Sukses


10 Pelatih Papan Atas dengan Koleksi Kekalahan Terbanyak di Premier League: Wah, Ada Ferguson dan Wenger

Bola.com, Jakarta - Menang, kalah, atau seri merupakan hal yang lazim dalam sepak bola, terlebih di pentas tersengit macam Premier League.

Meski semua pelatih, termasuk juru taktik sekelas Jurgen Klopp (Liverpool) dan Pep Guardiola (Manchester City), berharap tak tertimpa kekalahan namun nasib sial tak pernah luput dari keduanya.

Manchester City, pada laga terakhir beberapa waktu lalu, hanya mampu imbang tanpa gol kala menjamu Arsenal di Etihad Stadium. Padahal, di atas kertas, mengingat mereka bermain di kandang sendiri, The Citizens lebih dijagokan memenangi duel.

Sebelumnya, Liverpool juga menyerah 1-3 kala bertandang ke kandang Arsenal, Emirates Stadium.

Berkaca dari kedua pria hebat tadi, jelaslah kekalahan bagian yang tak terpisahkan dalam sejarah Premier League.

Baik Klopp maupun Guardiola tentunya berharap tak ingin masuk daftar pelatih yang mengoleksi kekalahan terbanyak saat bekerja di kasta tertinggi Inggris.

Premier League memang buas dan tak pandang bulu, tak terkecuali bagi sejumlah pelatih beken macam Sir Alex Ferguson (Manchester United) dan Arsene Wenger (Arsenal).

Di balik nama besar mereka, kedua pelatih legendaris itu ternyata masuk daftar pelatih dengan koleksi kekalahan terbanyak selama wara-wiri di Premier League.

Selain keduanya, ada delapan pelatih lagi ternyata. Siapa saja? Dilansir dari Khelnow, inilah mereka. 

 

2 dari 11 halaman

10. Rafael Benitez: 100 kekalahan

Saat ini dia memimpin Celta Vigo di Spanyol. Rafael Benítez telah menjalani banyak musim di Inggris.

Waktu terlamanya di klub Liga Inggris adalah saat menangani Liverpool. Belakangan Benítez bahkan pernah membesut Chelsea dan Newcastle United, serta pernah melatih Everton meski singkat. 

 

3 dari 11 halaman

9. Alex Ferguson: 114 kekalahan

Ferguson adalah manajer yang mengubah permainan Manchester United. Setelah membawa kesuksesan bagi Aberdeen FC di Skotlandia, Alex Ferguson didapuk menangani  Manchester United.

Selama 26 musim bersama MU, Ferguson membantu timnya mengangkat 13 trofi Liga Inggris.

Mengingat Ferguson memimpin 810 pertandingan liga, tak heran dia juga mengalami banyak kekalahan.

 

4 dari 11 halaman

8. Martin O'Neill: 114 kekalahan

Manajer lain yang menderita 114 kekalahan di papan atas Inggris adalah Martin O'Neill. Meskipun jumlah kekalahan Martin O’Neill sama dengan Ferguson, O’Neill melakukannya dalam lebih sedikit pertandingan.

Oleh karena itu, dia ditempatkan di posisi ini dibandingkan Ferguson.

Manajer asal Irlandia Utara ini pernah menangani tim seperti Leicester City, Aston Villa, dan Sunderland.

 

5 dari 11 halaman

7. Arsene Wenger: 153 kekalahan

Sir Alex Ferguson mencatatkan 810 pertandingan di Premier League. Tapi pria itu hanya kalah dari manajer bersejarah Arsenal, Arsene Wenger.

Wenger selama 22 musim bersama The Gunners memimpin timnya dalam 828 pertandingan liga. Dan karena jumlah pertandingannya yang tinggi, 153 kekalahannya masuk dalam daftar ini.

Hanya di eranya Arsenal menyelesaikan seluruh musim Premier League tanpa terkalahkan. Ini merupakan rekor yang tak terlupakan bagi fans The Gunners. 

 

6 dari 11 halaman

6. Roy Hodgson: 177 kekalahan

Roy Hodgson berusia 76 tahun dan masih aktif menjalankan tugas manajerial di Premier League.

Saat ini memimpin tim Crystal Palace, Hodgson datang ke kancah papan atas Inggris untuk pertama kali bersama Blackburn Rovers. Kekalahan 1-4 dari Brighton akhir-akhir ini berarti dia mengoleksi total 177 kekalahan di Premier League.

Hodgson memiliki karier panjang di Liga Inggris yang melibatkan Fulham, Liverpool, West Brom dan Watford.

 

7 dari 11 halaman

5. Mark Hughes: 181 kekalahan

Semasa bermain, Mark Hughes bermain untuk banyak klub besar termasuk Manchester United, Barcelona, dan Bayern Munchen. Hughes membela MU untuk periode terlama.

Belakangan karier kepelatihannya juga membuahkan hasil. Secara total, ia mencatatkan 466 pertandingan liga di kasta tertinggi Inggris. Dari jumlah tersebut, 181 berakhir dengan kekalahan.

 

8 dari 11 halaman

4. Steve Bruce: 211 kekalahan

Satu lagi pemain Manchester United yang kemudian menjadi manajer. Steve Bruce yang juga kapten Setan Merah menjadi pelatih Newcastle United, Hull City, Sunderland, Wigan Athletic, dan Birmingham City.

Semua klub tersebut pernah dilatihnya di Liga Inggris. Bruce mencatatkan 476 pertandingan liga di divisi teratas, yang 211 di antaranya berujung kekalahan.

 

9 dari 11 halaman

3. Sam Allardyce: 217 kekalahan

Sam Allardyce berada di posisi kelima pada daftar ini. Ia ini telah memimpin total 541 pertandingan di Premier League dalam kariernya. Dari 541 pertandingan tersebut, 217 diantaranya berakhir dengan kekalahan.

Allardyce mencatatkan 178 pertandingan liga di kasta tertinggi dengan kemenangan dan 146 kali seri.

 

10 dari 11 halaman

2. Harry Redknapp: 238 kekalahan

Harry Redknapp berada di posisi kedua dalam peringkat sepanjang masa dengan kekalahan terbanyak sebagai manajer Premier League.

Redknapp telah terlibat dalam 641 pertandingan Liga Inggris. Selain membukukan 238 kekalahan, ia juga mencatatkan 236 kemenangan dan 167 laga lainnya berujung imbang. 

 

11 dari 11 halaman

1. David Moyes: 242 kekalahan

Peringkat pertama daftar ini dihuni David Moyes. Dia pernah ditunjuk sebagai suksesor Ferguson di MU, meski berakhir mengecewakan. 

Hingga saat ini, Newcastle United yang memberikan kekalahan ke-242 bagi Moyes di Premier League sebagai manajer.

Meski kekalahan tersebut hanya menyoroti sebagian kecil kariernya, kita tidak boleh lupa bahwa ia hanya berada di belakang Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson dalam perebutan jumlah pertandingan terbanyak sebagai manajer Premier League.

Sumber: Khelnow

Video Populer

Foto Populer