Sukses


Daftarnya Panjang Banget! 10 Opsi pengganti Ten Hag di MU: Dari Graham Potter Sampai Zizou, Tinggal Pilih Deh

Bola.com, Jakarta - Masa depan Erik ten Hag sebagai pelatih Manchester United (MU) kembali dalam tanda tanya besar. Posisinya terancam ditendang manajemen klub berjulukan tim Setan Merah menjelang berakhirnya Liga Inggris 2023/2024.

Rentetan hasil minor masih menghiasi perjalanan tim MU di Liga Inggris. Musim kedua Erik ten Hag di Old Trafford bukannya membaik malah anjlok.

Meski mengamankan tiket ke final Piala FA melawan musuh sekotanya Man City, tapi MU babak belur di Liga Inggris. Terbenam di posisi delapan klasemen sementara.

Marcus Rashford dkk. terpaku di peringkat delapan dengan nilai 54. Mereka baru saja dihajar Crystal Palace 0-4, yang menjadi kekalahan ke-13 sepanjang musim ini.

Kekalahan di Selhurst Park membuat MU kehilangan keunggulan mereka dalam perebutan tempat keenam saat mereka tertinggal di bawah Newcastle dan Chelsea di klasemen Liga Inggris. Kekalahan itu memastikan pertanyaan mengenai masa depan manajer Erik ten Hag tidak akan hilang jabatannya sebelum akhir musim.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Makin Memburuk

Pelatih asal Belanda itu mengakui kekalahan itu adalah yang terburuk sepanjang masa kepemimpinannya di Old Trafford, dan keputusan akan diambil mengenai masa depannya musim panas ini. Kritika tajam dilontarkan mantan bek Liverpool Jamie Carragher yang menggambarkan bahwa MU tidak dilatih dengan baik oleh Ten Hag.

"Ini adalah salah satu tim dengan pelatihan paling buruk di Liga Inggris. Itu adalah fakta. Itu bukan opini, itu adalah fakta. Angka-angka memberi tahu bahwa ketika mereka berada di posisi terbawah dalam bertahan, lebih rendah dari Sheffield United," beber Jamie Carragher.

MU akan memasuki era baru dengan masuknya Sir Jim Ratcliffe sebagai investor baru. Ia bakal melakukan perombakan skuadnya agar lebih bisa bersaing, termasuk harus membuat keputusan tentang masa depan Ten Hag.

Klub harus memutuskan apakah mantan pelatih Ajax berusia 54 tahun itu adalah orang yang tepat untuk memimpin klub bermarkas di Old Trafford.

3 dari 6 halaman

10 Kandidat

Jika Ten Hag pada akhirnya harus didepak, kira-kira siapa yang bakal menjadi penggantinya? Mirror memberikan informasi setidaknya ada 10 orang masuk dalam bursa calon pelatih MU.

Nama pertama adalah Julen Lopetegui, yang meninggalkan Wolves menjelang musim ini, adalah kandidat potensial. Pria Spanyol itu tampil mengesankan di Molineux musim lalu, meskipun ia gagal total di Real Madrid pada tahun 2018, namun kini ia menjadi sosok yang tepat untuk menggantikan David Moyes di West Ham.

Nama kedua adalah Ruben Amorim juga diperkirakan akan pindah dan dikaitkan dengan West Ham dan Liverpool. Jika tidak jadi merapat, sosoknya cukup potensial menjadi kandidat pelatih MU.

4 dari 6 halaman

Daftar Lain

Daftar selanjutnya adalah Thomas Tuchel yang menduduki urutan ketiga. Tuchel akan meninggalkan Bayern Munchen begitu musim ini berakhir. Ratcliffe diketahui telah melakukan kontak dengan pria Jerman itu, dan menariknya Ten Hag berpeluang menggantikannya di Bayern.

Berlaih ke sosok lainnya adalah deretan pelatih dari Liga Inggris. Ada nama Thomas Frank dan Roberto De Zerbi juga masuk sebagai calon pelatih MU ke-4 dan ke-5. Thomas Frank adalah pelatih Brentofrd dan De Zerbi sebagai juru taktik Brighton.

Di urutan keenam ada sosok pelatih Tottenham Hotspur, Ange Postecoglou yang sedang dipertimbangkan menjadi calon nahkoda The Red Devols. Pelatih asal Australia ini sedang menjalani masa sulit bersama Spurs.

5 dari 6 halaman

Southgate dan Zizou Boleh Juga

Daftar selanjutnya ada pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate yang menduduki calon pelatih ketujuh. Pada bulan Maret, Gareth Southgate diklaim sebagai pesaing utama untuk tiba di Old Trafford. Bos The Three Lions membantu timnya mencapai final Euro 2020 dan tampil mengesankan di Piala Dunia berturut-turut, tetapi dia menegaskan fokus ke Timnas Inggris.

Urutan berikutnya atau kedelapan ada sosok pelatih Jerman Julian Nagelsmann, disusul pelatih flamboyan asal Prancis, Zinedine Zidane. Zizou menganggur sejak meninggalkan Real Madrid untuk kedua kalinya pada tahun 2021, disebut-sebut bisa menjadi pilihan ke-9 dalam daftar ini.

Terakhir adalah pelatih yang juga sedang menganggur, Graham Potter. Eks bos Chelsea ini bisa menjadi kandidat yang mengejutkan. Potter masih menganggur setelah pemecatannya oleh Chelsea musim lalu.

Sumber: Mirror

6 dari 6 halaman

Intip Peta Persaingan di Musim Ini

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer