Sukses


Inilah Kunci Kemenangan Marquez di Misano

Bola.com, Misano - Pebalap Honda, Marc Marquez, sukses menjuarai MotoGP San Marino untuk kali pertama, Minggu (13/9/2015) malam WIB. Ini adalah kemenangan keempatnya di musim ini. Pebalap berjuluk Baby Alien itu mengatakan kemenangan tersebut tak lepas dari ketepatan strateginya dalam mengganti ban ketika hujan turun di Sirkuit Misano.

Strategi penggantian ban memang jadi faktor vital pada balapan MotoGP San Marino yang sangat dramatis malam ini. Balapan diwarnai perubahan cuaca yang tak menentu. Di awal balapan, hujan tiba-tiba turun sehingga para pebalap terpaksa mengganti ban basah. Namun, tak lama kemudian hujan reda. Lagi-lagi pebalap harus masuk ke pit mengganti ban. Jika terlambat mengganti ban, para pebalap bakal kehilangan banyak waktu.

Nah, Marquez terbukti jitu dalam menerapkan strategi penggantian ban. Saat dua pesaingnya Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo ngotot belum mau mengganti ban karena tengah bersaing ketat, pebalap Spanyol itu justru cepat-cepat masuk ke pit. Hasilnya, dia berhasil meleset cepat dan akhirnya finis pertama.

Di sisi lain, Rossi harus rela finis di urutan kelima. Nasib Lorenzo paling sial. Pebalap Spanyol tersebut malah terjatuh sesaat setelah berganti menggunakan ban kering. Hasil ini menjadi pukulan keras bagi Lorenzo yang sedang bersaing sengit dengan Rossi dalam perebutan gelar juara musim ini.

"Saya berada di belakang dua pembalap Yamaha (Rossi dan Lorenzo) dan berusaha mendekat untuk melihat bagaimana kondisi ban mereka. Saya melihat ban mereka banyak terkikis dan saat itu saya berpikir, 'Oke, ini waktunya mengganti ban'," ungkap Marquez, seperti dilansir situs resmi MotoGP.

"Ketika saya mengubah ban, lintasan jadi kering. Lintasan jadi terlihat baru dan sulit melihat di mana trek yang basah. Tapi secara keseluruhan, sangat bagus bisa mendapat podium lagi. Target saya adalah merebut kemenangan, jadi saat ini kami sangat senang," imbuhnya.

Dengan hasil ini, Marquez kini mengoleksi 184 poin dan masih bercokol di posisi ketiga. Rossi makin berkibar di puncak klasemen pebalap mengantongi 247 poin, sedangkan Lorenzo di posisi kedua dengan 224 poin.

Baca Juga: 

Momen-Momen Unik dan Menarik di MotoGP San Marino

Penuh Drama, Marquez Juara dan Rossi Finis Kelima

Start dari Baris Terdepan, Rossi Pede Asapi Lorenzo

 

Video Populer

Foto Populer