Sukses


Rossi Dihantui Memori Buruk 2006

Bola.com, Jakarta Pacuan juara MotoGP 2015 antara Valentino Rossi versus Jorge Lorenzo diprediksi bakal ketat hingga seri terakhir di Valencia, 8 November. Hingga menyisakan empat balapan, Rossi yang bercokol di puncak klasemen pebalap MotoGP hanya unggul 13 angka atas Lorenzo. Situasi ini membangkitkan memori buruk Rossi.

Pebalap berjuluk The Doctor tersebut tahu benar rasanya kehilangan titel di seri terakhir. Peristiwa pahit tersebut dialaminya pada musim 2006 saat bersaing dengan jagoan Honda, Nicky Hayden.

“Saya punya memori buruk saat kali terakhir memperebutkan gelar juara dunia hingga seri terakhir. Balapan Valencia berutang satu gelar kepada saya,” ujar Rossi mengenang kejadian sembilan tahun silam, seperti dilansir Marca, Rabu (30/9/2016).

Balapan di Valencia pada 2006 memang sangat dramatis. Saat itu Rossi tengah memburu gelar juara dunia keenam beruntun dan memuncaki klasemen sementara MotoGP. Pebalap Italia tersebut unggul delapan angka atas Hayden.

Pendukung Rossi sangat optimistis gelar bakal jatuh ke dekapan idola mereka. The Doctor yang saat itu juga menunggangi Yamaha sedang on fire dan selalu naik podium di lima balapan terakhir. Sebaliknya, kondisi Hayden meragukan karena terjatuh pada balapan sebelumnya di Estoril. Aroma pesta semakin tercium ketika Rossi berhasil merebut pole position.

Terjatuh

Namun, takdir memang sulit ditebak. Di saat krusial seperti itu, Rossi malah terjatuh di lap kelima di Valencia. Pebalap Italia tersebut bisa kembali melanjutkan balapan, namun hasilnya jauh dari harapan. The Doctor hanya bisa finis di urutan ke-13.

Sebaliknya, Hayden sukses naik podium di urutan ketiga. Di klasemen akhir, Hayden berhasil unggul lima poin atas Rossi. Gelar juara dunia pun menjadi milik pebalap Amerika Serikat tersebut. Rossi hanya bisa merana meratapi kesialannya.

Rekor Rossi di Sirkuit Valencia, Spanyol, juga kurang mengesankan. Pebalap yang identik dengan nomor 46 tersebut hanya mengoleksi dua kemenangan di sana, pada 2003 dan 2004. Tahun lalu, Rossi hanya finis di urutan kedua.

Namun, untuk urusan rekor, Rossi tak perlu minder. Jorge Lorenzo juga baru mendulang dua kemenangan di Valencia. Bahkan pada musim lalu dia malah gagal finis.

Baca Juga: 

Duo Honda Bisa Jadi Penentu Persaingan Rossi vs Lorenzo

Lorenzo Yakin Kembali Pangkas Jarak Poin di Seri Berikutnya

Rossi: 4 Balapan Tersisa Sangat Berat

 

Video Populer

Foto Populer