Sukses


6 Alasan Kenapa MotoGP 2016 Bakal Menarik Disaksikan

Bola.com, Valencia - Pertarungan MotoGP 2016 akan dimulai di Sirkuit Losail, Qatar, 20 Maret 2016. Beberapa pihak memprediksi balapan MotoGP 2016 akan berjalan lebih seru dibandingkan tahun 2015.

Yang paling dinanti adalah jalannya persaingan menuju gelar juara dunia MotoGP 2016. Mantan juara dunia 150 cc dan 250 cc, Manuel Poggiali, menilai pertarungan menuju gelar nantinya tak hanya melibatkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo saja.

Selain itu, penerapan aturan baru soal sistem elektronika dan ban baru juga membuat MotoGP 2016 akan menarik untuk disaksikan. Diprediksi, balapan tak lagi didominasi Repsol Honda dan Movistar Yamaha.

Masih banyak alasan yang membuat MotoGP 2016 diprediksi berjalan seru. Berikut enam alasan versi Speedweek:

1. Ambisi Besar Ducati

Ducati diyakini akan mengeluarkan semua kemampuan untuk mencapai mimpinya pada musim 2016. Tim pabrikan asal Italia ini berharap bisa menghentikan dominasi Movistar Yamaha dan Repsol Honda. Hasil di sesi tes pramusim telah menunjukkan ada peluang untuk mewujudkan itu.

Tim Ducati (Crash)

2. Kembalinya Casey Stoner

Casey Stoner sudah mengatakan hanya tertarik untuk menjadi pebalap penguji Ducati. Namun, tak menutup kemungkinan pebalap asal Australia itu kembali dengan jatah wild card. Tentu akan menarik menunggu apakah Stoner bakal kembali bersaing dengan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo lagi atau tidak.

3. Aturan ECU dan Ban Baru

Pada MotoGP 2016, Dorna menerapkan aturan baru soal sistem elektronika (ECU) dan ban. Aturan baru ini dinilai akan membuat persaingan kian ketat. Tim-tim besar diyakini tak bisa lagi mendominasi karena aturan tersebut memberikan keuntungan bagi tim kecil.

4. Ancaman Suzuki

Selain Ducati, Suzuki juga diprediksi akan muncul sebagai ancaman Movistar Yamaha dan Repsol Honda. Pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, sudah melihat ancaman Suzuki setelah tes pada tahun 2015. Pabrikan asal Jepang tersebut terlihat sudah mampu beradaptasi dengan ECU dan ban baru. Belum lagi Suzuki dibela dua pebalap potensial, Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Maverick Vinales, pembalap MotoGP dari tim Suzuki Ecstar, dalam sesi latihan ketiga Grand Prix Italia di sirkuit Mugello, 30 Mei 2015. EPA / CLAUDIO ONORATI

5. Persaingan Gelar Seusai Rossi Setelah Gagal Juarai MotoGP 2015

Publik pasti menantikan bagaimana pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, bereaksi setelah kegagalannya pada ajang MotoGP 2015. Yang menarik ditunggu adalah bagaimana persaingan Rossi dengan Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Akankah ketiganya tetap terlibat "perang dingin"?

6. Kontrak Sejumlah Pebalap Akan Habis pada Akhir 2016

Beberapa pebalap akan habis pada akhir musim 2016. Sebut saja Valentino Rossi, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Diprediksi akan ada beberapa kejutan pada bursa transfer pebalap pada MotoGp 2017. Belakangan beredar kabar, Rossi akan meninggalkan Yamaha.

Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales kontraknya habis di akhir musim 2016.

Video Populer

Foto Populer