar wilayah, kopdar meeting online, kegiatan sosial dan kegiatan lain."

5 dari 7 halaman

Yuk Datang ke Indonesia!

MCSCI yang sudah memiliki banyak anggota, memiliki impian dan sekaligus harapan besar. Yaitu mendambakan skuad Man City bisa menggelar tour di Indonesia, seperti yang dilakukan saat pra musim di Asia dalam beberapa tahun terakhir.

Erico mewakili seluruh fans Man City di Indonesia sangat berharap Erling Haaland dkk. bisa bermain di Indonesia suatu saat nanti. "Tentu kami juga ingin Man City bisa datang ke Indonesia, dan kami semua akan menyaksikan di stadion secara langsung," jelas Erico.

6 dari 7 halaman

Profil MCSCI

1. Nama Komunitas: Manchester City Supporters Club Indonesia

2. Tanggal dan Tahun Berdiri: 3 Desember 2010

3. Ketua: Erico Eka Putra

4. Jumlah Anggota: 30 ribu sampai saat ini yg terdata

5. Website resmi: mcscindonesia.com

6. Akun Media Sosial: mcsc_indonesia (IG), MCSCIndonesia (X), mcscindonesia (tiktok)

7. Region MCSCI: Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, Sulawesi ,Bali, Lombok, Papua

7 dari 7 halaman

Lihat Persaingan Man City Musim Ini

Video Populer

Foto Populer