Sukses


Sirkuit MotoGP: Losail, Suguhkan Pesona Balapan Malam

Bola.com, Jakarta - Musim pembuka MotoGP 2016 bakal digelar pada 20 Maret 2016. Seperti musim lalu, seri pertama balapan motor paling bergengsi tersebut bakal digelar di Sirkuit yang terletak di Doha, Qatar.

Losail ini adalah trek balap terbaik di Timur Tengah yang memiliki lisensi Federation Internationale del'Automobile (FIA) dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sekaligus.

Losail dibangun hanya dalam kurun waktu setahun dengan menelan biaya mencapai 58 juta dollar AS atau setara Rp 782 miliar. Pemerintah Qatar harus mengerahkan lebih dari 1.000 pekerja supaya sirkuit ini siap untuk menggelar event pertama, yaitu Grand Prix Qatar pada 2 Oktober 2004.

Valentino Rossi berduel dengan dua pebalap Ducati di Sirkuit Losail, Qatar ,(REUTERS/Fadi Al-Assaad)

Pada 2008, Qatar menorehkan sebuah sejarah baru. Sirkuit Losail berhasil menggelar balapan malam untuk kali pertama sepanjang sejarah Grand Prix. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan faktor cuaca di kawasan gurun Timur Tengah. Pada siang hari, suhu di sekitar Losail mencapai 50 derajat Celcius, belum lagi ancaman angin gurun yang berpotensi mendatangkan badai pasir.

Untuk mendukung balapan malam, pengelola sirkuit membangun sarana pencahayaan permanen. Perubahan balapan dari siang menjadi malam hari ternyata sukses dan akhirnya berlanjut hingga sekarang.

Balapan malam pada 2008 yang bersejarah itu berhasil dimenangi oleh pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo. Qatar pun hingga kini dikenal sebagai salah satu balapan paling spektakuler dalam kalender MotoGP.

Yang menarik, Sirkuit Losail dirancang dengan arah sesuai jarum jam, dari kanan ke kiri. Trek di Losail panjangnya 5,4 kilometer ini mempunyai 10 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Sirkuit juga dikelilingi rumput buatan yang didesain untuk menahan supaya pasir dari gurun tidak masuk ke sirkuit.

Data dan Fakta Sirkuit Losail Qatar

Nama : Losail International Circuit
Lokasi: Doha, Qatar
Panjang: 5,38 kilometer
Lebar trek: 12 meter.
Trek lurus terpanjang: 1.068 meter.
Jumlah tikungan: 16 tikungan, 10 ke kanan dan 6 ke kiri
Pebalap paling sering menang: Valentino Rossi (4 kali))
Pole terbanyak: Casey Stoner (4 kali)
Juara musim 2015: Valentino Rossi
Rekor Fastest Lap (2008) : Jorge Lorenzo (1 menit 53,927 detik)
Rekor Sirkuit (2008) : Casey Stoner (1 menit 55,153 detik)
Rekor Pole Terbaik (2008) : Jorge Lorenzo (1 menitt 53,927 detik)
Rekor Top Speed (2015): Marc Marquez (350,5 km/jam)

 

Video Populer

Foto Populer