Sukses


Gareth Southgate Buka Suara soal Jersey Terbaru Timnas Inggris yang Kontroversial

Bola.com, Jakarta - Gareth Southgate angkat bicara mengenai kontroversi yang sedang berlangsung mengenai jersey terbaru Timnas Inggris. Ia menegaskan bahwa yang penting adalah logo tiga singa.

Jersey baru Inggris, yang akan dikenakan oleh tim senior putra untuk pertama kalinya melawan Brasil pada Sabtu malam waktu setempat, telah menimbulkan kontroversi besar di media sosial setelah Nike memilih untuk melakukan 'pembaruan yang lucu' pada desainnya.

Pada baju baru, tanda silang merah tradisional bendera Inggris di bagian belakang kerah baju telah diganti dengan garis-garis ungu dan biru.

Nike membela desain tersebut, yang didasarkan pada seragam latihan Inggris tahun 1966, dan Asosiasi Sepak Bola (FA) juga tetap bersikukuh, menolak segala kemungkinan penarikan kembali seragam baru tersebut.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Yang Penting Tiga Singa

Jersey tersebut mendapat penolakan keras di media sosial karena Perdana Menteri Rishi Sunak dan pemimpin Partai Buruh Keir Starmer juga mengkritik desain tersebut.

Berbicara kepada wartawan dalam konferensi pers pra-pertandingan pada Jumat malam, Southgate menegaskan hal yang paling penting adalah lambang ikonik Tiga Singa tetap berada di depan dan tengah.

"Ini bukan prioritas utama saya, tapi itu tergantung bagian mana yang harus diambil," kata bos timnas Inggris itu.

"Saya tidak tahu apakah perdebatannya adalah mengenai perlunya bendera St. George di seragam timnas Inggris, karena jelas hal itu tidak selalu terjadi."

"Saya pikir hal terpenting yang harus ada di seragam Inggris adalah tiga singa. Itu adalah simbol ikonik kami."

"Itulah yang membedakan kami tidak hanya dengan tim sepak bola di seluruh dunia, tapi juga dengan tim rugbi Inggris dan kriket Inggris. Saat saya memakai perlengkapan saya 30 tahun yang lalu dan melihat ke cermin, tiga singa itu sangat menonjol."

3 dari 4 halaman

Kalau Bukan Warna Merah ya Bukan Salib St. George

"Haruskah kita merusak salib St George? Dalam benak saya, jika bukan salib merah dengan latar belakang putih, maka itu bukanlah salib St George," kata Southgate lagi.

"Jadi ini pertanyaan yang sulit dijawab. Agaknya ini adalah sebuah karya artistik, yang sebenarnya saya tidak cukup kreatif untuk memahaminya."

Inggris akan menghadapi Brasil pada Sabtu malam sebelum pertandingan persahabatan lainnya melawan Belgia pada Selasa.

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2023/2024

Video Populer

Foto Populer