Sukses


Liga Inggris: Thiago dan Joel Matip Positif Susul Jurgen Klopp Tinggalkan Liverpool

Bola.com, Jakarta - Liverpool akan menghadapi perubahan signifikan di akhir musim ini dengan kepergian dua pemain kunci, Thiago Alcantara dan Joel Matip. Pemain internasional Spanyol, Thiago, bergabung dengan Liverpool dari Bayern Munich pada tahun 2020 dengan nilai transfer £20 juta.

Namun, cedera yang terus-menerus menghantui karirnya membuat gelandang ini hanya tampil dalam 98 pertandingan untuk klub, termasuk hanya satu pertandingan di musim ini.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, yang juga akan meninggalkan klub di akhir musim, mengungkapkan kekagumannya terhadap Thiago.

"Bahkan sebelum dia datang ke Liverpool, saya percaya bahwa jika Anda benar-benar mencintai sepak bola, akan sangat masuk akal jika Anda menyaksikan Thiago Alcantara bermain," kata Klopp.

"Secara teknis, dia sangat, sangat bagus. Seorang talenta yang bisa bermain di tim mana pun di dunia dan merupakan sebuah kehormatan bisa memilikinya bersama kami."

Klopp menambahkan bahwa meskipun cedera telah membuat frustrasi baik bagi Thiago maupun klub, kualitas permainan yang ditunjukkan oleh gelandang tersebut saat dia tersedia sangat luar biasa.

"Saya tahu cedera telah membuat dia frustrasi dan juga bagi kami, tetapi level yang bisa dia mainkan saat dia tersedia sangat luar biasa. Inilah yang akan saya ingat," ungkap Jurgen Klopp.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mencintai Joel Matip

Di sisi lain, bek tengah Joel Matip juga akan mengakhiri kebersamaannya dengan Liverpool setelah delapan tahun. Matip bergabung dengan status bebas transfer dari Schalke dan telah menjadi bagian dari kesuksesan klub, membantu memenangkan berbagai trofi termasuk Liga Champions dan Premier League.

Mantan pemain internasional Kamerun ini telah membuat 201 penampilan untuk Liverpool dan merupakan salah satu rekrutan pertama Klopp.

Matip tidak bermain sejak mengalami cedera ligamen anterior saat melawan Fulham pada awal Desember lalu. Klopp berbicara tentang pengaruh Matip di klub dengan penuh penghormatan.

"Selama bertahun-tahun saya berkecimpung di dunia sepak bola, saya tidak yakin saya menemukan terlalu banyak pemain yang lebih dicintai daripada Joel Matip. Saya bahkan tidak yakin bisa mengatakan hal buruk tentang dia," kata Klopp.

"Seorang profesional yang luar biasa, pesepak bola yang luar biasa dan manusia yang luar biasa, kami diberkati untuk memiliki dia bersama kami selama yang kami miliki dan sekarang yang bisa kami lakukan adalah mendoakan yang terbaik untuknya saat dia menuju ke arah yang baru," tambah Klopp.

 

3 dari 4 halaman

Tinggalkan Warisan

Pertandingan terakhir Liverpool di Premier League musim ini akan melawan Wolves pada hari Minggu (19/05/2024). Meski pertandingan ini tidak akan mempengaruhi posisi Liverpool di klasemen, yang sudah dipastikan finis di posisi ketiga, ini akan menjadi kesempatan bagi para penggemar untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Thiago dan Matip.

Kepergian Thiago dan Matip menandai akhir era penting di Anfield. Thiago, meskipun terganggu oleh cedera, telah menunjukkan performa brilian yang membuatnya menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia. Di sisi lain, Matip telah menjadi pilar pertahanan yang konsisten dan andal, membantu Liverpool meraih puncak kejayaan di bawah asuhan Klopp.

Jurgen Klopp akan meninggalkan warisan besar di Liverpool, setelah membawa klub ini kembali ke puncak sepak bola Inggris dan Eropa. Kepergian Klopp akan menjadi momen emosional bagi para penggemar, yang telah menyaksikan klub mereka berkembang pesat di bawah kepemimpinannya.

Dengan berakhirnya musim ini, Liverpool tidak hanya akan mengucapkan selamat tinggal kepada dua pemain berbakat, tetapi juga kepada manajer yang telah membawa mereka meraih kejayaan. Momen ini akan dikenang sebagai akhir dari sebuah era gemilang dan awal dari perjalanan baru bagi klub yang bersejarah ini.

Sumber: France 24

Penulis: Arraafi Adna Yudistira

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2023/2024

Video Populer

Foto Populer