Sukses


Valentino Rossi Sebut Pole Position MotoGP Belanda Penting

Bola.com, Assen - Rapor merah kualifikasi Valentino Rossi resmi hilang di sesi kualifikasi MotoGP Belanda, Jumat (26/6/2015) malam WIB. Mencatat waktu 1 menit 32,627 detik, Rossi sukses meraih posisi start paling depan alias pole position.

Sebelum menjalani pekan balapan di Sirkuit Assen, 25-27 Juni, pebalap Movistar Yamaha itu memang sudah bertekad memenangi gelar juara. Untuk merealisasikan hal tersebut, Rossi pun tampil ngotot di sesi kualifikasi.

"Pole position ini sangat penting. Karena selama balapan di musim ini, saya selalu tampil kompetitif. Tapi, saya selalu kesulitan di sesi latihan dan kualifikasi. Terlalu banyak!" ungkap The Doctor usai memenangi pole position pertamanya di musim 2015, dilansir situs resmi MotoGP, Sabtu (27/6).

"Ini bukan cuma masalah memenangi pole position saja, tapi saya juga tidak pernah start di barisan pertama. Ketika Anda memulai balapan dari belakang, Anda bisa saja mencatat hasil bagus. Tapi di balapan terakhir, semakin sulit ketika Jorge Lorenzo memulai balapan paling depan. Dia tidak mungkin dikejar, meskipun di Sirkuit Barcelona kecepatan saya juga bagus," lanjutnya.

Sejak memulai musim balap MotoGP 2015 di Qatar, 29 Maret, Rossi memang belum pernah start di barisan paling depan. Saat memenangi MotoGP Qatar, pebalap berusia 36 tahun ini harus melewati tujuh pesaingnya terlebih dahulu.

Demikian pula yang terjadi pada MotoGP Argentina, 19 April. Sebelum menjejak podium kampiun, Rossi juga harus menyalip tujuh rider lainnya.

Namun rekam jejak start kedelapan lalu finis pertama di MotoGP Qatar dan MotoGP Argentina tersebut tidak terjadi MotoGP Italia, 31 Mei. Menjalani lomba di hadapan publiknya sendiri, Rossi hanya bisa finis ketiga. Di belakang rekan setimnya, Jorge Lorenzo, dan rekan senegaranya, Andrea Iannone.

Hasil finis ketiga juga dicatat Rossi pada MotoGP AS, 12 April. Membalap di Sirkuit America, juara dunia MotoGP sembilan kali ini naik podium setelah mampu naik satu posisi dari urutan start-nya.

Sementara pada dua seri balap lain, MotoGP Prancis dan MotoGP Catalunya, Rossi memulai balapan dari posisi start ketujuh dan finis kedua. Menjadikannya kini memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 138 poin.

Lantas bagaimana hasil akhir balapan MotoGP di Sirkuit Assen tahun ini? Akankah Rossi memertahankan posisi paling depannya hingga garis finis, atau justru mencatat hasil berlawanan?

Menarik dinanti jalannya balapan MotoGP Belanda malam nanti.

Berikut rapor kualifikasi - finis Rossi di tujuh MotoGP 2015:
MotoGP Qatar: 8 - 1
MotoGP AS: 4 - 3
MotoGP Argentina: 8 - 1
MotoGP Spanyol: 5 - 3
MotoGP Prancis: 7 - 2
MotoGP Italia: 8 - 3
MotoGP Catalunya: 7 -2
MotoGP Belanda: 1 - ?

Baca juga:

Rossi Terdepan di MotoGP Belanda

Rossi dan Lorenzo Kuasai Latihan Terakhir MotoGP Belanda

MotoGP Belanda: Marc Marquez Puas dengan Kinerja Sasis 2014

Video Populer

Foto Populer